Rangkuman Video Pembelajaran

24 September 2019 18:12:46 Dibaca : 18

Nama              : Aprillya Datunsolang

NIM                : 431416011

Prodi/Kelas    : A/Pendidikan Biologi

 

Rangkuman Video Pembelajaran

1.      Storyboard

Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek,games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan/desain. Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.

Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Untuk mempermudah membuat proyek, maka harus dibuat sebuah rencana kasar sebagai dasar pelaksanaan. Outline dijabarkan dengan membuat point-point pekerjaan yang berfungsi membantu untuk mengidentifikasi material apa saja yang harus dibuat, didapatkan, atau disusun supaya pekerjaan dapat berjalan (Waryanto, 2010)..

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam pembuatan video pembelajaran:

a.       Camtasia

Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer. Software ini bisa kita manfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan elearning.

Navigasi (kontrol) utama dalam Camtasia. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah:

1.      Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada dekstop computer)

2.      Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sbeelumnya telah direkam pada dekstrop komputer)

3.      Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya

4.      Share berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga pooin di atas (Wijayanto, 2010).

b.      Moovly

Moovly memiliki tiga pilihan tujuan penggunaan, yaitu Personal, Bisnis, dan Edukasi. Moovly memiliki desain interface yang intuitif sehingga dapat dengan mudah mengedit, mengopi, dan menggunakan video atau presentasi. Pengguna untuk tujuan bisnis memiliki dua fungsi tambahan - Boost dan Clean Graphic - sebagai pilihan lain ketika membuat presentasi.

c.       Powtoon

Powtoon merupakan media animasi papan tulis yang terkenal untuk membuat presentasi dengan menggunakan desain yang tersedia. Powtoon memiliki interface yang mudah digunakan dan intuitif diikuti dengan pilihan objek, karakter, dan tema yang beragam untuk membuat animasi. Animasi yang dibuat bisa langsung diekspor ke Youtube. Powtoon juga menyediakan video cara penggunaan dan pengetahuan dasar jika kita  membutuhkan bantuan dan dukungan untuk membuat animasi.

Referensi:

Waryanto, Nur Hadi. 2010. Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif. UNY: Jurusan Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Rachmat. 2010.Aplikasi Camtasia Studio untuk Media Pembelajaran Multimedia dan E. Learning.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong