TUGAS RANGKUMAN

24 September 2019 20:08:55 Dibaca : 15

NAMA                        : WIDIA RAHMA TANTI

NIM                            : 431 416 034

PRODI/KELAS         : PENDIDIKAN BIOLOGI

 

RANGKUMAN VIDEO PEMBELAJARAN

Dalam pembuatan video kita terlebih dahulu menyediakan naskah

1.      Penulisan Naskah

Dalam pembuatan story board ini meliputi penemuan ide,  menuliskan sinopsis, penulisan treatment dan penulisan skenario. Dalam penuisannya pula harus meliputi shooting script, stor board, script breakdown dan shooting schedule atau jadwal shooting. Storyboard visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek,games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan/desain (Waryanto, 2010).

            Berikut ini merupakan jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan video pembelajaran:

a.       Camtasia

Camtasia merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan videolangsung dari layar komputer dan mengedit video (Screen recording & video editingSoftware).

Navigasi (kontrol) utama dalam Camtasia. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah:

1.      Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada dekstop computer)

2.      Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sbeelumnya telah direkam pada dekstrop komputer)

3.      Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya

4.      Share berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga pooin di atas (Wijayanto, 2010).

b.      Moovly

Moovly menyediakan 3 pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda dan juga jenis gambar yang berbeda pada setiap librarynya. Gambar tersebut yang nantinya dapat menambahkan pada animasi yang ingin dibuat.

c.       Powtoon

Powtoon merupakanlayanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Powtoon masih dianggap asing oleh beberapa orang, karena aplikasi ini masih cukup baru dikalangan masyarakat. Popularitas Powtoon bisa menghasilkan animasi movie yang menakjubkan dibandingkan dengan video biasanya, Powtoon jauh lebih efisien dan efektif untuk membawa materi video yang lebih hidup (Jatiningtias, 2017)

.

REFERENSI

Jatiningtias, Niken Henu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial SMP Negeri 15 Semarang. UNNES

Waryanto, Nur Hadi. 2010. Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif. UNY: Jurusan Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Rachmat. 2010.Aplikasi Camtasia Studio untuk Media Pembelajaran Multimedia dan E. Learning.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong