Skenario Pembelajaran

11 November 2012 19:06:08 Dibaca : 824

SKENARIO PEMBELAJARAN

 

Guru    : Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu!

Siswa   : Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu!

Guru    : Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini?

Siswa   : Baik pak!

Guru    : Alhamdulillah! Apa Sudah siap belajar IPA?

Siswa   : Siap pak!

Guru    : Oke, sebelum pembelajaran hari ini kita mulai. Marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena kita semua masih diberi nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga bisa bertemu kembali melanjutkan pembelajaran IPA. Selanjutnya Pak Guru berharap agar anak-anak sekalian bisa menerima materi hari ini dengan baik. Amin....

            Sebelum kita masuk pada materi pembelajaran, Ketua kelas, siapa teman kalian yang tidak hadir?

Ketua kelas     : Tidak ada pak, hadir semua!

Guru    : Alhamdulillah, tolong dipertahankan kehadiran kalian. Mengingat tidak lama lagi ujian akhir semester I dilaksanakan.

            Sekarang mari kita berdoa dulu supaya kita diberi petunjuk dan kemudahan dalam pembelajaran nanti, doa dimulai!

Nah, Anak-anakku, materi kita hari ini cukup seru. Pak guru katakan seru karena nanti pada proses pembelajaran akan ada demonstrasi kecil-kecil yang akan kalian lakukan secara berkelompok. Kalian suka melakukan demonstrasi kan?

Siswa   : Suka pak!

Guru    : Siapa yang masih ingat materi kita pada pertemuan sebelumnya? Yang masih ingat tolong acungkan telunjuk! Oke, Daffa..!

Daffa   : Gaya mengubah gerak benda pak!

Guru    : Ya, berikan aplowss dulu untuk Daffa! Siapa lagi yang bisa menjelaskan bagaimana cara mengubah gerak suatu benda itu?

            Saya pak, seru Citra!

Citra    : Dengan cara didorong atau ditarik pak!

Guru    : 100 buat Citra! Nah, sekarang. Coba perhatikan benda apa yang pak guru pegang ini?

Siswa   : kertas pak!

Guru    : Benar, siapa yang berani maju di depan untuk mempraktekkan gaya dorong pada kertas ini dengan cara diremas?

            Saya pak!

Zul       : Sambil memegang selembar kertas Zul langsung meremas kertas tersebut hingga menjadi berbentuk menyerupai bulatan bola.

Guru    : Sekarang coba tunjukkan pada teman-teman kertas yang kamu remas itu!

            Nah, Sitti! Apa kamu bisa lihat benda yang dipegang oleh Zul ini?

Sitti     : Bisa pak guru!

Guru    : Apa mengalami perubahan bentuk?

Sitti     : Iya pak, berubah bentuk!

Guru    : Jawaban yang bagus!

Oke, Zul. Kamu sudah bisa kembali ke tempat duduk. Terima kasih kamu sudah membantu pak guru di depan sini!

Anak-anak sekalian, dari kegiatan yang baru kita saksikan bersama, tibalah kita pada materi yang akan kita pelajari pada hari ini dengan tujuan menyimpulkan hasil kegiatan percobaan/demonstrasi bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda dan memberikan contoh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari tentang gaya yang mempengaruhi bentuk benda. Materi ini tidak sulit, karena bisa dengan mudah kita pahami hanya dengan melakukan kegiatan sederhana seperti yang dicontohkan oleh teman kalian yaitu Zul.

Apa kalian siap jika materi ini pak guru lanjutkan?

Siswa   : Siap pak guru!

Guru    : Pak guru puas dengan jawaban kalian!

Sekarang coba perhatikan apa yang ada di atas meja ini, ini adalah alat-alat yang nanti akan kita gunakan supaya pembelajaran kita semakin seru. Siapa yang bisa memperkenalkan alat-alat ini kepada teman-teman yang lain?

Saya pak!

 

Beni     : Telur, Kaleng bekas, Palu, Plastisin, Botol aqua, Gelang karet, Spon/Gabus!

Guru    : Ya, jawaban yang tepat!

Oke anak-anak, supaya pembelajaran kita lebih efektif. Pak guru minta dua orang siswa maju di depan kelas! (tanpa ditunjuk Hajra dan Imam langsung maju).

Hajra, silahkan kamu ambil 1 butir telur, pegang pada ujung tas yang sudah pak guru ikatkan dan kamu Imam silahkan ambil kaleng bekas bersama palu! Tolong perhatikan perintah dari Pak Guru. Namun sebelum itu, Pak Guru bertanya dulu.

Hajra, apa telur yang kamu pegang bentuknya masih utuh atau sudah pecah?

Hajra   : Masih utuh pak!

Guru    : Apa benar masih utuh Alfit?

Alfit    : Benar pak!

Guru    : Bagaimana dengan kaleng bekas yang kamu pegang Imam, apa masih bagus bentuknya atau sudah penyok?

Imam   : Masih bagus pak!

Guru    : Nah, sekarang dengar perintah dari Pak Guru!

            Dalam hitungan ketiga, secara bersamaan silahkan telur diketukkan ke meja dan kaleng bekas ketuk dengan palu. Usahakan beri gaya dorong yang agak besar/kuat dan nanti kita lihat bersama apa yang akan terjadi pada kedua benda ini. (dalam hitungan ketiga, perintah tersebut mereka laksanakan)

            Hajra, apa yang terjadi dengan telur yang kamu pegang?

Hajra   : Pecah pak!

Guru    : Bagaimana dengan kalengnya Imam?

Imam   : Penyok pak guru!

Guru    : Awad, dari kegiatan yang baru kita saksikan bersama, apakah terjadi perubahan bentuk pada telur dan kaleng?

Awad  : Iya pak, berubah bentuk!

Guru    : Alasannya apa?

Awad  : Telur yang tadinya utuh dan bulat sekarang pecah, kaleng juga jadi penyok pak!

Guru    : Jawaban yang tepat!

Sekarang, tolong perhatikan penjelasan sedikit dari pak guru. Dari kegiatan yang telah kita saksikan bersama, bahwa gaya dapat mempengaruhi bentuk benda. Benda bisa berubah bentuk jika kita beri gaya dorong atau tarikan, sama halnya yang kita pelajari sebelumnya tentang gaya yang dapat mengubah gerak benda. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa lihat bagaimana gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, misalnya adonan kue yang biasa dibuat ibu di rumah, gulungan kabel atau tali, pembuatan batu bata, dan masih banyak lagi. Dari penjelasan singkat ini, apa ada yang ingin ditanyakana?

Siswa   : Tidak ada pak!

Guru    : Karena tidak ada yang ingin ditanyakan, sekarang kalian akan melakukan demonstarsi sederhana. Pak Guru akan bagi menjadi 5 (lima) kelompok. Disini sudah disediakan alat dan bahan yang kalian perlukan dalam kegiatan demonstrasi dan juga LKS, perintah tugas kalian ada pada LKS ini.

            (siswa dibagi menjadi 5 (lima) kelompok dan dibagikan LKS)

            Silahkan dibaca dan dipahami baik-baik perintah soal dalam LKS, apa ada yang kurang jelas?

Siswa   : Tidak ada pak!

Guru    : Oke, sekarang silahkan kerjakan tugas kelompok ini dengan sebaik-baiknya. Waktu kalian 20 menit dari sekarang. Kelompok yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik sebelum waktu habis akan mendapat nilai bonus. Bisa dipahami?

Siswa   : Paham pak guru!

            (Dua puluh menit kemudian)

Guru    : Sekarang, silahkan wakil dari masing-masing kelompok melaporkan hasil dari percobaan. LKS masing-masing kelompok ditempel saja di papan tulis kemudian yang mewakili kelompok membacakan hasil kelompok masing-masing. Hasilnya langsung kita nilai bersama. Ada yang perlu ditanyakan?

Siswa   : Tidak ada pak! 

Guru    : Ya, silahkan kita mulai dari kelompok I.

            (semua kelompok selesai melaporkan hasil kerja kelompok masing-masing)

           

Setelah kita lakukan penilaian bersama, alhamdulillah sebanyak 4 kelompok bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, yaitu kelompok I, II, III, dan V. Keempat kelompok ini berhak mendapatkan nilai complete yaitu 100.

Untuk kelompok IV, hasil pekerjaan kalian sudah baik. Tinggal dilakukan penyempurnaan sedikit, atas usaha kalian Pak Guru hargai dengan nilai 75.

Siswa   : Horee...! kita semua berhasil!

Gurur   : Alhamdulillah, Pak Guru senang dengan apa yang kalian capai hari ini. Jika kita lihat KKM dari materi ini berarti semua kelompok masuk kategori TUNTAS pada kegiatan percobaan/demonstrasi karena KKMnya 75.

            Nah, nanti sesudah ini masih ada lagi tugas tertulis yang harus kalian kerjakan. Tugasnya sangat mudah karena berhubungan dengan kegiatan kita sehari-hari. Kalian siap menyelesaikan tugas ini?

Siswa   : Siap pak guru!

Guru    : Alhamdulillah! Namun, sebelum kalian mengerjakan tugas ini, silahkan jika ada yang masih ingin ditanyakan Pak Guru kasih waktu!

Siswa   : Tidak ada Pak, sudah jelas.

Guru    : Apa ada yang bisa membantu Pak Guru menyimpulkan hasil percobaan yang kalian lakukan secara kelompok?

Daffa   : Semua benda bisa berubah bentuk!

Guru    : Bagaimana dengan yang lain?

Sitti     : Benda yang ditekan bisa berubah betuknya!

Guru    : Ada lagi yang mau memberikan pendapat?

Siswa   : Tidak ada pak!

Guru    : Oke. Buat Daffa dan Sitti, jawaban kalian sudah bagus, tinggal Pak Guru lengkapi sedikit. Tolong ditulis supaya bisa kalian bandingkan dengan jawaban kalian.

            Kesimpulan dari kegiatan percobaan yang kalian lakukan adalah ”Gaya dapat mempengaruhi atau mengubah bentuk benda”. Sangat singkat. Jadi baik gaya dorong maupun gaya tarik bisa mengubah bentuk benda. Jika benda agak keras, maka gaya yang kita berikan harus besar atau kuat. Ini bisa kita lihat jika orang membuat ukiran dari batu atau kayu yang keras, mereka menggunakan palu atau penumbuk lain bahkan tenaga mesin untuk menghasilkan tenaga yang besar. Bisa dipahami?

Siswa   : Bisa pak guru!

Guru    : Sekarang, siapkan buku tugas kalian. Tulis soalnya, jumlah soalnya hanya satu nomor tetapi kalian diminta menuliskan tiga (3) contoh kegiatan sehari-hari yang membuktikan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda. Waktu yang Pak Guru berikan hanya 6 menit dimulai dari sekarang.

            (Enam menit kemudian)

            Setelah Pak Guru periksa Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan, semuanya dinyatakan TUNTAS.

Siswa   : Horee...!

Guru    : Pak guru senang dengan capaian kalian hari ini, sungguh luar biasa. Sebagai hadiah atas apa yang kalian kerjakan, ini ada ole-ole untuk di bawah ke rumah (PR). Hehehe...

            Sebelum Pak Guru akhiri pertemuan ini, Pak Guru berpesan agar tetap semangat dalam belajar sebagaimana kalian tunjukkan pada hari ini.

Siswa   : Iya Pak guru!

Guru    : Untuk mengahiri pertemuan kita, mari kita tutup dengan doa. Doa dimulai..!

            Demikian, semoga kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan dan dalam keadaan sehat wal’afiat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu...!!!

            

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong