pengertian DBMS dan aplikasi yang digunakan dalam mengolah database

12 September 2012 17:43:06 Dibaca : 513 Kategori : 921411156tugas1

1.      Pengertian Database Management System

Database management system(DBMS) adalah seperangkat program komputer yang mengendalikan pembuatan,pemeliharaan, dan penggunaan database.

2.      Aplikasi  yang digunakan database :

Beberapa perangkat lunak DBMS yang sering dipakai dalam aplikasi sebuah program adalah MySQL dan ORACLE .

  •   MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya.

           Kelebihan:

1.      Kecepatan

2.      Kemudahan penggunaan

3.      Harga

           Kekurangan :

Salah satu kekurangan dari MySQL adalah dalam masalah koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti visual basic, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual, serta data yang ditangani belum begitu besar.


 

  •   Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

            Kelebihan :

1.  Row-Level Locking,fitur ini dapat melakukan lock tidak hanya pada tabel-level saja, akan tetapi dimungkinkan untuk melakukan lock lebih jauh lagi sampai pada row-level.

2. Data Partitioning, Oracle memungkinkan kita untuk melakukan partisi ke suatu tabel maupun indeks. Hal ini akan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk dalam melakukan manajemen data.

            Kelemahan:

Kelemahan dari sistem manajemen basis data ORACLE adalah, sifatnya yang tidak open source menjadi salah satu kendala bagi para programmer untuk memperoleh aplikasinya, serta Penggunaan Oracle sangat memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya Database Administrator yang handal.