Inisiasi I Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

11 November 2012 18:40:19 Dibaca : 168

INISIASI I

1.Bagaimana menurut pendapat saudara tentang keempat prinsip pembelajaran tersebut apabila diaplikasikan oleh seorang guru di kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD dengan memperhatikan keempat aspek keterampilan berbahasa?

Pendapat saya tentang prinsip kontekstual, fungsional, integratif dan apresiatif adalah bahwa dalam pembelajaran bahasa jika kita kaitkan dengan prinsip kontekstual, sistem transformasi pengetahuan bahasa selalu didasarkan atas konteks bagaimana peserta didik seharusnya belajar. Dalam pembelajaran bahasa sistem tersebut adalah belajar dengan cara mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip fungsional dalam pembelajaran bahasa dapat kita artikan bahwa dengan belajar bahasa diharapkan nanti ada asas manfaat misalnya manfaat dari aspek berkomunikasi yang baik dan benar. Prinsip ini berlaku untuk semua disiplin ilmu. Prinsip integratif dapat diartikan bahwa dalam bahasa itu terkandung makna bahasa adalah suatu sistem. Jika bahasa adalah sistem berarti sistem itu jamak dan tidak terpisah-pisah, menyatu dan saling melengkapi. Jika kita runut lagi ke dalam aspek pembelajaran, semua aspek baik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis sangatlah jelas bahwa keempat aspek tersebut saling melengkapi dan menyatu dalam proses pembelajaran. Sedangkan prinsip apresiatif dapat kita artikan sebagai menghargai. Dalam pembelajaran bahasa prinsip ini sangat jelas, dimana siapa saja pasti merasa dirinya dihargai. Dihargai bukan berarti dirinya dipuja setelah belajar bahasa, arti dihargai dalam belajar bahasa difokuskan pada sebab dari kata dihargai yaitu kesenangan. Dalam pembelajaran bahasa, banyak kita temukan materi pembelajaran menyenangkan, apalagi jika bahasa kita tinjau dari segi kesastraan. 

 

2.     Bagaimana pandangan saudara sebagai seorang guru terhadap beberapa pendekatan dan metode pembelajaran bahasa Indonesia di SD jika dihubungkan dengan pembelajaran yang inovatif?

Pandangan saya tentang beberapa pendekatan dan metode pembelajaran bahasa Indonesia di SD jika dihubungkan dengan pembelajaran inovatif adalah sangat relevan dan dibutuhkan. Semua aktivitas pembelajaran jika kita lakukan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dan metode pembelajaran maka akan lebih bermakna, dalam arti bisa diterima dengan mudah, baik, dan Insya Allah bisa bertahan lama dalam ingatan siswa. Semua aktivitas pembelajaran memang perlu dikemas dengan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan berbagai aspek yang berhubungan dengan pembelajaran terutama peserta didik. Pendekatan juga mutlak dilakukan karena pendekatan melahirkan strategi, metode, dan teknik. 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong