ETITUT

05 April 2013 09:34:26 Dibaca : 1579

Pak Fadly Ahmad (Dosen Faperta)

_ETITUT_

Refleksi dan Tindakan.

- Perbedaan antara Negara berkembang (miskin) dengan Negara maju (kaya) tidak tergantung pada

- Disisi lain -Singapura, Kanada, Australia dan New Zealand- Negara yg umurx kurang dr 150 thn dlm membangun, tp bisa maju.

- Ketersediaan SDA dr suatu Negara, jg tdk menjamin Negara itu menjadi kaya atau miskin.

- Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya, 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan. Tetapi saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor 2 di dunia.

- Jepang mengimpor kayu jati dari Indonesia, dan kemudian di olah dan dikembalikan lagi ke Indonesia.

- Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai Negara pembuat coklat terbaik di dunia. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami. Swiss Negara yang paling aman di dunia. Satu-satunya Negara yang tidak mempunyai alat persenjataan di dunia. Tidak ada aparat keamanan, tapi banyak orang kaya (besar) yang menyimpan uangnya di bank Swiss. Bank Swiss, bank terpercaya di dunia.

- Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik di dunia. (Nestle adalah perusahaan makanan terbesar di dunia, terletak di Swiss)

- Para eksekutif dari Negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari Negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan.

Orang bijak> pandai dalam mengambil keputusan.

Orang bodoh> pemberani.

- Ras (warna kulit) juga bukan faktor penting.

- Para imigran yang malas di Negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang produktif di Negara-negara maju/kaya di Eropa.

LALU APA YANG MEMBEDAKANNYA……??????????

Perbedaannya adalah pada sikap/prilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.

“JANGAN PERNAH ANDA INGIN MENJADI SEPERTI ORANG LAIN….!!!!!!“

JANGAN PERNAH INGIN IKUT-IKUTAN DENGAN KARAKTER ORANG LAIN…!!

Prinsip dasar kehidupan:

Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari.Kejujuran dan integritas.Bertanggung jawab.Hormat pada aturan dan hukum masyarakat.Hormat pada hak orang/warga lain.Cinta pada pekerjaan.

(Ini adalah poin paling penting. Misalnya kita sbg mahasiswa, jadi kita harus mencintai pekerjaan kita sebagai mahasiswa.)

Berusaha keras untuk menabung & investasi.Mau bekerja keras.Tepat waktu.

DI NEGARA TERBELAKANG/MISKIN/BERKEMBANG, HANYA SEBAGIAN KECIL MASYARAKATNYA MEMATUHI PRINSIP DASAR KEHIDUPAN TERSEBUT.

KITA TERBELAKANG/LEMAH/MISKIN KARENA PRILAKU KITA YANG KURANG/TIDAK BAIK.

KITA KEKURANGAN KEMAUAN UNTUK MEMATUHI DAN MENGAJARKAN PRINSIP DASAR KEHIDUPAN YANG MEMUNGKINKAN MASYARAKAT KITA PANTAS MEMBANGUN MA