Proses eskalasi pada hubungan antar pribadi

17 September 2017 11:11:04 Dibaca : 1875

Kelompok: -Ismail Abubakar

PROSES ESKALASI PADA HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

Di kehidupan sehari-hari kita diwajibkan untuk berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan masyarakat atau kelompok untuk saling berinteraksi. Dalam komunikasi, terdapat hubungan antar pribadi yang dapat diartikan sebagai serangkaian interaksi antara dua individu yang saling kenal satu sama lain (Duck & Gilmour, 1981). Masuk di dalam Hubungan antar pribadi terdapat suatu fondasi tingkatan pengembangan hubungan komunikasi yang disebut sebagai eskalasi hubungan antar pribadi. Apa itu eskalasi hubungan antar pribadi? Eskalasi hubungan antar pribadi merupakan kemampuan antar pribadi yang dapat membantu seseorang untuk memulai, membangun, dan memelihara hubungan yang sehat dengan orang lain.

           Dalam artikel ini akan dibahas tiga hal mengenai proses pengembangan eskalasi hubungan yang dikemukakan oleh Miller dan Steinberg, di antaranya sebagai berikut:Eskalasi hubungan: Bila Saatnya tepat. Suatu kondisi pada waktu tertentu dalam kehidupan komunikasi di mana kita terutama mudah sekali terpengaruh kepada pengembangan hubungan antar pribadi.

Eskalasi hubungan: Bila Anda memutuskan hal ini terjadi. keadaan umum yang banyak terjadi di mana orang ragu untuk berkata “mengapa kita tidak mengembangkan hubungan antar pribadi?”

Eskalasi hubungan: Apabila gambaran untuk mendapat untung telah terbayang, keuntungan-keuntungan hubungan diukur dengan mengurangi biaya dari imbalan-imbalan yang didapat dari nilai-nilai absolut dari imbalan. Apabila pertukaran tersebut mendapatkan keuntungan segera, mereka akan mengembangkan hubungan antar pribadi apabila mereka memprediksikan keuntungan yang berlanjut untuk jangka panjang.

           Akhirnya setelah membaca artikel di atas kita dapat mengetahui bagaimana eskalasi pada hubungan antar pribadi. Membangun hubungan antar pribadi menjadi hal yang perlu dalam kehidupan manusia, karena hubungan antar pribadi memiliki sejumlah manfaat. Komunikasi menjadi nyawa dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang efektif akan menciptakan hubungan antar pribadi yang juga efektif. Komunikasi pun menjadi kunci apakah sebuah hubungan bisa dibangun dan dipertahankan

Cara menulis Curriculum vitae

17 September 2017 06:20:50 Dibaca : 289

Penulisan Curriculum Vitae (CV)

          Hello guys, whats up bro and sis artikel yang saya bagikan kali ini adalah tentang bagaimana cara membuat Cv atau curriculum vitae. Gambar dibawah tersebut adalah salah satu contoh Cv. Tapi Bro and sis nggak tahu kan bagaiamana langkah-langkah membuat CV. Baiklah Baca artikel ini sampai akhir.        Awalnya Dalam penulisan Curriculum Vitae harus jelas dan ringkas, konsisten dalam gaya, format, akurat, tanpa ada kesalahan ejaan atau tanda baca serta harus berkonsentrasi pada keterampilan dan prestasi seseorang. Dari CV akan diketahui nama lengkap sumber, kompetensi, dan kredibilitasnya dalam bagian kanan atas dilengkapi dengan foto diri. Dalam ruang lingkup informasi dalam membuat CV sesuai format umum penulisannya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Keterangan diri

Selalu berada di bagian paling atas, tepatnya setelah pernyataan penegasan atau yang menerangkan nama sesuai tanda tangan yang tertanda di bawah akhir penulisan CV. Sementara bagian paling atas tertulis “Curriculum Vitae”.Pada keterangan diri setidaknya mencantumkan nama lengkap dan gelar, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nomor telepon, bahkan dilengkapi dengan blog pribadi.

  • Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan formal ada yang ditulis sangat lengkap ada juga yang tidak. Riwayat pendidikan dapat dimulai dari taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA, bahkan sampai sarjana atau diploma.

  • Riwayat Pekerjaan

Pada bagian ini disebutkan secara lengkap pekerjaan dan jabatannya, nama instansi, organisasi atau perusahaan, serta lama pekerjaan masing-masing yang ditandai dengan jangka tahunnya.

  • Pengalaman Organisasi

Dalam penulisan CV, pengalaman organisasi cukup penting bahkan bisa jadi sangat penting untuk jadi penilaian tertentu selaian dapat mengangkat kapasitas seseorang. Apabila anda atau seseorang yang dituliskan CV-nya minim pengalaman organisasi, atau sekecil apapun lingkup organisasi yang pernah diikuti, tetapi memiliki peran penting dalam organisasi tersebut, alangkah baiknya dicantumkan. Salah satu contohnya pernah menjadi ketua OSIS semasa sekolah atau lainnya.

  • Karya Tulis

Mungkin seseorang minim organisasi atau pengalaman kerja, tetapi namanya terdongkrak dengan karya tulis yang pernah dibuatnya. Baik berupa karya tulis fiksi seperti cerpen, novel, maupun karya tulis non-fiksi seperti artikel, feature, menulis buku, buku semi ilmiah atau populer. Bahkan jika ada penulisan di jurnal-jurnal ilmiah tertentu akan semakin baik dan bernilai lebih dalam dunia akademis.

  • Pengalaman

Sebagai Pembicara/NarasumberKemampuan dan pengalaman sebagai pembicara atau narasumber dalam suatu acara seperti diskusi publik, seminar, workshop, pelatihan dan sejenisnya sangat baik dicantumkan dalam mengangkat kredibilitas. Semakin banyak pengalaman akan semakin baik dalam mengangkat nama seseorang.

  • Penghargaan

Penghargaan yang diberikan oleh lembaga tertentu juga bisa akan sangat berguna dicantumkan dalam menambah kualitas diri sebagai seseorang yang berjasa atau berprestasi di bidang tertentu. Piagam, tropi, plakat, atau apapun nama yang menjadi simbol penghargaan, hendaknya disimpan rapi yang mungkin di kemudian hari dibutuhkan sebagai bukti atas permintaan dari pihak atau orang tertentu.( Kalau Anda Mempunyai Penghargaan silahkan diisi dalam CV jikalau pun tidak mempunyai penghargaan sedikitpun maka tidak perlu diisi)

        Urutan atau susunan penulisan CV tidak harus sama persis dengan yang diuraikan di atas. Tetapi prinsip penyusunannya mengacu pada urutan logis, meskipun dalam bentuk susunannya bisa berbeda. Keterangan diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, biasanya berada dalam urutan paling atas karena dinilai memuat informasi yang secara umum paling penting untuk disampaikan.

 

CURRICULUM VITAE

Nama : Rian Aryawan

Tempat, Tgl Lahir : Jakarta, 19 Juli 1988      

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Kawin

Alamat Sekarang : Jl. Mawar No.10, Kel. Limba U1, Kec. Kota SelatanKota Gorontalo, 96123.

Telephone : 08123456789

Email : rianaryawan@gmail.com

PENDIDIKANFORMAL :1993 – 1998 SDN Impres 6 paguyaman, Jl Kenangan Boalemo

1998 – 2001 SMP Negeri 1 Paguyaman, Jl Trans Sulawesi Boalemo

2001 – 2004 SMA Negeri 3 Paguyaman, Jl Trans Sulawesi Boalemo

2004 – 2007 Universitas B.J. Habibie, Jl Pangeran Hidayat Gorontalo

NON FORMAL :2007 – 2008 Kursus Bahasa Ingris LIA, Jl. Farid Liputo, No 22, Kota BaratKota Gorontalo.

KEMAMPUANMicrosoft Office Word, Exel, Power Point, Access & OutlookTeknologi Informasi, Accounting Program, Photo & Video EditingBahasa Indonesia, Inggris.

PENGALAMAN KERJA2008 – 2010 PT Indojaya Utama Sebagai Resepsionis & Accounting

2010 – 2013 PT Wahana Tata Sebagai staf administrasi

2013 – 2015 PT Tata Contructions Sebagai staf Management

 

 

Segudang prestasi untuk sebuah prestise

14 December 2016 07:38:35 Dibaca : 56

Segudang prestasi untuk prestise

Kisah ini tentang seorang anak laki-laki yang lahir tepat 17 tahun yang lalu. Syahrul, begitu sebutan akrab sekaligus nama lengkap remaja itu, lahir di Desa Taopa, Kec.Taopa, tepat tanggal 03 maret 1998. Hadir ke dunia sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Buah hati pasangan muh.nur dan mutmainah ini berhasil merajut berbagai prestasi dan menjadi kebanggaan orang tuanya.

 

Di saat saya datang untuk mewawancarai syahrul di kampus universitas negeri gorontalo , Sabtu 26 november 2016 mahasiswa jurusan manajemen ini sangat bersemangat mengupas tentang peristiwa dan pengalaman hidupnya. Sejak kecil Syahrul gemar dengan aktivitas untuk menjelajah alam . “Saya senang sekali untuk menjelajahi alam contohnya seperti hiking dan dengan teman sebaya, saya semangat menjadi terpacu dengan pengetahuan yang saya dapatkan dari penjelajahan itu”, Ujar remaja itu dengan semangat. Baginya, memulai sesuatu dengan hobby membuat aktivitas yang dilakukan lebih ringan, sehingga pikiran tidak terbebani.

 

Saat duduk dibangku SD tepatnya di Gio SD inpres taopa , syahrul selalu mendapat peringkat 5 besar di kelas. Begitupun, saat berganti seragam menjadi putih biru. Orang tua syahrul lebih memilih putranya disekolahkan di SMAN 4 kota gorontalo , karena berada di luar daerah akan membuat pendidikan lebih maju. Mulai saat itu, syahrul belajar mandiri.


Berada jauh dari orang tua awalnya membuat remaja ini risih, takut, dan khawatir. Tinggal di kost merupakan tantangan yang terberat, realita harus ditempuh, tidak ada kata tidak bisa.Prestasi demi prestasi diraihnya untuk mengharumkan nama keluarga dan nama sekolah. syahrul aktif dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan osis.Serta dari kelas satu SMA sampai kelas tiga dia menduduki peringkat satu umum.Nila rata-rata ujian nasional yakni mencapai 66,25,dia menduduki peringkat 3 setingkat provinsi dalam ujian akhir sekolah.


Saya menanyakan kepada syahrul bagaimana dia mempunyai banyak prestasi, apakah makanan yang dia makan berbeda dengan anak-anak lain !? “Kalau soal Makanan yang saya makan seperti makan sehari-hari tidak ada bedanya dengan anak-anak lain yang biasa mereka makan.Tetapi cara belajar saya yang mungkin nggak sama seperti orang lain. Cara belajar saya yah harus dengerin musik,dan harus ditempat yang sedikit beriksik serta cara belajar saya memahami isi materi itu dengan membaca berulang-ulang kali dan hanya latihan soal-soal baru terus cari penyelesaiannya. Dan mungkin agak beda waktu belajar biasanya saya belajar habis sholat subuh serta merta cara belajar saya tidak menerapakan metode seperti kebanyakan orang yang banyak menghafal,tetapi saya hanya memahami isi materi. Tetapi kata orangtua saya, pada saat itu jikalau saat setiap ujian sempat dimandikan oleh seseorang. Tapi saya tidak diberi tahu apa maksud dan tujuan saya dimandikan,saya juga tidak terlalu percaya dengan hal-hal begitu.Yang pastinya saya tetap belajar. “ ujar syahrul.


Sungguh prestasi yang mengagumkan. Semua orang bisa meraihnya jika diawali dengan kerja keras dan latihan yang maksimal. Disaat masuk perguruan tinggi negeri ini, syahrul juga lulus melalui jalur prestasi , yaitu bidikmisi. Ternyata kegemaran membawa peluang yang besar mencapai kesuksesan. Cita-cita syahrul juga bisa tercapai, kelak remaja ini berniat menjadi sorang pebisnis yang sukses dalam bidang kuliner agar bisa membanggakan keluarganya, semua prestasi di raih untuk mencapai prestise. Sebuah prestise dapat membuat orang menjadi berwibawa dan mampu di bidangnya. “Saya selalu ingat dengan motto hidup yaitu: Hidup itu penuh resiko, mengalah itu tidak akan hidup”. Tambah syahrul dengan percayadirinya.


Semua orang berhak berprestasi, semua orang ingin memiliki prestise agar disegani dan dihormati dalam masyarakat. Kepada penulis syahrul memberikan pesan kepada semua orang yaitu “Jangan takut mengambil keputusan, karena dibalik kegagalan terdapat kesuksesan yang tertunda. Dan pasti adapula mantan yang menyesal. Serta jangan pernah berpikir apa yang diberikan untukmuu, namun berpikirlah apa yang bisa kamu berikan untuk orang lain.”


Hari ini penulis menemukan orang yang tidak pernah lelah dalam mencapai prestasi, Syahrul juga sempat mengatakan bahwa nilai akhir ujian nasionalnya yaitu 66,25 . Menurut syahrul, menjadi mahasiswa yang berprestasi membutuhkan usaha, latihan keyakinan dan do’a.

 

Segudang Prestasi untuk Prestise

03 December 2016 15:17:26 Dibaca : 63

FEATURE
Segudang Prestasi Untuk Prestise
Ismail_Abubakar_291416036

       suatu hari semua orang sibuk dengan aktivitas mereka sendiri, pada saat itu lahir seorang bayi laki-laki, tepat 17 tahun yang lalu. Syahrul, begitu sebutan akrab sekaligus nama lengkap remaja itu, lahir di Desa Taopa, Kec.Taopa, tepat tanggal 03 maret 1998. Hadir ke dunia sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. Buah hati pasangan muh.nur dan mutmainah ini berhasil merajut berbagai prestasi dan menjadi kebanggaan orang tuanya.
     Di saat saya datang untuk mewawancarai syahrul di kampus universitas negeri gorontalo , Sabtu 26 november 2016 mahasiswa jurusan manajemen ini sangat bersemangat mengupas tentang peristiwa dan pengalaman hidupnya. Sejak kecil Syahrul gemar dengan aktivitas untuk menjelajah alam . “Saya senang sekali untuk menjelajahi alam contohnya seperti hiking dan dengan teman sebaya, saya semangat menjadi terpacu dengan pengetahuan yang saya dapatkan dari penjelajahan itu”, Ujar remaja itu dengan semangat. Baginya, memulai sesuatu dengan hobby membuat aktivitas yang dilakukan lebih ringan, sehingga pikiran tidak terbebani.
     Syahrul bersekolah ditaman kanak-kanak raudhatul atfhal Desa.Gio Di waktu SD inpres taopa , syahrul selalu mendapat peringkat 5 besar di kelas. Begitupun, saat berganti seragam menjadi putih biru.Syahrul tetap mendapatkan peringkat. Setelah Berganti seragam menjadi putih abu-abu Orang tua syahrul lebih memilih putranya disekolahkan di SMAN 4 kota gorontalo , karena berada di luar daerah akan membuat pendidikan lebih maju. Mulai saat itu, syahrul belajar mandiri. Berada jauh dari orang tua awalnya membuat remaja ini risih, takut, dan khawatir. Tinggal di kost merupakan tantangan yang terberat, realita harus ditempuh, tidak ada kata tidak bisa. Syahrul menjadi teladan bagi teman-temannya sehingga dia menjadi anggota osis meskipun jabatan sebagai Ketua OSIS belum berhasil di raihnya. “Organisasi membuat kita lebih menghargai kebersamaan, Saya juga harus berani menjadi khalifah dan contoh yang teladan untuk diri Saya dan teman-teman sekolah”, Ujar syahrul.
     Belajar organisasi masih dilanjutkan remaja itu, tanpa perjuangan yang lelah syahrul kembali menjabat sebagai anggota osis di sma n 4 N kota gorontalo. Prestasi demi prestasi diraihnya untuk mengharumkan nama keluarga dan nama sekolah. syahrul aktif dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan osis.Serta dari kelas satu SMA sampai kelas tiga dia menduduki peringkat satu umum.Nila rata-rata ujian nasional yakni mencapai 66,25,dia menduduki peringkat 3 setingkat provinsi dalam ujian akhir sekolah.
     Sungguh prestasi yang mengagumkan. Semua orang bisa meraihnya jika diawali dengan kerja keras dan latihan yang maksimal. Disaat masuk perguruan tinggi negeri ini, syahrul juga lulus melalui jalur prestasi , yaitu bidikmisi. Ternyata kegemaran membawa peluang yang besar mencapai kesuksesan. Cita-cita syahrul juga bisa tercapai, kelak remaja ini berniat menjadi sorang pebisnis yang sukses dalam bidang kuliner agar bisa membanggakan keluarganya, semua prestasi di raih untuk mencapai prestise. Sebuah prestise dapat membuat orang menjadi berwibawa dan mampu di bidangnya. “Saya selalu ingat dengan motto hidup yaitu: Hidup itu penuh resiko, mengalah itu tidak akan hidup”. Tambah syahrul dengan percayadirinya.
    Semua orang berhak berprestasi, semua orang ingin memiliki prestise agar disegani dan dihormati dalam masyarakat. Kepada penulis syahrul memberikan pesan kepada semua orang yaitu “Jangan takut mengambil keputusan, karena dibalik kegagalan terdapat kesuksesan yang tertunda. Dan pasti adapula mantan yang menyesal. Serta jangan pernah berpikir apa yang diberikan untukmu, namun berpikirlah apa yang bisa kamu berikan untuk orang lain.”
     Hari ini penulis menemukan orang yang tidak pernah lelah dalam mencapai prestasi, Syahrul juga sempat mengatakan bahwa nilai akhir ujian nasionalnya yaitu 66,25 . Menurut syahrul, menjadi mahasiswa yang berprestasi membutuhkan usaha, latihan keyakinan dan do’a.

 

Kategori

  • Masih Kosong