Rangkuman hasil diskusi

05 September 2019 23:02:45 Dibaca : 1494

NAMA           : RINI AWE

NIM                : 431416010

RANGKUMAN HASIL DISKUSI

Manfaat Menggunakan Microsoft Word dan Mendeley

Dapat memudahkan anak bangsa yaitu Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, Menghemat waktu, Menghemat kertas dan biaya. Hadirnya Microsoft Word menggantikan mesin ketik yang sudah kuno. Dengan microsoft word, kita bisa membuat dokumen dengan mudah. Kita bisa menyimpannya lalu mencetaknya kapan saja. Cara mengoperasikannya juga mudah, bagi pemula sekalipun. Sedangkan mendeley itu sangat membantu dalam menentukan daftar pustaka yang akan kita ambil sebagai rujukan kita untuk menyusun proposal dan skripsi dan dapat menghindari namanya plagiat

Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan terdapat beberapa manfaat yaitu:

1)      Dapat menghindari plagiat

2)      Dapat memudahkan dalam menyusun karya ilmiah karena mendeley memiliki fiture yang sangat membantu yaitu dari catatan kaki sebuah paragraf dan daftar pustaka yang secara otomatis sehingga kita tidak perlu kembali meninjau antara catatan kaki dan daftar pustaka.

3)      Mempermudah dalam mencari referensi

4)      Mmudahkan dalam mengelola kepustakaan

5)      Dapat saling berbagi kepustakaan secara online, dan terkini

6)      Mengelola file pdf hasil unduhan dari database jurnal online untuk temu kembali informasi apabila diperlukan.

7)      Mendiskusikan tentang sebuah artikel, setelah diberi catatan oleh

pembaca pertama.

8)      Memudahkan mencari referensi yang terpercaya baik itu berupa buku maupun jurnal

9)      Menambah wawasan bagi mahasiswa dalam literasi informasi

Berdasarkan diskusi juga selain terdapat manfaat-manfaat dalam menggunakan mendeley terdapat juga kelemahan-kelemahan dari aplikasi ini yang sekaligus menyulitkan penggunanya. Adapun kekurangannya yaitu:

1)      Ketika koneksi internet lelet

2)      Ketika lupa prosedur dalam mengoperasikan mendeley

3)      Apabila mencari kepustakaan namun tidak tercantum URL nya

Akan tetapi walaupun demikian mendeley merupakan solusi yang sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran karena disini Mendeley membantu mahasiswa untuk mencari referensi terpercaya berupa pdf, jurnal dan buku dan untuk mengutipnya juga tidak akan terjadi yang namanya 'plagiat'.

Jadi, aplikasi ini sangat memudahkan mahasiswa dalam menyusun karya tulis/karya ilmiah.

Kelebihan aplikasi mendeley yakni program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. 

Kekurangan aplikasi mendeley yakni Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

Aplikasi ms word dan mendeley dengan digunakan anak-anak bangsa seperti para mahasiswa sangat membantu mereka dalam penyusanan tugas-tugas akhir kuliah (skripsi). Aplikasi ms word dan Mendeley merupakan sebuah program aplikasi akademis  yang digunakan untuk mengelola dan berbagi jurnali penelitian, data penelitian, pengaturan referensi, bahkan dapat digunakan untuk bekerja sama kepada sesama peneliti secara online. Mendeley ini dapat diakses dimana saja seperti di handphone android, desktop pada komputer, dan juga website sebagai importer. Kegunaan dari Mendeley adalah pengguna dapat membuat perpustakaan sendiri, pengguna juga dapat mengelola dokumen miliknya dan referensi, memasukan sitasi dan daftar pustaka, berbagi referensi dengan sesama kelompok penelitian, dan pengguna dapat membuat perpustakaan online miliknya sendiri.

Melakukan sitasi

Melakukan sitasi menggunakan Mendeley sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara meng-klik menu Insert or Edit Citation pada toolbar/menu Mendeley. Pengguna dapat memilih format sitasi yang akan digunakan pada dokumen sesuai dengan kebutuhannya. Perubahan format sitasi dapat dilakukan sebelum atau sesudah sitasi ditambahkan ke dalam dokumen. Mendeley mendukung banyak format sitasi ilmiah dan jumlah format ini dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Pada kotak dialog tersebut pengguna diminta memasukkan kata kunci dari referensi yang akan disitasi pada text box yang disediakan. Setelah pengguna memasukkan kata kunci tertentu, misalnya “Mendeley”, selanjutnya akan tampil daftar referensi yang sesuai dengan kriteria pencarian. Pengguna tinggal memilih salah satu referensi yang dimaksud dari daftar yang diberikan untuk memasukkan sitasi tersebut ke dokumen aktif. Apabila perlu dilakukan perubahan format sitasi, dapat dilakukan dengan cara memilih salah satu style dari daftar yang tersedia pada menu Style.

Menambahkan bibliografi

Mendeley menyediakan fungsi untuk menambahkan bibliografi atau daftar pustaka dari semua referensi yang digunakan pada dokumen secara otomatis. Untuk menambahkan bibliografi, pengguna tinggal memilih menu Insert Bibliography pada toolbar/menu Mendeley. Format penulisan bibliografi secara otomatis akan disesuaikan dengan format sitasi yang digunakan pada dokumen. Pada saat dilakukan perubahan format sitasi, format penulisan bibliografi juga akan menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong