ARSIP BULANAN : August 2017

PENGANTAR GEOMORFOLOGI

30 August 2017 11:39:01 Dibaca : 70

Nama : Riyandi Moha
Kelas : B
Mata Kuliah : Geomorfologi Umum
Pengampu : INTAN NOVIANTARI MANYOE,S.si,M.T

1. Pengertian Geomorfologi
geomorfologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "geo" berarti bumi, "morphe" berarti bentuk, "logos" berarti uraian atau pembahasan. Geomorfologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang bentuk-bentuk bumi, khususnya bentuk-bentuk permukaan bumi dan bentuk pembentukannya.

2. Sejarah Geomorfologi

Sejarah geomorfologi terbagi atas dua macam yaitu :

• Geomorfologi kuno
Sejarah tentang geomorfologi sebagaimana juga dengan ilmu-ilmu yang lain, dimulai dengan munculnya ahli-ahli filsfat Yunani dan Itali. Sebegitu jauh, HERODOTUS (485 – 425 S.M.) yang dianggap sebagai “bapak sejarah” dikenal pula mempunyai pikiran-pikiran tentang geologi, termasuk juga tentang perubahan muka air laut, salah satu gejala geomorfologi yang ia perhatikan di Mesir.

• Geomorfologi Modern
JAMES HUTTON (1726 – 1797) dikenal sebagai “bapak geologi modern” yang menerangkan gejala-gejala geologi sebagai gejala-gejala alam yang dapat kita kenal sehari-hari, sangat bertentangan dengan teori katatrofisma yang menganggap bahwa kejadian geologi relatif mengambil waktu yang amat singkat.

3. Arti Penting Geomorfologi

Arti penting geomorfologi yaitu memberikan keuntungan bagi manusia, seperti pkerjaan jalan raya, jembatan, gedung - gedung, pembuatan peta dan lain lain.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong