Data Type pada Microsoft Acces 2007

17 September 2012 14:59:11 Dibaca : 782 Kategori : tugas2_921411203

Data type pada Microsoft Acces 2007

Sebelum kita memulai membuat database sebaiknya kita perlu mengetahui type Data yang terdapat didalam tabel itu sendiri sehingga kita tahu peruntukannya untuk apa saja.

Untuk mengetahui type data tersebut sekarang kita buka aja dulu Ms. Acces 2007 kemudian create Database dan kita simpan dengan nama database1. Maka Secara Otomatis akan muncul worksheet acces dengan tampilan awal yaitu table1, kita save table tersebut dan diberinama table1.

Arahkan cursor ke table1 yang berada dibilah kiri, kemudian klik kanan dan pilih View - Design View dan ketika terbuka maka akan muncul Field NamaData Type dan Description.

Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Field Name adalah untuk nama kolom dalam tabel yang akan kita buat misalkan Nomor urut, nama, tanggal, alamat, jumlah dan lain sebagainya.

Data type adalah jenis data yang disesuaikan fungsinya yang diberinama di Field name tersebut misalkan jika di Field Name kita beri judul Nomor Urut maka Type Datanya bisa dengan memilih Nomor yang muncul Secara Otomatis (maka pilih AutoNumber) atau manual dalam mengisinya (pilih Number).

Description adalah sebagai penjelasan terhadap kolom yang dibuat tadi.

Mengenal dan memahami Data type itu penting agar tidak salah dalam pembuatan tabel nantinya. Adapun Type Data yang disediakan di ms. Acces 2007 adalah sebagai berikut :

1.   Text adalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 255 karakter.

2.    Memo adalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 65535 karakter.  Memo, adalah tipe data yang berisikan huruf atau kombinasi huruf dan angka.

3.    Number adalah type data yang diperuntukan untuk angka saja.

4.    Date/Time adalah type data yang diperuntukan untuk menampilkan tanggal dan waktu.

5.    Currency adalah type data yang hampir sama dengan number tapi diperuntukan untuk format mata uang.

6.    Yes/No adalah type data untuk sebuah logika Ya atau Tidak.

7.   OLE Object adalah type data yang dipergunakan untuk menampung gambar atau obyek dengan ukuran tidak lebih dari 128 MB.

8.  Hyperlink adalah type data untuk menmapilkan alamat hyperlink dengan batas maksimum penampungannya adalah 2048 karakter.

9.    AutoNumber seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.

10.  Lookup Wizard adalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.

11.  Attachment adalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini.