TEORI ORGANISASI

28 February 2013 09:49:25 Dibaca : 895

Ada sembilan macam teori-teori organisasi, yaitu :

1. Teori Organisasi Klasik, disebut juga teori organisasi tradisional, teori organisasi spesialisasi, atau teori structural.

2. Teori Organisasi Birokrasi

3. Teori Human Relations, disebut juga teori hubungan kemanusiaan, teori hubungan antar manusia, teri hubungan kerja kemanusiaan atau the human relations theory.

4. Teori Organisasi Perilaku, merupakan suatu teori yang memandang organisasi dari segi perilaku anggota organisasi. Teori ini berpendapat bahwa baik atau tidaknya suatu organisasi berasal dari para anggotanya

5. Teori Organisasi Proses, adalah teori yang memandang organisasi sebagai proses kerjasama antara kelompok orang yang tergabung dalam suatu kelompok formal.

6. Teori Organisasi Kepemimpinan, teori ini beranggapan bahwa berhasil atau tidaknya suatu organisasi mencapai tujuannya berasal dari seberapa jauh seorang pemimpin mempengaruhi bawahannya untuk bekerja dengan semangat yang tinggi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien.

7. Teori Organisasi Fungsi, fungsi adalah sekelompok tugas yang harus dijalankan oleh seseorang yang mempunyai kedudukan sebagai pemimpin atau manager guna mencapai tujuan organisasi.

8. Teori Pengambilan Keputusan, teori ini berlandaskan pada adanya berbagai keputusan yang dibuat oleh para pejabat disetiap tingkatan, baik keputusan tingkat puncak, tingkat menengah, maupun tingkat bawah.

9. Teori Kontingensi (Teori Kepentingan), teori ini berlandaskan pada pemikiran bahwa pengelolaan organisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila pemimpin organisasi mampu memperhatiikan dan memecahkan situasi tertentu yang sedang dihadapi dan setiap situasi yang harus dianalisis sendiri.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong