Cerita_Q IT kemarin

22 March 2013 10:29:19 Dibaca : 136 Kategori : Berbagi Cerita

Hari ini adalah hari kedua aku mengikuti program IT, materi hari ini mengenai open source. Pertama masuk aku tidak mendapatkan tempat duduk akhirnya menyelip ditempat duduknya teman, aku duduk di pojok kiri jurusan pintu masuk bersama temanku satu asrama. Seperti biasanya langsung aku membuka blogger, hehe :D

Tapi karena aku hanya menumpang ditempat duduk itu, yang jelas aku memposting temanku duluan, pertama aku mencari pengertian system operasi, jenis-jenis system operasi dan fungsi dari system operasi. Setelah bahannya sudah didapat maka langsung dech aku mempostingnya di blog temanku itu. Masalah aku belakangan nanti gampang kok :D

Selesai aku memposting temanku nah saatnya giliranku untuk memposting apa yang telah aku dapat juga tentunya aku nggak main copas aja tanpa mencantumkan sumbernya darimana J biar nggak dibilang plagiat oleh kakak yang memberikan materi kemarin. MAAF ya k’ aku belum tahu jelas nama k’ siapa tapi yang jelas pengen tahu aku kasih alamat emailnya aja J. Email: walidumar@gmail.com

Okneyy :D

Sebelum aku mengutarakan kembali apa yang disampaikan k’ pemateri tadi, sedikit laja aku beritahu yaa.. kita kemarin disuruh cari apa saja contoh pada free software. Aduuh lucunya saat itu ada juga temanku yang sekelas nggak bisa jawab. Maka dari itu mereka disuruh berdiri dulu xixixixi :D Alhamdulillah yah saat itu aku bisa menjawab salah satu contoh dari free software. Sebenarnya banyak contoh dari free software tapi aku hanya bisa mengatakan apa yang masih aku ingat ya..

Contoh free software antara lain: sambha, opera, KDE, linux, perl, phyton, openoffice dan koffice, mozila firefox dan lain sebagainya nanti lebih jelasnya teman-teman lihat saja di internet yahh J

Eheem saatnya aku akan menjelaskan sedikit apa yang telah k’ pemateri tadi jelaskan, yah ini hanya semampu ingatanku kemarin. K’ menjelaskan mengenai open source yang didalamnya membahas software, desktop, free software dan GNU.

Sedikit tentang ulasannya yang aku ketahui.

  • Software / program adalah sebuah code program yang disusun untuk menerima perintah user yang untuk mengerjakan pekerjaan tertentu.
  • Distribusi adalah seperangkat system operasi.
  • Desktop adalah interface system opera.
  • Free software adalah aplikasi BEBAS..!!!
  • System operasi adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengoperasikan dan menjabatani antar pengguna dan hardware.
  • GNU adalah sebuah gerakan open source yang dimotori oleh seorang ilmuan “RICHARD STALLMAN”.

OPEN SOURCE

Dalam Bahasa Indonesia berari kode terbuka. Kode yang dimaksud adalah kode program. Yang dimaksud kode program yaitu bentuk perintah-perintah.

Tujuan

Menciptakan sebuah software yang mudah dan bebas digunakan untuk siapa, dan kapan saja dan untuk keperluan apapun.

Dengan sumber yang dibuat terbuka ini, programmer/ siapa saja dapat memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam software yang belisensi open source.

Manfaat

Menurut saya dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan laporan seperti pada statistic, karena lebih mudah untuk menghitung sebuah data.

Yeach, mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. :)