ARSIP BULANAN : September 2019

rangkuman Vidio pembelajaran

24 September 2019 18:50:50 Dibaca : 871

NAMA                        : Yuniarty R. Bulowe

NIM                            : 431 416 039

PRODI/KELAS         : PENDIDIKAN BIOLOGI

RANGKUMAN VIDEO PEMBELAJARAN

            Dalam pembuatan video kita terlebih dahulu menyediakan naskah

1.      Penulisan Naskah

Dalam pembuatan story board ini meliputi penemuan ide,  menuliskan sinopsis, penulisan treatment dan penulisan skenario. Dalam penuisannya pula harus meliputi shooting script, stor board, script breakdown dan shooting schedule atau jadwal shooting. Storyboard visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek,games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan/desain (Waryanto, 2010).

            Berikut ini merupakan jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan video pembelajaran:

a.       Camtasia

Camtasia merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan video langsung dari layar komputer dan mengedit video (Screen recording & video editing Software).

Navigasi (kontrol) utama dalam Camtasia. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah:

1.      Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada dekstop computer)

2.      Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sbeelumnya telah direkam pada dekstrop komputer)

3.      Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya

4.      Share berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga pooin di atas (Wijayanto, 2010).

 

b.      Moovly

Moovly menyediakan 3 pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda dan juga jenis gambar yang berbeda pada setiap librarynya. Gambar tersebut yang nantinya dapat menambahkan pada animasi yang ingin dibuat.

c.       Powtoon

Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Powtoon masih dianggap asing oleh beberapa orang, karena aplikasi ini masih cukup baru dikalangan masyarakat. Popularitas Powtoon bisa menghasilkan animasi movie yang menakjubkan dibandingkan dengan video biasanya, Powtoon jauh lebih efisien dan efektif untuk membawa materi video yang lebih hidup (Jatiningtias, 2017)

.

REFERENSI

Jatiningtias, Niken Henu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial SMP Negeri 15 Semarang. UNNES

Waryanto, Nur Hadi. 2010. Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif. UNY: Jurusan Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Rachmat. 2010.Aplikasi Camtasia Studio untuk Media Pembelajaran Multimedia dan E. Learning.

 

kesimpulan hasil diskusi aplikasi Microsoft Excel

11 September 2019 21:09:27 Dibaca : 15476

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: Pendidikan Biologi

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Dari hasil diskusi dapat disimpulkan:

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data.

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain: Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

String adalah fungsi dalam Microsoft excel yang berfungsi untuk di gunakan dalam mengambil karakter sebanyak n pada posisi tertentu. Fungsi string sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu fungsi left, fungsi right dan fungsi mid.

Kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel yaitu, Kelebihan: (1) Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. (2) Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. (3) Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. (4) Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan: (1) Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis. (2) Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU). (3) Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Langkah-langkah dalam menggunakan Microsoft Excel, yaitu:

1. Aktifkan komputer terlebih dahulu

2. Klik tombol Start pada taskbar

3. Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office

4. Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Langkah- langkah membuat grafik dalam Microsoft Excel

1) Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2) Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3) Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4) Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

5)  Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

6)  Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: 431416039

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Berdasarkan hasil diskusi dapat disimpulkan:

Mendeley didirikan pada bulan November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 Jerman. Versi pertamanya yang masih dalam tahap ujicoba diperkenalkan ke publik pada bulan Januari 2009 (Williams, 2012). Tim yang mengerjakan proyek Mendeley ini terdiri dari peneliti, alumni, dan software developers dari berbagai institusi akademik. Inverstor perusahaan terdiri dari mantan executive chairman Last.fm dan mantan founding engineers Skype serta akademisi dari peguruan tinggi ternama di Inggris, Cambridge University (Reller & Bonasio, 2013). Mendeley telah memenangkan sejumlah penghargaan. Dua di antaranya adalah penghargaan dari The Europas Shortlist: Best Social Innovation (which benefits society, EMEA) (Butcher, 2009). The Guardian memberikan penghargaan kepada Mendeley sebagai peringkat 6 dalam kategori "Top 100 tech media companies"(Guardian News and Media, 2009).

Langka langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley:

1.  Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.  Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.  Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.  Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.  Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

            Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya pada link beriku : https://youtu.be/b4tr5mMYrsk

Pengaplikasian Microsoft Word dan mendeley kepada anak didik bangsa Dapat memudahkan anak bangsa yaitu Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, Menghemat waktu, Menghemat kertas dan biaya. Hadirnya Microsoft Word menggantikan mesin ketik yang sudah kuno. Dengan microsoft word, kita bisa membuat dokumen dengan mudah. Kita bisa menyimpannya lalu mencetaknya kapan saja. Cara mengoperasikannya juga mudah, bagi pemula sekalipun. Sedangkan mendeley itu sangat membantu dalam menentukan daftar pustaka yang akan kita ambil sebagai rujukan kita untuk menyusun proposal dan skripsi dan dapat menghindari namanya plagiat. Pembelajaran melalui aplikasi Microsoft Word dan mendeley sangat efektif untuk di implementasikan karena sangat membentu dan mempermudah bagi anak-anak bangsa

Fungsi mendeley Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah. Manfaat mendeley yaitu dapat langsung menghubungkan kita dengan website, jadi jika kita mempunyai akun mendeley dapat di sinkronkan langsung dengan data-data dan file-file yang ada di laptop/computer kita, sehingga dapat di akses kapan pun kita membutuhkannya dan di mana pun kita berada asal ada jaringan internetnya. Setiap karya tulis ilmiah yang kita upload ke dalam program mendeley akan terurut secara otomatis baik penulis judul tahun dan penerbit sehingga dalam membuat daftar pustaka penulis tidak harus mengurutkannya lagi.

Kelebihan: Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kamu masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka. Kekurangan: (a) Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer. (b) Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.

 

 

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 September 2019 19:51:40 Dibaca : 962

 

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: 431416039

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Banyak cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya (dekat, mudah, murah, senang, lanjut). Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu: Access (akses), Manage (mengelola), Integrate (meng-integrasikan), Evaluate (meng-evaluasi), reate (menciptakan).

1. Tingkat Kematangan literasi TIK

Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian: (Sumber: Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42)

·         Level 0 yaitu jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.

·         Level 1 yaitu jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah .

·         Level 2 yaitu jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya.

·         Level 3 yaitu jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya

·         Level 4 yaitu jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi.

·         Level 5 yaitu jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari.

2. Literasi Informasi

a. Elemen-Elemen Literasi Informasi terdiri atas: Visual Literacy, Media Literacy, Computer Literacy, Digital Literacy, Network Literacy.

b. Model Pencarian Informasi terdiri atas: Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), owsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), Extracting (Mengambil Sari).

3. Literasi Komputer

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.

4. Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.

4. Literasi Internet

Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi.

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong