DataBase Management System

12 September 2012 15:04:43 Dibaca : 163 Kategori : 921411164tugas1

       Database Manajement System (DBMS) merupakan software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar. Sehingga dengan menggunakan DBMS tidak menimbulkan kekacauan dan dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

       DBMS merupakan perantara bagi pemakai dengan basis data. Untuk merinteraksi dengan DBMS (basis data) menggunakan bahasa basis data yang telah ditentukan oleh perusahaan DBMS. Bahasa basis data biasanya terdiri atas perintah-perintah yang di formulasikan sehingga perintah tersebut akan diproses olah DBMS. Perintah-perintah biasanya ditentukan oleh user. Ada 2 bahasa basis data:

       Jadi DBMS adalah system perangkat lunak yang dibuat untuk memudahkan dalam memakai dan mengelolah basis data, serta dirancang untuk menjalankan operasi basis data yang diminta, melakukan ultilisasi, dan memanipulasi basis data agar lebih muda.

 

Contoh dari DBMS seperti  Oracle, SQL server 2000/2003, MS Access, MySQL dan sebagainya.

Fungsi DBMS adalah sebagai berikut :

1. Data Definition

DBMS harus dapat mengolah pendefinisian data

2. Data Manipulation

DBMS harus dapat menangani permintaan-permintaan dari pemakai untuk mengakses data

3. Data Security & Integrity

DBMS harus dapat memeriksa security dan integrity data yang didefinisikan oleh DBA

4. Data Recovery & Concurency

- DBMS harus dapat menangani kegagalan-kegagalan pengaksesan database yang dapat disebabkan oleh kesalahan sistem, kerusakan disk, dsb.
- DBMS harus dapat mengontrol pengaksesan data yang konkuren yaitu bila satu data diakses secara bersama-sama oleh lebih dari satu pemakai pada saat yang bersamaan.

5. Data Dictionary

DBMS harus menyediakan data dictionary

6. Performance

DBMS harus menangani unjuk kerja dari semua fungsi seefisien mungkin.

 

UPT.TIK UNG © 2012 - 2020
Content By OKDIANTOMO POLAKU ® 12 Sep 2012