Inisiasi I Kapita Selekta

11 November 2012 18:32:03 Dibaca : 179

INISIASI I

 

1.      Apa yang dimaksud dengan:

 

a.       Pendekatan pembelajaran proses adalah model pendekatan yang didesain bertujuan meningkatkan cara belajar siswa aktif (CBSA) yaitu dengan mengembangkan keterampilan memproses perolehan pengetahuan sehingga peserta didik akan menemukan, mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dituntut dalam tujuan pembelajaran.

 

b.    Pendekatan pembelajaran ITM atau dikenal dengan Ilmu, Teknologi dan Masyarakat merupakan istilah yang diterapkan sebagai upaya untuk memberikan wawasan kepada siswa secara nyata dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Konsep ITM mencakup keseluruhan spektrum tentang peristiwa-peristiwa kritis dalam proses pendidikan, meliputi tujuan, kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi dan persiapan serta penampilan guru. Ciri dasar keberadaan ITM adalah lahirnya warga negara yang berpengetahuan yang mampu memecahkan masalah-masalah krusial dan mengambil tindakan secara efisien dan efektif.

 

c.     Pendekatan pembelajaran terpadu adalah model pendekatan yang didesain dengan tujuan bahwa dalam proses pembelajaran seorang guru bisa saling memadukan materi-materi tertentu dalam satu mata pelajaran untuk diajarkan secara bersamaan. Hal yang sama juga bisa dilakukan lintas mata pelajaran yang dipandang guru bahwa materinya bisa dipadukan. Atau dalam pandangan lain menekankan bahwa keterampilan membaca, menulis, berbicara dan menyimak tidak dilihat sebagai komponen yang terpisah-pisah untuk diajarkan sendiri-sendiri akan tetapi suatu kesatuan yang utuh dan menyeluruh.

 

d.   Pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif adalah model pendekatan yang didesain dengan tujuan bahwa dalam proses pembelajaran seorang guru menyajikan materi pembelajaran lewat permainan yang bernilai edukatif. Hal ini dilakukan karena dunia anank-anak adalah dunia bermain, sehingga dalam proses belajar mengajar seorang guru perlu menerapkan pendekatan bermain tetapi yang bernilai edukatif yang dirancang sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran yang sesungguhnya bisa tercapai.  

 

 

2.      Mengapa diperlukan pendekatan-pendekatan pembelajaran:

 

a.      Pendekatan pembelajaran proses diperlukan karena dipandang pendekatan ini dapat meningkatkan cara belajar siswa aktif (CBSA), peserta didik akan berinkuiri, mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dituntut dalam tujuan pembelajaran.

 

 

 

 

 

b.   Pendekatan pembelajaran ITM diperlukan karena dipandang pendekatan ini dapat memberikan wawasan kepada siswa secara nyata dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Diharapkan juga ITM akan melahirkan warga negara yang berpengetahuan yang mampu memecahkan masalah-masalah krusial dan mengambil tindakan secara efisien dan efektif dalam kehidupan bermasyarakat.  Pendekatan pembelajaran ITM juga diperlukan agar  pembelajaran dikaitkan langsung antara teori dan realitas di lingkungan sekitar, dengan melibatkan siswa secara aktif untuk mencari solusi pemecahan masalah sehari-hari.

c.     Pendekatan pembelajaran terpadu diperlukan karena dipandang pendekatan ini dapat melibatkan anak secara aktif dengan teman/orang lain, memungkinkan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa, memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan/keterampilannya termasuk keterampilan proses, memberi pengalaman langsung pada anak, pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan minat anak, dapat memyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran.

d.   Pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif diperlukan karena melalui bermain anak-anak dapat mengeluarkan energi yang ada dalam dirinya ke dalam aktivitas yang menyenangkan, melalui bermain anak-anak dapat mengembangkan imajinasinya seluas mungkin. Sehingga hal ini akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran untuk mentrasformasi pengetahuan karena disajikan dalam bentuk permainan, tetapi permainan dimaksud bernilai edukatif yang dirancang sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran sesungguhnya bisa tercapai.

 

3.  Untuk dapat melaksanakan berbagai pendekatan pembelajaran, diperlukan berbagai keterampilan pendukung. Tuliskan keterampilan-keterampilan pendukung untuk dapat melaksanakan pendekatan pembelajaran berikut ini.

 

a.       Pendekatan pendekatan pembelajaran proses.

 

b.      Pendekatan pendekatan pembelajaran ITM.

 

c.       Pendekatan pendekatan pembelajaran terpadu.

 

d.      Pendekatan pendekatan pembelajaran melalui permainan edukatif.

 

Secara umum bisa digarisbawahi bahwa untuk melaksanakan berbagai pendekatan perlu didukung oleh delapan keterampilan dasar mengajar mulai dari bertanya dasar sampai pada bagaimana mengelola kelas. Yang paling mendasar adalah keterampilan guru dalam mengelola kelas, sebaik apapun pendekatan jika guru tidak bisa mengelola kelasnya dengan baik pada saat pembelajaran berlangsung menurut saya tingkat keberhasilannya di bawah standar. Apalagi jika kita melaksanakan pendekatan permainan.

 

Selain itu beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang guru agar penggunaan pendekatan bisa maksimal adalah sebagai berikut:

 

a)      Keterampilan pedagogik yang mutlak dimiliki seoarang guru berhungan dengan penguasaan materi pembelajaran dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan yang memadai.

 

b)      Keterampilan sosial berhubungan dengan bagaimana guru bisa membina hubungan baik dengan siswa dalam proses pembelajaran khususnya.

 

c)      Keterampilan professional berhubungan dengan sikap profesionalitas dalam bekerja. Jika pekerjaan di anggap sebagai profesi Insya Allah akan dilaksanakan sebaik mungkin dengan mengerahkan segala upaya untuk mencapai tujuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong