UTS I Kapita Selekta

11 November 2012 19:21:24 Dibaca : 159

UJIAN MID SEMESTER I

 

 

1.   Buat rancangan pembelajaran Matematika melalui permainan edukatif!

 

Contoh: Menentukan KPK dari Bilangan 3 dan 4

 

 

Siapkan perangkat permainan dakon dengan dua warna manik-manik, misalnya warna merah untuk kelipatan 3, dan hijau untuk kelipatan 4. Anak diminta untuk memasukan manik-manik merah ke setiap lubangan bilangan kelipatan 3 (yaitu 3, 6, 9, 12, dan seterusnya), serta manik-manik hijau ke setiap lubangan bilangan kelipatan 4 (yaitu 4, 8, 12, 16, 20, dan seterusnya). Akan terlihat ada lubangan bilangan yang mendapat 2 manik-manik (yaitu 12, 24, 36, dan seterusnya). Dengan tanya jawab, berikan informasi bahwa bilangan yang mendapat 2 manik-manik merupakan kelipatan persekutuan dari 3 dan 4, karena merupakan kelipatan 3 sekaligus kelipatan 4. Selanjutnya anak diminta untuk menutup lubang dakon bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan tersebut dengan tutup yang sesuai. Akan terlihat bahwa 12 merupakan kelipatan persekutuan yang terkecil, sehingga dikatakan bahwa KPK dari 3 dan 4 adalah 12.

 

2.   Buat rancangan pembelajaran IPA/IPS melalui pendekatan lingkungan!

 

Contoh: Hubungan antara Kandungan Air dalam Tanah dengan Pertumbuhan Tanaman

 

            Anda dapat menyediakan tiga kelompok gelas plastik bekas air aqua atau sejenisnya untuk dijadikan pot tanaman. Ajak siswa agar mengisi gelas-gelas plastik tersebut dengan tanah gembur atau tanah bakar. Diletakkan di dekat jendela yang cukup menerima cahaya matahari. Biji kacang hijau atau kacang-kacangan yang lain disemai di dalam pot-pot.  Kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok A diberi air hingga becek. Kelompok B diberi air secukupnya. Kelompok C tidak diberi air sama sekali. Para siswa diminta agar mengamati airnya setiap hari dan juga pertumbuhan tunas biji yang mereka semai. (Anak aktif melakukan sesuatu-mengalami).

 

Setelah itu, ajak para siswa memberi nama/label, Misalnya: kelompok A ’kelebihan air’, kelompok B ‘cukup air’, kelompok C’ kekurangan air’. Berikutnya masing-masing kelompok diminta menunjukkan pertumbuhan tanaman yang mereka catat per dua hari sekali selama satu   minggu untuk masing-masing kelompok. Mereka diajak mendemonstrasikan yang telah dikerjakan.Setelah semua kelompok menyajikan hasil pengamatannya, Anda dapat membuatkan Tabel pengamatan yang menunjukkan hubungan antara kandungan air dalam tanah dengan pertumbuhan tanaman. Dengan cara seperti ini, siswa diajak mengulangi materi yang telah dipelajari (sembari membuat ringkasan).

 

Tabel Hubungan antara Kandungan Air dalam Tanah dengan Pertumbuhan Tanaman

 

Nama Kelompok

Cara Penyiraman

Panjang Pertumbuhan Tunas

Tinggi

Sedang

Lambat

A

Disiram air secara berlebihan

 

 

 

B

Disiram air rutin secukupnya

 

 

 

C

Tidak disiram sama sekali

 

 

 

 

 

Terakhir, siswa diajak menyimpulkan. Ternyata, agar tanaman tumbuh dengan baik kandungan air di dalam tanah tidak boleh terlalu sedikit  dan tidak boleh juga terlalu banyak. Ketika siswa menemukan kesimpulan ini, Anda sebaiknya memberikan pujian, misalnya dengan tepuk tangan. Anda memberi kesempatan mereka merayakan, keberhasilan mereka menemukan pengetahuan.

 

 

 

 

3.   Buat rancangan pembelajaran terpadu inter mata pelajaran!

 

Contoh: Pembelajaran Terpadu Inter Mata Pelajaran

 

Bentuk Pembelajaran                      : Terpadu Inter Mata Pelajaran

 

Kelas                                               : V (Lima)

 

Bahan                                             : Kertas HVS polio, bentuk-bentuk bangun datar, spidol.

 

Prosedur kegiatan                           :

 

1)   Siswa menyimak penjelasan guru tentang bermacam-macam bangun datar yang dibuat guru dari kertas karton (lingkaran, persegi empat, persegi panjang, segi tiga). Setiap siswa/ atau kelompok diberi satu set bangun datar. Setelah semua paham, siswa menyimak perintah guru untuk mengerjakan yang diucapkan guru:

 

a)    Tempelkan lingkaran besar di tengah-tengah kertas yang tersedia!

 

b)   Tempelkan lingkaran kecil menempel di sebelah kanan dan kiri lingkaran besar!

 

c)    Tempelkan segitiga di tengah-tengah lingkaran besar!

 

d)   Tempelkan titik di pinggir kanan dan kiri segi tiga yang ada di tengah lingkaran besar!

 

e)    Tempelkan persegi panjang di bawah segitiga yang ada di tengah lingkaran besar!

 

f)    Tempelkan persegi panjang kecil di bawah lingkaran besar!

 

g)   Tempelkan persegi empat besar di bawah persegi panjang kecil!

 

h)   Tempelkan dua buah persegi panjang kecil di bawah segi empat besar!

 

2)   Selesai memberi perintah guru memperlihatkan gambar contoh yang dibuat guru kepada semua siswa sebagai kunci jawaban: gambar apa anak-anak?

 

3)   Siswa dengan dibimbing pertanyaan dari guru menyebutkan bangun datar yang telah ditempelkan oleh masing-masing siswa: lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang.

 

4)   Siswa bersama guru menyebutkan urutan organ pencernaan manusia yang ada pada gambar yang dibuatnya masing-masing: Rongga mulut, Esofagus, Lambung, Usus halus, Usus besar, Rektum, Anus.

 

5)   Siswa dengan bimbingan guru menjelaskan fungsi masing-masing organ pencernaan manusia.

 

6)   Guru memberi penjelasan dan penguatan pada hasil belajar siswa dengan cara menyuruh menyebutkan bangun datar yang ada pada gambar masing-masing dan organ pencernaan masing-masing.

 

        Dari contoh ini terlihat, bagaimana dari Bahasa Indonesia dapat dikembangkan secara Inter Mata Pelajaran ke Matematika (indikator menyebutkan bermacam-macam bangun datar) dan ke Sains (indikator menyebutkan urutan organ pencernaan manusia beserta fungsinya).

 

 

4.   Buat rancangan model pembelajaran inovatif, memilih satu materi bidang studi tertentu!

 

Mata Pelajaran        : Matematika

 

Kelas                       : IV (Empat)

 

Pokok Bahasan       : Mengenal Bilangan sampai dengan 1.000.000

 

Indikator                 : Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu

 

Waktu                     : 2 x 35 menit

 

Alat Peraga             : Kotak Bilangan, Kartu Bilangan, Lembar Nilai Tempat

 

Kegiatan Pembelajaran:

 

Anak-anak, sekarang kita akan mempelajari bilangan antara 100.001 sampai 500.000. Akan tetapi sebelumnya kita akan melihat kembali apa yang telah kalian pelajari di kelas 3. Kalian telah memahami bilangan sepuluh ribu, dua puluh ribu, dan seterusnya sampai seratus ribu. Sekarang coba kalian jawab dua soal  yang ada di depan ini. (no.1  tulis lambang bilangan empat puluh lima ribu tiga ratus dua puluh tujuh; no. 2  Tulis dengan kata-kata bilangan 74.351 dan tunjukkan juga bilangan ini dengan kartu bilangan), saya beri waktu 5 menit. (Setelah 5 menit berlalu)

 

Guru  :  Sekarang, coba Nani tulis jawaban soal no 1 di papan, tulis yang lengkap, ya!  (jawab Nani : empat puluh lima ribu tiga ratus dua puluh tujuh = 45.327)

 

Guru :  Anak-anak coba perhatikan jawaban soal no 1 yang dibuat oleh Nani, Benarkah itu? Ati.

 

Ati :  Benar

 

Guru

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong