Video pembelajaran

20 October 2017 09:19:12 Dibaca : 77

Ringkasan materi pembuatan video
Kegiatan awal yang perlu kita lakukan dalam pengembangan program video adalah penulisan naskah (lazim disebut skenario). Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menulis naskah program video yaitu penemuan ide, menulis sinopsis, menulis treatment, menulis skenario.
Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia. Storyboard menggabungkan alat bantu narasi dan visual pada selembar kertas sehingga naskah dan visual menjadi terkoordinasi.
Dalam membuat video pembelajaran, dapt digunakan bermacam-macam aplikasi yaitu Camtasia, moovly (online), dan powtoon (online). Menurut Setiawan (2011) Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer. Software ini bisa kita manfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan elearning.
Powtoon adalah aplikasi cara membuat video animasi berdasarkan web. Untuk menggunakannya, anda harus memilih template yang diinginkan sebagai halaman dasar pembuatan animasi. Aplikasi cara membuat video animasi dari Video Animasi Moovly menyediakan 3 pilihan yang memiliki jenis gambar dan fungsi yang berbeda di setiap library-nya untuk ditambahkan pada animasi yang sedang dibuat (https://newteknoes.com/cara-membuat-video-animasi/).


Referensi
Setiawan, Candra. 2011. Pembuatan Video Materi Ajar Dengan Camtasia. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya

https://newteknoes.com/cara-membuat-video-animasi/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong