“Pencemaran air akibat limbah”

13 August 2016 11:32:48 Dibaca : 61 Kategori : TUGAS CAMPUS

FISIKA LINGKUNGAN

Dalam kehidupan ini saya banyak melihat permasalahan yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita dengarkan. Permasalahan yang sangat marak sekarang ini yakni pemanasan global maupun permasalahan mengenai lingkungan hidup kita. Lingkungan hidup merupakan sumber daya atau tempat dimana makhluk hidup saling berinteraksi, mencari makanan untuk kelangsungan hidup dan sebagai tempat untuk mempertahankan hidup.
Jika lingkungan yang kita ketahui memiliki banyak fungsi seperti itu,bagaimana jadinya apabila banyak permasalahan yang kita hadapai seperti kekeringan, kelaparan, pencemaran dan bencana alam (gempa bumi,tsunami, tanah longsor,banjir, gunung meletus,dll). Disini kita melihat masalah lingkungan yang serius, yang di hadapi saat ini dan dari masalah tersebut dapat kita melihat kemungkinan terdapat penyebab yang sama. Dalam masalah ini saya akan mengambil satu topik masalah yang akan saya bahas yakni mengenai pencemaran lingkungan akibat limbah. Pencemaran itu sendiri terbagi atas pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah.
Dalam fakta ini saya mengambil satu masalah tentang pencemaran lingkungan yakni “ pencemaran air”.
“Pencemaran air akibat limbah”
Pencemaran air merupakan suatu perubahan keadaan disuatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, lautan, dan air tanah akibat aktivitas manusia dan industri pabrik. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sampah anorganik, limbah indutri dan limbah rumah tangga menyebabkan banyak masalah dalam kebutuhan air yang di gunakan dalam pemenuhan kebutuhan manusia itu sendiri. Limbah- limbah industri seperti logam berat, minyak,dan sebuah padatan yang seenaknya hanya di salurkan ke sungai yang di lanjutkan ke danau dan akan di teruskan ke laut. Limbah dan sampah yang tersalurkan ke tempat yang tergenang oleh air,akan berpotensi besar dalam pencemaran lingkungan karena menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan hidup serta merusak ekosistem alaminya.dan limbah pemukiman juga merupakan penyebab terjadinya pencemaran lingkungan.
Limbah pemukiman sepertinya menjadi salah satu sumber utama dan penyebab pencemaran air yang memberikan dampak paling kentara terutama pada masyarakat perkotaan di indonesia. Limbah pemukiman yang menjaddi salah satu penyebab pencemaran air diakibatkan oleh aktivitas manusia itu sendiri. Dan pada akhirnya pencemaran air ini juga memberikan dampak dan akibat merugikan bagi manusia.
Limbah pemukiman terbagi atas dua yakni sampah organik dan sampah anorganik, sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan oleh bakteri sehingga dapat membusuk seperti sayur, buah-buahan,dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri sehingga tidak dapat membusuk seperti kertas, plastik, gelas,dan kain. Selain sampah organik dan anorganik ,deterjen merupakan limbah pemukiman yang paling potensial mencemari air. Padahal saat ini hampir setiap rumah tangga menggunakan deterjen.
Dampak pencemaran air yang disebabkan oleh limbah pemukiman atau penduduk ini akan mendatangkan akibat atau dampak diantaranya:
 Berkurangnya jumlah oksigen dalam air karena sebagian besar oksigen digunakan oleh bakteri untuk melakukan pembusukan sampah.
 Sampah anorganik yang masuk ke dalam sungai dapat menghambat fotosintesis air dan alga yang menghasilkan oksigen.
 Deterjen sangat sukar diuraikan oleh air sehiingga dalam waktu yng lamadapat mencemari air dan meracuni organisme yang hidup di air.
 Apabila air yng tercemar digunakan dapat menyebabkan kerusakan kulit.
 Dan apbila air dikonsumsi, tak jarang dapat mengakibatkan kematian.

Dari berbagai dampak yang di sebabkan oleh pencemaran air kita harus dapat berusaha menangani limbah- limbah tersebut. Yang terpenting perlu adanya kesadaran dari masyarakat atau manusia itu sendiri untuk berlaku bijak dengan limbah rumah tangga, limbah industri yang di hasilkan.
Cara–cara yang dapat di lakukan manusia untuk mengurangi dampak tercemarnya air:
• Pengeloaan sampah kembali atau biasa di sebut dengan daur ulang.
• Tidak membuang sampah sembarangan seperti ke sungai, danau,laut dan dimanapun.
• Di bentunya peraturan tentang di larangnya membuag sampah.
• Melakukan pembersihan rutin.
• Serta masyarakat seharusnya mengawasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan.
Dan semua hanya itu hanya bisa di wujudkan dengan sebuah kecil, sebagai awalan memulai dari diri kita sendiri.