ARSIP BULANAN : February 2013

Apakah Anda Merasa Hebat Sekarang???

06 February 2013 10:15:19 Dibaca : 83

Terkadang manusia yang sudah merasa sangat hebat akan dirinya sendiri tidak dapat melihat akan keadaan sekitar yang mungkin menampakan orang lain yang lebih hebat darinya. Kita tidak dapat menghindari hal seperti itu, sebab kita sebagai manusia telah diberi sebuah julukan oleh Sang pencipta bahwa manusia adalah makhluk ciptaan yang memiliki derajat tertinggi dimuka bumi. Maka banyak manusia yang beranggapan bahwa dirinya adalah yang terhebat diantara kaumnya. Mereka yang beranggapan seperti itu diantaranya bermodalkan :

Harta

Harta merupakan faktor utama yang menjadikan manusia merasa hebat. Harta yang melimpah, emas dan uang dimana-mana. Mereka berpikir apa yang tidak dapat dilakukan dengan adanya harta yang kini dipengangnya. Segala keinginan duniawi dapat segera terpenuhi dengan adanya harta kekayaan yang dimiliki. Ini tentu saja dapat menciptakan sifat sombong dan tamak akan segala sesuatu.

Kecerdasan

Kecerdasan satu hal positif yang ada pada diri manusia yang jika tidak kita maknai keadaannya dapat mengubah hal positif tersebut menjadi negative. Tak urung kita temui beberapa orang yang dengan angkuhnya mengatakan bahwa dirinya yang paling cerdas dan pintar dari kelompoknya. Ada juga yang bertingkah tak ingin berteman dengan orang yang bodoh, karena tidak ingin tertular dengan kebodohan orang lain tersebut. Sungguh miris kenyataannya. Tidak tahukah bahwa perbuatan tersebut akan menciptakan image yang buruk untuk dirinya.

Fisik

Keadaan fisik seseorang manusia terkadang menjadi suatu alasan seseorang menganggap dirinya yang paling hebat diantaranya. Wajah cantik dan tampan, tubuh ideal dan ramping, kuat dan gagah, menjadi cirri yang dapat dibanggakan oleh seorang manusia diantara kelompoknya. Memilih-milih teman yang sesuai dengan keadaannya banyak dijumpai di dunia ini.

Subhanallah.. gelar yang diberikan sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa dimana manusia adalah makhluk ciptaan yang memiliki derajat tertinggi dimuka bumi ini, telah disalah gunakan artiannya. Dimaksudkan bahwa manusia adalah khalifah dimuka bumi yang berpegang teguh untuk memimpin kaumnya. Kehebatan yang dimiliki seorang manusia ada baiknya dijadikan suatu modal untuk menjaga dan memimpin kaum atau kelompoknya. Namun sayang, kenyataannya tak sedikit dari mereka melenceng dari hal tersebut. (ma’af bagian ini tidak ingin saya paparkan panjang lebar, tentu saudara-saudara dapat mengambil contoh dari negeri ini J).

Modal harta yang berlimpah ada baiknya dijadikan suatu penopang hidup bagi orang lain yang lebih membutuhkan. Seorang yang memiliki kecerdasan sejati adalah orang yang dapat membagi segala ilmu yang dimilikinya kepada orang lain yang menginginkannya. Keadaan fisik indahnya dijadikan suatu cara untuk memikat orang lain agar menyayanginya dan bukan sebagai alat untuk mencemooh orang lain.

Pembaca yang budiman, dapat kita khayalkan apabila manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini memiliki kehebatan seperti itu, bukan?.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong