TUGAS RANGKUMAN

24 September 2019 20:08:55 Dibaca : 15

NAMA                        : WIDIA RAHMA TANTI

NIM                            : 431 416 034

PRODI/KELAS         : PENDIDIKAN BIOLOGI

 

RANGKUMAN VIDEO PEMBELAJARAN

Dalam pembuatan video kita terlebih dahulu menyediakan naskah

1.      Penulisan Naskah

Dalam pembuatan story board ini meliputi penemuan ide,  menuliskan sinopsis, penulisan treatment dan penulisan skenario. Dalam penuisannya pula harus meliputi shooting script, stor board, script breakdown dan shooting schedule atau jadwal shooting. Storyboard visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek,games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan/desain (Waryanto, 2010).

            Berikut ini merupakan jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan video pembelajaran:

a.       Camtasia

Camtasia merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan videolangsung dari layar komputer dan mengedit video (Screen recording & video editingSoftware).

Navigasi (kontrol) utama dalam Camtasia. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah:

1.      Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada dekstop computer)

2.      Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sbeelumnya telah direkam pada dekstrop komputer)

3.      Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya

4.      Share berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga pooin di atas (Wijayanto, 2010).

b.      Moovly

Moovly menyediakan 3 pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda dan juga jenis gambar yang berbeda pada setiap librarynya. Gambar tersebut yang nantinya dapat menambahkan pada animasi yang ingin dibuat.

c.       Powtoon

Powtoon merupakanlayanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Powtoon masih dianggap asing oleh beberapa orang, karena aplikasi ini masih cukup baru dikalangan masyarakat. Popularitas Powtoon bisa menghasilkan animasi movie yang menakjubkan dibandingkan dengan video biasanya, Powtoon jauh lebih efisien dan efektif untuk membawa materi video yang lebih hidup (Jatiningtias, 2017)

.

REFERENSI

Jatiningtias, Niken Henu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial SMP Negeri 15 Semarang. UNNES

Waryanto, Nur Hadi. 2010. Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif. UNY: Jurusan Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Rachmat. 2010.Aplikasi Camtasia Studio untuk Media Pembelajaran Multimedia dan E. Learning.

 

rangkuman aplikasi MS Exel

16 September 2019 20:49:34 Dibaca : 5

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. adapun manfaat lain dari Microsoft excel, diantaranya : Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat berbagai macam grafik dan diagram, membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan, menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

Adapun Kekurangan Microsoft Excel yaitu Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis, Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU), Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Cara membuat grafik pada Microsoft excel:

1.      Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2.      Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3.      Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4.      Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

5.      Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

6.      Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan.

Adapun Kelebihan dan Kekurangan dari Microsoft Excel antara lain:

1.      kelebihan

Memiliki spreadsheet yang besar, bisa digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.Mendukung Visual Basic2.      Kekurangan Microsof Excel antara lain:

Memiliki akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik yang terbatas.Dan memiliki jumlah sel terbatas.

Rangkuman Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

31 August 2019 08:59:16 Dibaca : 14

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Literasi TIK sangat berkaitan dengan istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). Bunz (dikutip Indrajit, 2005: 38) menjelaskan kata ini kemudian berkembang dan sering dipadankan dengan “technology” sehingga dikenal istilah “technology literacy” yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan. Kesimpulan bahwa ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi. Terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis yaitu:

Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi. Tingkat Kematangan literasi TIK seseorang dapat digambarkan seperti demikian: (Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42) yaitu:

Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hariLevel 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinyaLevel 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannyaLevel 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari; Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi.Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasiA.  Elemen-Elemen Literasi

Adapun Elemen-Elemen Literasi Informasi  yaitu :

1)   Visual Literacy  didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut. Visual literacy terbagi menjadi 3 konstruksi, yaitu: Pembelajaran visual (visual learning), Pemikiran visual (visual thinking), Komunikasi visual (visual communication).

2)   Media Literacy adalah kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.

3)   Computer Literacy Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.

4)   Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital. Perkembangan pesat teknologi informasi dewasa ini telah menghasilkan banyak temuan-temuan digital terbaru.

5)   Network Literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving). Untuk dapat menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring, misalnya internet, pengguna harus menguasai keahlian ini.

Menurut Eisenberg (2004) orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:

1)   Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring

2)   Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola

3)   Dapat melakukan temu balik informasi tertentu dari jaringan dengan menggunakan serangkaian alat temu balik informasi

4)   Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain dan meningkatkan nilai informasinya untuk kepentingan tertentu

5)   Dapat menggunakan informasi berjejaring unutk menganalisa dan memecahkan masalah yang terkait dengan pengambilan keputusan, baik untuk kepentingan tugas dan maupun pribadi, serta menghasilkan layanan yang mampu meningkatkan kualitas hidup.

6)   Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah dan memperingan kegiatan dasar hidup.

B.  Model Pencarian Informasi

1)      Starting (Mulai), pencari informasi mulai melakukan pencarian atau pengenalan awal terhadap rujukan. Seringkali informasi yang ditemukan pada tahap ini merupakan cikal bakal yang akan ditambahkan atau dikembangkan pada tahap selanjutnya

2)      Chaining (Menghubungkan), mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada. Mencari rujukan berdasarkan subjek, nama pengarang dan rujukan inti.

3)      Browsing (Menjelajah), tahapan yang ditandai dengan kegiatan pencarian informasi dengan cara penelusuran semi langsung atau terstruktur

4)      Differentiating (Pembedaan), merupakan kegiatan membedakan sumber informasi untuk menyaring informasi berdasarkan sifat dan kualitas rujukan

5)      Monitoring (Memantau), mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cara memberi perhatian yang lebih serius terhadap sumber-sumber tertentu.

6)      Extracting (Mengambil Sari), pencarian informasi lebih bersifat sistematis, kegiatan ini diperlukan pada saat pencari informasi membuat  suatu tinjauan literatur atau laporan.

7)      Literasi Komputer Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.

C.  Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Literasi digital adalah pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital. Literasi digital juga di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.

Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat. Adapun Manfaat Literasi Digital :

1)   Menghemat waktu

2)   Belajar lebih cepat

3)   Menghemat uang

4)   Membuat lebih aman

5)   Selalu memperoleh informasi terkini

6)   Selalu terhubung

7)   Membuat keputusan yang lebih baik

8)   Dapat membuat anda bekerja

9)   Membuat lebih bahagia

10)    Mempengaruhi dunia

Adapun Elemen Penting Literasi Digital

1)      Social Networking Kehadiran situs jejaring sosial adalah salah satu contoh yang ada dalam social networking atau kehidupan sosial online. Kini tiap individu yang terlibat dalam kehidupan sosial online akan selalu dihadapkan adanya layanan tersebut.

2)      Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda khususnya untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hingga mengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagai layanan online yang tersedia.

3)      Maintaining Privacy, atau menjaga privasi dalam dunia online.

4)      Managing Digital Identity, berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya.

5)      Creating Content, atau berkaitan dengan suatu ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online dan platform.

6)      Organising and Sharing Content, adalah mengatur dan berbagi konten informasi agar lebih mudah tersebarkan.

7)      Reusing/repurposing Content, mampu bagaimana membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.

8)      Filtering and Selecting Content, kemampuan mencari, menyaring dan memilih informasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

9)      Self Broadcasting, bertujuan untuk membagikan ide-ide menarik atau gagasan pribadi dan konten multimedia.

10)  Literasi Internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital.

 

conto

24 August 2016 13:17:17 Dibaca : 0

17-07-2014 11:44:43 oleh Arbyn Dungga
Info delay konfirmasi pembayaran SPP Mahasiswa

Bila ada kendala masalah status aktif Mahasiswa setelah melakukan pembayaran di Bank. Mohon dapat memeriksa Slip Pembayaran Mahasiswa. Cek di Slip Pembayaran Kalau ada keterangan di bagian bawah slip " TRANSAKSI ANDA SEDANG DI PROSES" berarti transaksi pembayarannya masih dellay dari Bank BRI ke Sistem SIAT sehingga perlu menunggu dikirimkannya kembali data transaksi setiap waktu tutup buku dari bank BRI pusat atau sesuai dengan jadwal pengiriman kembali transaksi tertunda da Selengkapnya...
19-10-2011 12:03:16 oleh Edi Johan Syah Djula
Login dan Password Email
Kepada Mahasiswa UNG

Untuk mengakses email di alamat http://webmail.mahasiswa.ung.ac.id
Untuk Username dapat dilihat pada biodata yang ada di SIAT UNG/KRS Online, dan password awal yang digunakan adalah [ NIM ]

Untuk pendaftaran Email Mahasiswa dapat menghubungi Divisi Sistem Informasi PUSTIKOM

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

contoh

24 August 2016 13:15:36 Dibaca : 6

17-07-2014 11:44:43 oleh Arbyn Dungga
Info delay konfirmasi pembayaran SPP Mahasiswa

Bila ada kendala masalah status aktif Mahasiswa setelah melakukan pembayaran di Bank. Mohon dapat memeriksa Slip Pembayaran Mahasiswa. Cek di Slip Pembayaran Kalau ada keterangan di bagian bawah slip " TRANSAKSI ANDA SEDANG DI PROSES" berarti transaksi pembayarannya masih dellay dari Bank BRI ke Sistem SIAT sehingga perlu menunggu dikirimkannya kembali data transaksi setiap waktu tutup buku dari bank BRI pusat atau sesuai dengan jadwal pengiriman kembali transaksi tertunda da Selengkapnya...
19-10-2011 12:03:16 oleh Edi Johan Syah Djula
Login dan Password Email
Kepada Mahasiswa UNG

Untuk mengakses email di alamat http://webmail.mahasiswa.ung.ac.id
Untuk Username dapat dilihat pada biodata yang ada di SIAT UNG/KRS Online, dan password awal yang digunakan adalah [ NIM ]

Untuk pendaftaran Email Mahasiswa dapat menghubungi Divisi Sistem Informasi PUSTIKOM

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong