MANAJEMEN PUBLIK RELATION

21 March 2017 05:55:25 Dibaca : 108

ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

 

Ahmad Alimurosyid

Pengertiandanfungsimanejemen
Manajemenadalahsuatuilmudanseni. Manajemensebagaiilmuyaituberfungsimenerangkankejadian-kejadian, gejala-gejaladankeadaan-keadaan yang ada. Sedangkanmenajemensebagaiseniberfungsimengajarkankepadakitabagaimanamelaksanakansuatuhal. Untukmencapaitujuan yang nyata-nyatamendatangkanhasildanmanfaat.
Fungsi-fungsimanajemen di antaranya yaitu Perencanaan,Pengorganisasi, Pengarahan, Pengkoordinasian, Pengawasan.
1. Perencanaan
sebagaihasilpemikiran yang mengarahkemasadepa. Yaitumenyangkutserangkaiantindakan yang berdasarkanpemahaman yang mendalamterhadapsemuafaktor yang terlibatdan yang diarahkankepadasasarankhusus.
2. Pengorganisasian
Setelahperencanaan, langkahberikutnyaadalahmenciptakanorganisasi yang telahdirumuskan.
3. Pengarahan
Fungsipengarahaniniialahgerakpelaksanaandarikegiatan-kegiatanfungsiperencanaandanpengorganisasian.
4. Pengkoordinasian
Koordinasimerupakandayaupayauntukmengsingkrongkandanmenyatukantindakan-tindakansekelompokmanusia.
5. Pengawasan
Pengawasanmerupakanfungsiterakhir yang harusdilakukandalammenejemen, karenadenganpengawasandapatdiketahuihasil yang telahtercapai.

PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Public relation adalah proses komunikasiduaarah yang bertujuanuntukmencapaiopinipubliksesuaidengankeinginanperusahaanatauorganisai, terciptanyakepercayaan di masyarakat, adanyasalingpengertianantaraperusahaanatauorganisasidenganpubliknya, menumbuhkancitrapositif di masyarakat, menciptakanpartisipasipublikdan lain-lain.

PERAN,RUANG LINGKUP TUGAS,DAN SASARAN PUBLIC REALTIONS

Peranan public relations dalamsuatuorganisasidapatdibagidalam 4 kategori
A. PenasehatAhli, public relations berperanmelayani public danmenasehatipimpinanoraganisasidengankepentinganumum.
B. Fasilitatorkomunikasi, disinimenciptakankombinasiduaarahdenganpenyebaraninformasidariorganisasikepada public, danmeyalurkanopinipublikkepadaorganisasi.
C. Fasilitator proses pemecahanmasalah, menunjangkegiatanmanajemendalammencapaitujuan.
D. Teknisikomunikasiinimenjadi public ralationsmembinahubungan yang harmonisantaraorganisasidenganpublik intern danpublikekstern.

SUMBER
http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-manajemen-fungsi-manajemen.html.?m-1
http://wajahilmu.blogspot.co.id/2015/02/public-relation-definition.html?m=1
http://strategikomunikasi.blogspot.co.id /2012/02/peran-ruang-lingkup-tugas-dan-sasaran.html?m=1

ahmad alimurosyid
MANAJEMEN PUBLIK RELATION

MANAJEMEN PUBLIK RELATION

09 February 2017 14:31:19 Dibaca : 57

Kelompok 1
ApriyaniDama
SupandriIgirisa
HayunDjama
Ahmad Alimurosyid

Pengertiandanfungsimanejemen
Manajemenadalahsuatuilmudanseni. Manajemensebagaiilmuyaituberfungsimenerangkankejadian-kejadian, gejala-gejaladankeadaan-keadaan yang ada. Sedangkanmenajemensebagaiseniberfungsimengajarkankepadakitabagaimanamelaksanakansuatuhal. Untukmencapaitujuan yang nyata-nyatamendatangkanhasildanmanfaat.
Fungsi-fungsimanajemen
1. Perencanaan
2. Pengorganisasi
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan
1. Perencanaan
sebagaihasilpemikiran yang mengarahkemasadepa. Yaitumenyangkutserangkaiantindakan yang berdasarkanpemahaman yang mendalamterhadapsemuafaktor yang terlibatdan yang diarahkankepadasasarankhusus.
2. Pengorganisasian
Setelahperencanaan, langkahberikutnyaadalahmenciptakanorganisasi yang telahdirumuskan.
3. Pengarahan
Fungsipengarahaniniialahgerakpelaksanaandarikegiatan-kegiatanfungsiperencanaandanpengorganisasian.
4. Pengkoordinasian
Koordinasimerupakandayaupayauntukmengsingkrongkandanmenyatukantindakan-tindakansekelompokmanusia.
5. Pengawasan
Pengawasanmerupakanfungsiterakhir yang harusdilakukandalammenejemen, karenadenganpengawasandapatdiketahuihasil yang telahtercapai.

PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Public relation adalah proses komunikasiduaarah yang bertujuanuntukmencapaiopinipubliksesuaidengankeinginanperusahaanatauorganisai, terciptanyakepercayaan di masyarakat, adanyasalingpengertianantaraperusahaanatauorganisasidenganpubliknya, menumbuhkancitrapositif di masyarakat, menciptakanpartisipasipublikdan lain-lain.

PERAN,RUANG LINGKUP TUGAS,DAN SASARAN PUBLIC REALTIONS

Peranan public relations dalamsuatuorganisasidapatdibagidalam 4 kategori
A. PenasehatAhli, public relations berperanmelayani public danmenasehatipimpinanoraganisasidengankepentinganumum.
B. Fasilitatorkomunikasi, disinimenciptakankombinasiduaarahdenganpenyebaraninformasidariorganisasikepada public, danmeyalurkanopinipublikkepadaorganisasi.
C. Fasilitator proses pemecahanmasalah, menunjangkegiatanmanajemendalammencapaitujuan.
D. Teknisikomunikasiinimenjadi public ralationsmembinahubungan yang harmonisantaraorganisasidenganpublik intern danpublikekstern.

SUMBER
http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-manajemen-fungsi-manajemen.html.?m-1
http://wajahilmu.blogspot.co.id/2015/02/public-relation-definition.html?m=1
http://strategikomunikasi.blogspot.co.id /2012/02/peran-ruang-lingkup-tugas-dan-sasaran.html?m=1

 

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

19 October 2016 14:12:59 Dibaca : 45

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh, tulisan ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah perkembangan teknologi komunikasi yang di ampu oleh bapak Syahrir Solaeman, S.Kom, M.I.Kom. dalam tulisan ini kita membahas tentang 4 aspek era revolusi

Empat Fase Perkembangan Komunikasi Manusia

Everett M Rogers (1986:26) mencatat tentang empat fase perkembangan komunikasi manusia. Fase-fase tersebut adalah The Writing Era, The Printing Era, Telecommunication Era, dan Interactive Communication Era. Sebelum fase-fase tersebut Rogers mengungkapkan, pada masa-masa awal manusia melakukan kontak dengan sesuatu yang sangat sederhana. Gambar-gambar lukisan di goa-goa (cave painting) menunjukkan bagaimana manusia prasejarah mengekspresikan tentang apa yang terjadi dan dialaminya. Pada mulanya lukisan-lukisan tersebut tidak beraturan, namun lama kelamaan bentuk dan susunan gambarnya mulai menunjukkan kesinambungan. Hal ini sangat jelas bisa dilihat dari pictograph peninggalan kebudayaan Mesir yang ditemukan di makam-makam (piramida).

Pada The Writing Era, terlihat jelas bahwa era komunikasi dimulai dengan tulisan yang mulai bisa dipahami yang dipelopori oleh bangsa Sumeria. Hal ini dikembangkan lebih jauh saat ditemukannya mesin cetak oleh Gutenberg. Walau demikian pada masa-masa awal penggunaan mesin cetak itu hanyalah untuk mengkopi kitab yang sebelumnya telah ditulis tangan oleh kalangan gereja dan tersebar sangat terbatas hingga masa renaisance.

The Printing Era, Rogers memaparkan bahwa fase ini komunikasi manusia lebih maju dengan memanfaatkan teknologi cetak. Pada mulanya kemunculan bahan cetak ini berawal dari Cina dengan ditemukannya bahan baku pembuatan kertas. Selanjutnya teknologi pencetakan mulai berkembang dari Cina kemudian Korea hingga akhirnya ke Jerman dengan ditemukannya mesin cetak. Kemajuan yang berkesinambungan dari canggihnya teknologi percetakan ini ditunjukkan pada 3 September 1883 saat dimana Bejamin Day untuk pertama kalinya menerbitkan surat kabar New York Sun atau dikenal juga dengan sebutan “Penny Press” karena harga satu ekslempar surat kabar tersebut seharga satu penny atau satu sen.

Telecommunication Era, berimplikasi pada pengertian komunikasi dengan jarak yang berjauhan (communication at a long distance). Menurut Rogers (1986: 29-30) pada era yang mulai berkembang pesat pada medium tahun 1800-an ini memasuki era teknologi elektronika. Rogers memulai era ini dengan mengambil moment pada saat Samuel Morse pada tanggal 24 Mei 1844 menemukan suatu cara menyampaikan pesan melalui kabel elektronika, belakangan dikenal dengan istilah telegraph, dari Baltimore ke Washington DC dengan pesan yang sangat terkenal “What hath God Wrought?”. Kehadiran telegraph memicu para ahli untuk mengembangkan teknologi yang lebih baru, antara lain radio dan televisi.

Dalam buku “Introduction to Radio and Television” Onong Uchjana Effendy, 2003: 137-170) dijelaskan perkembangan radio dimulai oleh penemuan rumus-rumus yang diduga mewujudkan gelombang elektromagnetis, yaitu gelombang yang digunakan oleh siaran radio maupun televisi. Selanjutnya di Amerika Serikat, Dr Lee De Forest mengembangkan penemuan tabung lampu vacuum (vacuum tube) yang memungkinkan suara dapat didengarkan dalam studio eksperimen miliknya. Kemunculan televisi di Amerika Serikat pada awal 1939 ketika berlangsung World Fair di New York dan pada tahun 1946 saat Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan rapat pertamanya di gedung Perguruan Tinggi Hunter di kota yang sama mulailah perlombaan teknologi audio visual itu menjalar ke negara-negara lain, terutama Inggris dan Jerman yang pertama kali menemukan televisi berwarna. Perlu dicatat bahwa Inggris sudah terlebih dahulu melakkan eksperimen terhadap televisi yaitu pada tahun1924 yang didemonstrasikan oleh John Logie Baird, namun kepopulerannya terkalahkan
dengan Amerika Serikat.

Bahkan perkembangan selanjutnya penyampaian pesan yang tidak lagi memakai kabel melainkan dengan pancaran frekuensi dan bahkan kehadiran satelit. Sehingga proses komunikasi tidak hanya melibatkan antarpersonal, melainkan sudah melibatkan individu yang lebih luas.

Sementara Interactive Communication Era, merupakan era yang paling kontemporer dimana telekomunikasi terjadi antara dua media yang berbeda dan difasilitasi dengan keberadaan komputer. Rogers mencatat era ini berawal dari ditemukannya ENIAC, sebutan untuk perangkat kerja komputer sederhana yang memiliki lebih dari 18.000 tabung lampu vacuum, di tahun 1946 oleh sekelompok ilmuwan di Universitas Pensylvania. Sepertiga abad kemudian penemuan sederhana ini menghasilkan perangkat yang lebih kecil, lebih canggih dan lebih fleksibel dalam penggunaannya. “…thirty years of futher research and development were needed before miniaturized, lowpriced microcomputers became available, a type of computer that many household, businesses, and school could afford” (Rogers, 1986: 30-31).

Technological Determinism
Berbicara tentang perkembangan komunikasi manusia, maka pteori komunikasi Technological Determinism dari Marshall Mc Luhan merupakan penggambaran lain dari proses perkembangan dimaksud. Mc Luhan (Little John, 1996: 341-347) membagi periodisasi perkembangan komunikasi menjadi empat bagian, yaitu Tribal Age, Literate Age, Print Age, dan electroni Age.

Periode pertama, Tribal Age, komunikasi terjadi dimana mendengar, bersentuhan, merasa dan membaui lebih dominan dibandingkan indera penglihatan. Komunikasi yang terjadi pada masyarakat yang primitif ini diklaim Mc Luhan (1967: 50) lebih komplek diakibatkan stimulasi yang diterima mereka lebih mengutamakan pendengaran dibandingkan visualisasi. Menrut Mc Luhan, By their dependence on the spoken word of information, people were drawn together into a tribal mesh…. And since the spoken word is more emotionally laden than written-conveying by intonation such rich emotions as anger, joy, sorrow, fear-tribal was more spontaneous and passionately volatile.

Periodesasi selanjutnya berkembang dengan lebih mengutamakan aspek visualisasi. Dalam periode ini fonetik alfabet menjadi bagian utama dalam perkembangan komunikasi manusia. Malah menurut pandangan Mc Luhan fonetik alfabet ini menjadi bahan yang sangat penting dalam perkembangan matematika, sains maupun filosofi pada masa kejayaan Yunani.

Periode keempat, yaitu The Print Age, dianggap sebagai prototype dari revolusi industri yang terjadi di belahan dunia. Penemuan mesin cetak oleh Gutenberg mengakibatkan kemajuan dibidang (media) komunikasi manusia. Menyebabkan produksi masal dari bahan-bahan bacaan yang dapat dinikmati oleh seluruh manusia, bahkan saat seseorang dalam kondisi terisolasi dari orang lain. Menurut Mc Luhan, Printing, a ditto device, confirmed and extended the new visual stress. It created the portable book, which men could read in privacy and in sisolation from other”.

Periode terakhir menurut Mc Luhan adalah Electronic Age. Periode ini diwakili oleh munculnya telegraf sederhana pertama oleh Samuel Morse yang memicu produk-produk komunikasi yang berbasis elektronik dan komputerisasi secara lebih mengejutkan; televisi, VCR, holograph, compact disc, komputer, telepon genggam dan masih banyak lainnya. Kecanggihan teknologi komunikasi ini memberikan kemudahan tersendiri bagi proses komunikasi manusia. Bahkan dalam kondisi yang tertentu Mc Luhan mengklaim bahwa periode elektronika ini merupakan periode yang paling mutakhir dari perkembangan komunikasi manusia, menggantikan periode sebelumnya. “… the power of the printed word is over. The age of print…..had its obituary tapped out by the telegraph.” Dan akan terus berkembang dengan inovasi-inovasi yang lebih maju.

Perkembangan teknologi komunikasi ini digambarkan Mc Luhan sebagaimana skema berikut;

Seringkali pertanyaan yang diajukan ketika berbicara tentang komunikasi adalah untuk apa kita berkomunikasi, Fungsi komunikasi atau mengapa kita memerlukan komunikasi. Namun sedikit sekali yang melandasi pertanyaan-pertanyaan tersebut pada perkembangan teknologi komunikasi manusia dari hal-hal yang sederhana hingga teknologi tercanggih dewasa ini.

Perkembangan teknologi itu tentu tidak dapat terlepas dari inovasi-inovasi yang diciptakan manusia. Manusia dengan kemampuannya dan fungsinya sebagai individu sosial yang berinteraksi dengan individu lain berupaya untuk menciptakan komunikasi dan media komunikasi yang efektif, cepat dan mobile.

Pembagian era maupun periodesasi dalam makalah ini merupakan gambaran yang cukup nyata bagaimana kemampuan manusia dalam menlahirkan teknologi-teknologi terbaru yang dapat membantu dalam proses komunikasi tersebut. Perlu dicatatkan disini bahwa pembagian ini belumlah final, kemajuan teknologi di alaf keempat ini diprediksi akan semakin canggih. Kecanggihan tersebut akhirnya membawa implikasi pada munculnya teknologi baru dalam berkomunikasi; jelas bisa menimbulkan tatanan yang lebih baru dalam hal pentahapan dimaksud.

Walaupun ada pentahapan tersebut, bukan berarti model komunikasi yang awal sudah ketinggalan jaman atau out of date. Untuk beberapa kalangan, suku maupun komunitas masyarakat akan tetap mempertahankan model atau teknologi komunikasi yang ada selama ini. Walau itu sangat sederhana dan tradisional. Penelitian Cliffort Gerzt pada masyarakat Jawa-Bali membuktikan hal itu.

 

https://kangarul.wordpress.com/2009/07/31/empat-fase-perkembangan-komunikasi-manusia/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong