LINGKUNGAN SEKITAR

13 August 2016 11:30:27 Dibaca : 81 Kategori : TUGAS CAMPUS

FISIKA LINGKUNGAN

Saya sangat merasa takjub dengan melihat berbagai jenis ciptaan Tuhan yang begitu indah dan memiliki banyak manfaat,bentuk alam dengan berbagai macam bentuk dan keindahan masing-masing serta banyak makhluk yang hidup didalamnya. Dan saya misalkan bentuk alam tersebut seperti lingkungan hidup, lingkungan hidup merupakan dimana kita tinggal, dimana di situ makhluk hidup akan saling berinteraksi,mencari makanan untuk kelangsungan hidupdan sebagai tempat untuk mempertahankan hidup, yang kita sebagai manusia di haruskan untuk menjaga,memelihara dan melestarikannya. Dan pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya.Tuhan menciptakan ini semua semata-mata hanya untuk kita yang hidup di muka bumi. Sanggupakah kita mengubah pola hidup kita?
Dalam lingkunagan hidup yang saya ketahui manusi memiliki hubungan yang erat,yakni manusia dengan manusia,manusia dengan Tuhan,dan manusia dengan alam atau lingkungan. Hubungan dengan manusia yaitu hubungan timbak balik, hnubungan dengan Tu han yakni dari segi peribadatan, dan yang terakhir dengan alam atau lingkungan di lihat dari segi atau pola hidup manusia yang memanfaatkan alam dan lingkungan, serta bagaimana mereka melestarikannya ketika yang mereka manfaatkan mulai terancam tercemar,rusak, bahkan punah.

Coba kita renungkan, di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini kita tidak bisa lagi membedakan mana lingkungan yang layak untuk kita tempati atau tidak, yang mana kita ingin selalu instan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi nantinya. Seperti contohnya kita menggunakan deterjen untuk mencuci , kita membuang sampah dengan sesuka hati ke selokan, sungai dan tempat-tempat yang memeng sudah tidak bisa lagi mendaur kembali jenis- jenis samapah seperti itu. Apa yang akan terjadi nanti? Dan apa kalian sadar dengan hal ini.. sudah kah kita sebagai mausia berlaku adil terhadap lingkungan kita??

Dalam kehidupan ini saya banyak melihat permasalahan yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita dengarkan. Permasalahan yang sangat marak sekarang ini yakni pemanasan global maupun permasalahan mengenai lingkungan hidup kita atau lingkungan tempat tinggal kita, banyak masalah lingkungan yang kita hadapi sekarang ini yakni masalah tentang banyaknya air bersih yang tercemar. Jika lingkungan yang kita ketahui banyak fungsi dan manfaat bagaimana apabila banyak permasalanyang kita hadapi sehingga banyak merugikan banyak makhluk hidup di bumi. Padahal banyak kebutuhan manusia bahkan makhluk lain yang harus terpenuhi. Taukah kalian seperti apa air bersih yang tercemar? Ayo kita lihat sedikit kupasan yang akan saya bahas.

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling menetukan dalam mengubah lingkungan dimana mereka tinggal sekarang ini,dimana pengubahan ini dapat memberikan dampak yang baik maupun yang jelek terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dalam fakta ini kita dapat melihat air. Air merupakan sumberdaya alam yang sangat barmutu baik dan biasa di manfaatkan juga untuk dikonsumsi atau dalam melakukuan aktivitas manusia sehari-hari. sumber air yakni sungai,curah hujan,serata air permukaandan air bwah tanah. Penyalah gunaan air dan pencemaran air.

Mengapa air dapat tercemar? Kita akan tau disini yakni dimana manusia berdampak baik dan manusia berdampak buruk bagi lingkunganya, manusia akan berdampak baik ketika mereka sadar kan betapa penting dan wajibnya membersihkan berbagai banyak kotoran yang dapat mencemari air yang dimana air tersebut banyak di butuhkan oleh semua makhluk hidup yang ada di muka bumi. Bukan hanya kita di wajibkan membersihkan kotoran yang mencemari air, tetapi kita di wajibkan membersihkan semua jenis kotoran yang terlihat oleh mata kita.
Sedangkan manusia terlihat buruk ketika kita tahu bahwa manusialah yang menyebabkan air tercemar dengan mudah membuang segala sesuatu dengan seenakya. Pencemaran air dapat disebabkan Seperti mereka membuang limbah dan sampah yang banyak mereka salurkan ke sungai ataupun di tempat manapun. Limbah pabrik, limbah rumah tangga atau limbah deterjen yang secara terus menurus tersalurkan ke sungai, serat eksploitasi air oleh rumah tangga secara besar-besaran. Dan hal ini akan sering kita jumpai di daerah perkotaan yang padat penduduk,pencemaran air atau lingkungan ini akan menurunkan kualitas lingkungan hidup dan merusak ekosistem alaminya, serta pencemaran seperti ini yang nantinya akan memberi dampak negatif pada manusia, hewan dan makhluk hidup yang ada disekitarnya. Terkadang pencemaran air ini apabila dikonsumsi oleh makhluk hidup, akan menyebabkan berbagai dampak seperti gatal-gatal, terganggunya saluran pernapasan yang di sebabkan akibat tmpukan sampah yang ada di dalanm air yang tidak dapat didaur oleh organisme yang hidup di dalamnya, dan tidak jarang akan berujung pada kematian. Baik ataupun buruk yang manusia lakukan sekarang manusia juga yang akan memtik hasilnya.
Untuk menghadapi masalah seperti ini manusia dapat berperan sebagai pengubah lingkungan hidup, bagaimana langkah tersebut..??
Langkah tersebut yakni manusia harus melakukan perubahan dimuka bumi ini,dengan kegiatan yang sangat beraneka ragam yang dapat dilakukan. Seperti cara kecil yang kita semua dapat lakukan yakni dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal kita, tidak membuang sampah sembarangan, mendaur kembali sampa-sampah yang menumpuk, memuat poster menarik tentang sampah sehingga manusia tergerak hati untuk mengutamakan lingkungan hidupnya yang nomer 1 yakni kita harus memperbnayak menanam pohon. Dan jika lingkunagan kita bersih dan sehat aktivtas manusia ataupun mkhluk lainnya tidak akan merasa terganggu.
Cara yang paling menarik dan bermakna yang dapat kita lakukan maisalnya seperti ini, kita membuat slogan mengenai lingkungan. Seperti slogan bersih itu indah, Kebersihan sebagian dari iman, ingin sehat? Ayo jaga lingkungan, dan yang aping menarik yaitu masih sembarangan buag sampah?? Capee deh.. Yang makna slogan tersebut sangat jelas bahwa apabila kita dapat menjaga lingkungan, melestarikan lingkungan maka lingkungan yang kita tempati akan terlihat indah dan sangat menawan. Kita bisa berlaku adil terhadap lingkungan,maka alampun akan berlaku adil terhadap kita, sehingga nantinya tidak akan dampak- dampak buruk yang akan di dapat oleh makhluk hidup itu sendiri.
Bukan hanya ilmu alam yang menomer satukan pentingnya lingkungan dan kebersihan lingkungan, tetapi secara ilmu religipun mengatakan bahwa bersih itu merupakan sebagian dari iman. Apabila kita kotor, dan tidak tahu akan kebersihan barati kita termasuk orang yang tak lagi punya iman. Bahkan banyak peraturan yang mengatur tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama pencemaran air, peraturan perundang-undangan ini dapat menjadi landasan kita agar hidup lebih baik. Wahai kawa,,?sepatutnya kita menaati peeraturan ini dan menjadi generasi yang bisa di banggakan masyarakat, bangsa bahkan negara.
Masalah pencemaran air ini akan dapat terselesaikan apabila kita semua memulainya dari hal kecil, dan membuat perubahan pola hidup kita kedepan nya bagi lingkungan, terutama lingkungan tempat dimana kita tinggal. Terlebih apabila kita sanggup menyendirikan sampah-sampah yang kita buang tadi untuk di daur ulang kembali sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kita, dan bagi kehidupan,sederhana tetapi dapat mencakup kemungkinan perkembangan di masa depan,sesuai dengan keadaan waktu dan tempat. Seperti pepatah singkat yang saya dengar yakni pelajar yang pintar adaalah pelajar yang menjaga lingkungan. Akan kah kita siaap untuk hal itu...?
Saya dapat menarik kesimpulan dari pembahasan singkat ini yakni penyebab terjadinya masalah lingkungan hidup adalah adanya kegiatan dari manusia itu sendiri seperti pembuangan limbah pabrik,sampah, serta limbah rumah tangga, yang dapat menimbulkan pencemaran terhadap sungai,danau,dan laut. Masyarakat ataupun kita harus melestarikan lingkungan hidup, dlam pemanfaatan sumber daya harus memperhatikan dampakyang akan terjadi terhadap lingkungan sekitar agar tidak terjadi pencemaran atau kerusakanlingkunagan hidup.