Manfaat Matahari Pagi

03 February 2013 19:50:55 Dibaca : 1879

Sinar Matahari Pagi memang sangat terasa panas, dan dapat membuat kita merasa gerah namun kita tidak menyadari bahwa sinar matahari di pagi hari ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita antara lain yaitu :

  • Sinar Matahari Mengandung vitamin D bagus bagi kulit
    Ketika berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh kita.
  • Penawar infeksi dan pembunuh bakteri
    cahaya matahari pagi mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.
  • Meningkatkan kebugaran pernafasan
    Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan cahaya matahari pagi . Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.
  • Kekebalan
    Saat kulit terkena cahaya matahari pagi , terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
  • Meredam kolesterol darah
    Ini merupakan kelanjutan proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.
  • Mengurangi gula darah
    cahaya matahari pagi adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.

Banyaknya kegunaan sinar cahaya matahari pagi hendaknya kita tahu dan mulai memanfaatkanya secara bijak, selain gratis cahaya matahari pagi juga menyehatkan.
Tapi kalau sudah agak siang dan berjemur kebanyakan di siang hari bisa berbahaya.

 

Sumber : http://rewangz.blogspot.com/2012/08/manfaat-sinar-matahari-pagi.html

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong