Rangkuman Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 September 2019 19:58:44 Dibaca : 1019

Nama   : Sri Vanrovia Usman

NIM     : 431 416 031

Tugas   : Rangkuman Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

            Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah kemampuan untuk membaca dan menulis dengan cara menggunakan teknologi digital, alat komunikasi, dan atau jaringan untuk mendefinisikan (Define),mengakses(Access), Mengelola (Manage), mengintergrasikan (integrate), Mengevaluasi (evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan(communicate) Informsi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengatahuan.

Dari berbagai macam kemampuan literasi TIK, seseorang dikatakan matang dalam literasi TIK-nya memiliki beberapa tingkatan level mulai dari 0-5 yaitu:

a.       level 0, ketika seseorang tidak mengetahui dan tidak ingin tahu dengan namanya berbagai informasi dan teknologi dalam kehidupan seharinya.

b.      Level 1, ketika seseorang pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan komponen yang penting untuk mencapai dalam mencari informasi yang diinginkan ;

c.       Level 2, ketika seseorang yang berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-harinya

d.      Level 3, ketika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari

e.       Level 4, ketika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan

f.       Level 5, ketika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).

Elemen-elemen literasi informasi terdiri :

1.      Visual Liteacy didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut. Visual literacy terbagi menjadi 3 konstruksi, yaitu: (1) Pembelajaran visual (visual learning), (2) Pemikiran visual (visual thinking), (3) Komunikasi visual (visual communication).

2.      Media Literacy

adalah kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.

3.      Computer Literacy

Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.

4.      Digital Literacy

Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital. Perkembangan pesat teknologi informasi dewasa ini telah menghasilkan banyak temuan-temuan digital terbaru.

5.      Network Literacy

Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving). Untuk dapat menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring, misalnya internet, pengguna harus menguasai keahlian ini.

Model Pencarian Informasi dalam literasi informasi yaitu Starting (mulai), Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), dan Extracting (Mengambil Sari).

Literasi komputer memuat pengetahuan kemampuan untuk menggunakan program-program yang ada dikomputer komputer, teknologi, dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.

Literasi Digital yaitu pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital. Manfaat literasi digital dapat menghemat waktu karena bersifat cepat, belajar lebih cepat karena tanpa melalui proses yang manual lagi, menghemat uang, bikin nyaman dll. Dalam literasi digital, elemen pentingnya yaitu Social Networking, Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan, Maintaining Privacy, Managing Digital Identity, Creating Content, Organising and Sharing Content, Reusing/repurposing Content Filtering and Selecting Content, dan self Broadcasting