PENGGUNAAN APLIKASI VIDIO PEMBELAJARAN

18 October 2018 12:31:45 Dibaca : 14

Materi Tentang Video Pembelajran

1. Pengertian Video Pembelajaran
Menurut Cheppy Riyana (2007) media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran
2. Tujuan Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran
Ronal Anderson, (1987: 104) mengemukakan tentang beberapa tujuan dari pembelajaran menggunakan media video yaitu mencakup tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga tujuan ini dijelaskan sebagai berikut :
a. Tujuan Kognitif
Dapat mengembangkan kemampuan kognitif yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan kemampuan memberikan rangsangan berupa gerak dan sensasi.
b. Tujuan Afektif
Dengan menggunakan efek dan tekhnik, video dapat menjadi media yang sangat baik dalam mempengaruhi sikap dan emosi.
c. Tujuan Psikomotorik
Video merupakan media yang tepat untuk memperlihatkan contoh keterampilan yang menyangkut gerak. Dengan alat ini diperjelas baik dengan cara memperlambat ataupun mempercepat gerakan yang ditampilkan.
3. Manfaat Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran
Manfaat media video menurut Andi Prastowo (2012 : 302), antara lain :
a. memberikan pengalaman yang tak terduga kepada peserta didik,
b. memperlihatkan secara nyata sesuatu yang pada awalnya tidak mungkin
bisa dilihat,
c. menganalisis perubahan dalam periode waktu tertentu,
d. memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk merasakan suatu
keadaan tertentu, dan
e. menampilkan presentasi studi kasus tentang kehidupan sebenarnya yang
dapat memicu diskusi peserta didik.
4. Contoh Aplikasi Pembuatan Video
1. Camtasia
Camtasia Studio Software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio presentasi
2. Moovly
Moovly adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk pembuatan animasi video atau edit video. Aplikasi video ini memiliki 3 jenis pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda di setiap liberinya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini banyak yang di suguhkan oleh beberapa pilihan yang menampilkan obyek gambar.
www.betspub.com/macam-macam-aplikasi-edit-video-animas
3. Powtoon
Powtoon merupakan Aplikasi untuk membuat video Animasi secara sederhana namun bukan untuk sejenis filem, akan tetapi lebih kepada ‘mempresentasikan’ materi dengan cara yang lebih variatif, unik, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat imajinasi, daya komunikasi, substansi, kreasi, serta kontemplasi kalian. Dalam menggunakan aplikasi ini dapat memilih template berdasarkan yang kita inginkan.
Powtoon adalah sebuah Software, Aplikasi. Sesuai dengan namanya, terdapat kata “toon” yang memang berhubungan dengan KARTOON.
www.betspub.com/macam-macam-aplikasi-edit-video-animas

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong