kesimpulan hasil diskusi aplikasi Microsoft Excel

11 September 2019 21:09:27 Dibaca : 0

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: Pendidikan Biologi

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Dari hasil diskusi dapat disimpulkan:

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data.

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain: Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

String adalah fungsi dalam Microsoft excel yang berfungsi untuk di gunakan dalam mengambil karakter sebanyak n pada posisi tertentu. Fungsi string sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu fungsi left, fungsi right dan fungsi mid.

Kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel yaitu, Kelebihan: (1) Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. (2) Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. (3) Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. (4) Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan: (1) Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis. (2) Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU). (3) Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Langkah-langkah dalam menggunakan Microsoft Excel, yaitu:

1. Aktifkan komputer terlebih dahulu

2. Klik tombol Start pada taskbar

3. Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office

4. Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Langkah- langkah membuat grafik dalam Microsoft Excel

1) Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2) Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3) Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4) Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

5)  Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

6)  Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong