Video pembelajaran

20 October 2017 09:19:12 Dibaca : 77

Ringkasan materi pembuatan video
Kegiatan awal yang perlu kita lakukan dalam pengembangan program video adalah penulisan naskah (lazim disebut skenario). Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menulis naskah program video yaitu penemuan ide, menulis sinopsis, menulis treatment, menulis skenario.
Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia. Storyboard menggabungkan alat bantu narasi dan visual pada selembar kertas sehingga naskah dan visual menjadi terkoordinasi.
Dalam membuat video pembelajaran, dapt digunakan bermacam-macam aplikasi yaitu Camtasia, moovly (online), dan powtoon (online). Menurut Setiawan (2011) Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer. Software ini bisa kita manfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan elearning.
Powtoon adalah aplikasi cara membuat video animasi berdasarkan web. Untuk menggunakannya, anda harus memilih template yang diinginkan sebagai halaman dasar pembuatan animasi. Aplikasi cara membuat video animasi dari Video Animasi Moovly menyediakan 3 pilihan yang memiliki jenis gambar dan fungsi yang berbeda di setiap library-nya untuk ditambahkan pada animasi yang sedang dibuat (https://newteknoes.com/cara-membuat-video-animasi/).


Referensi
Setiawan, Candra. 2011. Pembuatan Video Materi Ajar Dengan Camtasia. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya

https://newteknoes.com/cara-membuat-video-animasi/

Microsoft Exel

29 September 2017 12:25:47 Dibaca : 50

Aplikasi Microsoft Exel dalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet), untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, merepresentasikan data. Aplikasi ini banyak digunakan dalam membantu memudahkan kegiatan perkantoran dan dunia pendidikan. Secara umum, aplikasi Microsoft Exel digunakan untuk mengolah data dalam bentuk kuantitatif, yang disajikan dalam bentuk table, diolah dalam bentuk grafik dan diagram.
Aplikasi Microsoft exel banyak menggunakan formula (rumus) dalam mengolah data statistic. Beberapa rumus yang digunakan yaitu:
1. Fungsi SUM (untuk operasi penjumlahan)
2. Fungsi AVERAGE (untuk menghitung nilai rata-rata)
3. Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP berfungsi untuk menampilkan data dari suatu tabel yang tersusun dengan format horizontal atau mendatar
4. Fungsi IF berguna untuk melakukan pengujian atas kebenaran suatu kondisi
5. Fungsi AND berfungsi untuk menampilkan nilai TRUE saat semua argument yang di tes memiliki nilai BENAR dan nilai FALSE jika salah satu atau semuanya memiliki nilai SALAH.
6. Fungsi OR berfungsi menampilkan hasil TRUE jika terdapat argument yang memiliki nilai BENAR dan FALSE jika semua argument bernilai SALAH.
7. Rumus AREAS bergungsi untuk menampilkan berapa jumlah dalam suatu jangkauan atau area (sel atau range) pada salah satu referensi, bisa berupa alamat range atau alamat sel.
8. Fungsi CHOOSE digunakan dalam memilih 1 dari hingga 254 nilai berdasarkan jumlah indeks (jika menggunakan index_num = mengembalikan nilai daftar argumen nilai).
Microsoft exel memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan tahun, terdiri atas Microsoft exel 2000, 2003, 2007, 2010, dan 2013. Perbedaan dari versi tersebut adalah letak ikon dan pengembangannya serta tampilan dan jumlah baris dan kolom yang berubah.

rangkuman tentang literasi informasi

25 September 2017 16:56:53 Dibaca : 123

MEMBUAT RINGKASAN TENTANG MATERI “LITERASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI”
• Cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya (dekat, mudah, murah, senang, lanjut):
1. Pendekatan akses fasilitas baca (buku dan non buku)
2. Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan
3. Murah/ Tanpa biaya (gratis)
4. Menyenangkan dengan segala keramahan
5. Keberlanjutan/ Continue/ istiqomah
• Literacy berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).
• Technology literacy (TIK) didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan.
• Terdapat lima aspek yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis, yaitu Access (akses), Integrate (meng-integrasikan), Evaluate (meng-evaluasi), dan reate (menciptakan).
• Tingkat kematangan literasi seseorang di bagi menjadi:
1) Level 0 (tidak tahu sama sekali tentang pentingnya TIK)
2) Level 1 (sudah mulai menggunakan TIK dalam kehidupan)
3) Level 2 (telah berulang kali menggunakan TIK untuk kepentingan hidup)
4) Level 3 (telah memiliki standar pengetahuan dan pemahaman mengenai TIK dan telah konsisten menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari
5) Level 4 (individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan kinerjanya dengan bantuan TIK
6) Level 5 (individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari)
• Elemen pembentuk litersi TIK antara lain people literacy, literasi informasi, literasi computer, literasi digital, literasi internet, dan literasi TIK.
• Elemen-elemen literasi informasi meliputi
a) Visual literacy (kemampuan memahami, menggunakan dan mengekspresikan gambar)
b) Media literacy (kemampuan mengakses informasi)
c) Computer literacy (kemampuan memproses informasi dengan computer)
d) Digital literacy (keahlian penguasaan sumber dan perangkat digital)
e) Network literacy (keahlian mengakses informasi dari internet)
• Karakteristik orang yang melek jaringan:
1) Memiliki kesadaran tentang penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring
2) Paham tentang pengelolaan sistem informasi jejaring
3) Dapat melakukan temu balik informasi
4) Dapat memanipulasi informasi berjejaring
5) Dapat menggunakan informasi berjejaring
6) Paham akan peran dan penggunaan informasi berjejaring
• Model pencarian informasi dalam literasi informasi antara lain: Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), dan Extracting (Mengambil Sari)
• Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.
• Seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar (mempelajari program-program baru dengan terbiasa mengerjakan tugas-tugas menggunakan internet) dikatagorikan “melek komputer”.
• Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.
• Literasi digital mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya dan bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
• Manfaat Literasi Digital yaitu menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan yang lebih baik, dapat membuat anda bekerja, membuat lebih bahagia, dan mempengaruhi dunia
• Elemen penting literasi digital antara lain:
1) Social Networking (situs jejaring social)
2) Transliteracy (kemampuan memanfaatkan segala platform, seperti mengkomunikasikan)
3) Maintaining Privacy (privasi dunia online)
4) Managing Digital Identity (identitas jaringan social)
5) Creating Content (ketrampilan membuat konten)
6) Organising and Sharing Content (pengaturan dan share informasi)
7) Reusing/repurposing Content, (kemampuan membuat konten baru dari berbagai informasi)
8) Filtering and Selecting Content (menyaring dan memilih informasi)
9) Self Broadcasting (membagikan ide atau gagasan pribadi)
• Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi.

ringkasa aplikasi mendeley dan microsoft word

25 September 2017 16:51:04 Dibaca : 55

Aplikasi mendeley merupakan aplikasi atau softwere yang digunakan untuk mengelolah sitasi dan penulisan daftar pustakan pada pembuatan karya tulis ilmiah (makalah ataupun skripsi). Aplikasi mendeley di operasikan dengan di integrasikan dengan Microsoft word.
Manfaat aplikasi mendeley antara lain:
1. Mempermudah dalam penulisan sitasi
2. Mempermudah dalam penulisan daftar pustaka
3. Mencegah plagiat
4. Menghemat waktu
Kekurangan aplikasi mendeley
1. Susah untuk mensitasi buku yang di cetak
2. Tidak bisa digunakan, jika teks jurnal tidak dapat di blok dan di copy
3. Ada langkah-langkah tertentu untuk mensitasi jurnal dalm bentuk bahasa inggris
Aplikasi Microsoft office word berfungsi untuk mempermudah mahasiswa dalam menulis karya ilmiah seperti makalah, skripsi, maupun laporan, di karenakan aplikasi ini dapat menjalankan berbagai fungsi seperti pembuatan daftar isi otomatis, dan catatan kaki otomatis, dimana kedua hal tersebut merupakan bagian penting dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong