Trend Penelitian Pada Prodi Pendidikan Biologi

21 March 2017 23:27:45 Dibaca : 13

Pengantar Pendidikan Biologi

Tema : Kedudukan dan Struktur Ilmu Pendidikan Biologi

Judul : Trend Penelitian Pada Prodi Pendidikan Biologi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Penelitian memiliki arti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip ilmu.

Biologi sangat erat kaitannya dengan kata penelitian, karena semua yang dibahas dalam ilmu biologi itu harus dibuktikan dengan adanya suatu penelitian. Penelitian itu sendiri tidak hanya mengacu pada sebuah ruangan laboratorium tertutup, karena penelitian bisa juga dilakukan pada laboratoium terbuka.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Laboratorium terbagi atas 2 yaitu laboratorium tertutup dan laboratorium terbuka. Laboratorium itu sendiri memiliki arti tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan, atau bisa saja laboratorium dikatakan sebagai tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya.

Kembali ke topik masalah yaitu trend penelitian. Penelitian yang baik biasanya adalah penelitian yang belum diketahui jawabannya. Penelitian pendidikan biologi diupayakan yang bermanfaat bagi kehidupan. Penelitian pendidikan biologi tidak hanya membahas tentang sebuah teori maupun hipotesis, akan tetapi bisa saja mengangkat kearifan-kearifan lokal dari sekelompok-kelompok budaya tertentu.

Fungsi dari sebuah penelitian bukan hanya sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah, namun dalam trend atau perkembangannya yang sekarang, penelitian telah berkembang menjadi sebagai bahan pengajaran. Maksud dari penelitian sebagai bahan pengajaran adalah penelitian menekankan pada penguasaan konsep dengan cara yang benar sehingga bermakna untuk bekal mempelajari konsep-konsep lain secara lebih tajam lagi. Dalam ilmu biologi sendiri sebuah penelitian perlu bahkan wajib dimuati unsur-unsur pembentukan karakter melalui pengembangan sikap ilmiah. Seperti : sikap ingin tahu, sikap mendahulukan bukti, sikap terbuka terhadap gagasan baru, sikap berpikir kritis dan sikap peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan.

Selain sebagai pengajaran, penelitian juga berfungsi sebagai wadah untuk pengembangan berpikir. Maksud dari penelitian pendidikan biologi berfungsi sebagai pengembangan berpikir adalah biologi memiliki ciri-ciri khas dalam berpikir. Contohnya dalam menganalisa fisiologi makhluk hidup kita harus dituntut untuk mengembangkan berpikir kritis, sedangkan dalam taksonomi makhluk hidup kita harus berpikir secara logis.

Itulah trend atau perkembangan penelitian pada prodi pendidikan biologi yang saya ketahui. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf karena saya sendiri masih dalam tahap pembelajaran.