Proses eskalasi pada hubungan antar pribadi

17 September 2017 11:11:04 Dibaca : 1878

Kelompok: -Ismail Abubakar

PROSES ESKALASI PADA HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

Di kehidupan sehari-hari kita diwajibkan untuk berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan masyarakat atau kelompok untuk saling berinteraksi. Dalam komunikasi, terdapat hubungan antar pribadi yang dapat diartikan sebagai serangkaian interaksi antara dua individu yang saling kenal satu sama lain (Duck & Gilmour, 1981). Masuk di dalam Hubungan antar pribadi terdapat suatu fondasi tingkatan pengembangan hubungan komunikasi yang disebut sebagai eskalasi hubungan antar pribadi. Apa itu eskalasi hubungan antar pribadi? Eskalasi hubungan antar pribadi merupakan kemampuan antar pribadi yang dapat membantu seseorang untuk memulai, membangun, dan memelihara hubungan yang sehat dengan orang lain.

           Dalam artikel ini akan dibahas tiga hal mengenai proses pengembangan eskalasi hubungan yang dikemukakan oleh Miller dan Steinberg, di antaranya sebagai berikut:Eskalasi hubungan: Bila Saatnya tepat. Suatu kondisi pada waktu tertentu dalam kehidupan komunikasi di mana kita terutama mudah sekali terpengaruh kepada pengembangan hubungan antar pribadi.

Eskalasi hubungan: Bila Anda memutuskan hal ini terjadi. keadaan umum yang banyak terjadi di mana orang ragu untuk berkata “mengapa kita tidak mengembangkan hubungan antar pribadi?”

Eskalasi hubungan: Apabila gambaran untuk mendapat untung telah terbayang, keuntungan-keuntungan hubungan diukur dengan mengurangi biaya dari imbalan-imbalan yang didapat dari nilai-nilai absolut dari imbalan. Apabila pertukaran tersebut mendapatkan keuntungan segera, mereka akan mengembangkan hubungan antar pribadi apabila mereka memprediksikan keuntungan yang berlanjut untuk jangka panjang.

           Akhirnya setelah membaca artikel di atas kita dapat mengetahui bagaimana eskalasi pada hubungan antar pribadi. Membangun hubungan antar pribadi menjadi hal yang perlu dalam kehidupan manusia, karena hubungan antar pribadi memiliki sejumlah manfaat. Komunikasi menjadi nyawa dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang efektif akan menciptakan hubungan antar pribadi yang juga efektif. Komunikasi pun menjadi kunci apakah sebuah hubungan bisa dibangun dan dipertahankan

Kategori

  • Masih Kosong