ARSIP BULANAN : February 2013

Kekuatan Hati

18 February 2013 09:29:46 Dibaca : 118

Banyak orang sangat meyakini bahwa kekuatan pikiran positif dapat membawa manusia meraih kesuksesan dalam mencapai tujuannya. Memang, tidak diragukan lagi, kalau kekuatan pikiran positif ini dan membawa manusia pada kesuksesan dalam meraih tujuannya. Mereka yang dapat mengarahkan pikirannya selalu kearah positif, maka diyakini bahwa hasilnya adalah sesuatu kehidupan yang positif juga.

Meskipun demikian, kita sebagai manusia yang memiliki keyakikan keimanan kepada Allah, sebaiknya menyadari bahwa bukan hanya mengandalkan kekuatan otak semata, bukan hanya mengandalkan akal dan kekuatan pikiran semata. Karena sesungguhnya ada kekuatan lain yang lebih dahsyat dari kekuatan otak, akal dan pikiran. Kekuatan ini bukan hanya mengantarkan manusia meraih sukses namun juga mampu mengantarkan manusia pada kemuliaan hidup. Yakni kekuatan hati atau kekuatan hati yang positif, kekuatan hati yang jernih. Kekuatan hati ini memiliki kedahsyatan yang melebihi kekuatan pikiran manusia. Karena hati adalah rajanya, hatilah yang mengatur dan memerintahkan otak, pikiran dan panca indra manusia.

Tuhan melalui berbagai ajaran yang dibawa oleh para Nabi, maupun melalui kitab suci-NYA telah mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa mendengarkan suara hati nuraninya. Mengajarkan manusia untuk dapat memelihara kejernihan hatinya, sehingga sifat-sifat mulia yang tertanam dalam hati dapat memancar ke permukaan. Karena di dalam hati manusia sudah tertanam “ built in” percikan sifat-sifat “Illahiah” dari Allah Tuhan Sang Pencipta Kehidupan. Diantara sifat-sifat mulia Allah yang tertanam dalam hati manusia adalah sifat kepedulian, kesabaran, kebersamaan, cinta dan kasih sayang, bersyukur, ikhlas, damai, kebijaksanaan, semangat, dan lain sebagainya. Karena itu sesungguhnya kekuatan hati ini sangat “powerfull” untuk meraih kesuksesan dan kemuliaan dalam segala bidang kehidupan.

Di dalam hati tempatnya pusat ketenangan, kedamaian, kesehatan, dan kebahagiaan sejati yang hakiki. Bahkan hati merupakan cerminan dari diri dan hidup manusia secara keseluruhan. Di dalam hati terdapat sumber kesehatan fisik, kekuatan mental, kecerdasan emosional, serta penuntun bagi manusia dalam meraih kemajuan spiritualnya. Hati menjadi tempat di mana sifat-sifat mulia dari Allah swt Sang Pencipta Kehidupan bersemayam. Hati adalah tempat dimana semua yang hal yang terindah, hal yang terbaik, termurni, dan tersuci berada di dalamnya.

 

Dengan demikian, kekuatan hati ini sangat “powerfull” dan sangat dahsyat dalam membawa manusia meraih sukses dan kemuliaan dalam segala bidang kehidupan. Hati yang jernih akan melahirkan pikiran-pikiran yang jernih dan pada akhirnya melahirkan tindakan-tindakan mulia berdasarkan suara hati nurani. Kejernihan hati dapat menjadikan manusia menjadi mampu betindak bijaksana, memiliki semangat positif, cerdas dan berbagai sifat-sifat mulia lainnya. Dengan hati yang jernih, kita dapat berpikir jernih dan menjalani kehidupan dengan lebih produktif, lebih semangat, lebih efisien dan lebih efektif untuk meraih tujuan.

Hati adalah kunci hubungan manusia dengan Tuhannya. Karena Hati adalah tempat bersemayamnya Iman, dengannya kita bisa berkomunikasi dengan sang Khaliq. Hati juga menjadi kunci hubungan dengan sesama manusia. Hubungan yang dilandasi kejernihan hati dapat menjadikan hubungan yang lebih sehat, baik dan konstruktif dengan siapapun. Karena hubungan yang dilandasi kejernihan hati akan mengedepankan kasih sayang, kejujuran, kebersamaan dan saling menghormati. Hubungan dengan manusia akan terasa menyenangkan, menghadirkan kedamaian dan kebahagiaan. Dengan demikian akan semakin banyak orang lain yang akan memberikan dukungan bagi kesuksesan kita.

Dalam meraih kesuksesan sebaiknya jangan hanya mengandalkan kekuatan otak semata. Karena otak atau pikiran merupakan sesuatu yang terbatas dan bersifat sementara. Berusahalah menggunakan kekuatan hati nurani, menggunakan kekuatan kejernihan hati dengan seimbang. Gunakanlah kekuatan hati yang positif, karena dialah sesungguhnya diri sejati Anda. Hatilah tempat sifat mulia Allah swt Sang Pencipta bersemayam di dalam diri kita. Dengan senantiasa menggunakan kekuatan hati, mendengarkan suara hati, akan membawa manusia menjalani kehidupan dengan penuh kedamaian dan kebahagiaan. Kalau seseorang dapat merasakan kedamaian hati dan kebahagiaan hati, maka akan memiliki hidup yang penuh dengan Sukses dan kemuliaan.

 

 

 

 

 

 

http://google.com

Motivasi untuk Wanita

18 February 2013 09:24:23 Dibaca : 89

Menangis boleh, bahkan sangat boleh karena wanita juga manusia. Menangis merupakan bukti bahwa manusia berbeda dengan mahkluk yang lain.

Jangan cengeng, kalau ada masalah hadapi dan selesaikan dengan cara yang benar dan bertanggungjawab.

Jangan cengeng, karena semua wanita di dunia pasti memiliki masalah, hanya saja jenis dan bentuknya berbeda.

Jangan cengeng, semua masalah yang wanita hadapi pasti ada jalan keluarnya.

Jangan cengeng, lebih baik berdoa dan menenangkan diri daripada menyakiti diri sendiri dengan semua hal yang negative.

Jangan cengeng, karena wanita memiliki kekuatan yang luar biasa, kekuatan yang mungkin tidak ada dalam pikiran kita. Tapi kekuatan itu sangat natural dan lahir dari hati.

Jangan cengeng, semua wanita pernah membuat kesalahan dan gagal. Tetapi, kegagalan bukan segala-galanya.

 

 

 

 

 

http://google.com

Hubungan Kimia dengan Teknik Sipil

18 February 2013 09:05:27 Dibaca : 1798

Pada intinya segala sesuatu yang ada di dunia ini mengandung unsur kimia,
Coba kita bayangkan meja? meja terdiri dari kayu, kayu adalah unsur kimia yaitu Karbon (C). Plastik? Adalah polimer yang tersusun dari berbagain atom2 tertentu.. Besi? Besi adalah Ferrum (Fe)..

Apalagi yang tidak mengandung unsur kimia? Makanan yang kita makan pun ada unsur kimia nya, pewarna, pemanis buatan, pengawet, dsb..

Di dalam tubuh kita pun juga ada unsur kimia nya, asam lambung (HCl), air kencing (Ammonia, NH3)

Jadi semua ilmu pasti ada hubungannya dengan ilmu kimia.

Ilmu kimia dan teknik sipil

Misalnya :
1. Penggunaan zat kimia untuk mempercepat proses pengeringan beton.
2. Penggunaan bahan sintetik dalam dunia konstruksi, misalnya: lapisan waterproofing pada beton.
3. Kadar keasaman pada air akan mempengaruhi kwalitas dari beton.
4. Jenis, kualitas dan penggunaan cat pada kayu, beton ,besi.
5. Zat kimia untuk mengawetkan kayu.

 

http://google.com

 

Rusunawa

18 February 2013 09:03:22 Dibaca : 90

Hari ini adalah hari ke-empat Saya tinggal di Rusunawa Putri. Rusunawa adalah Rumah Susun yang di peruntukan khusus mahasiswa BidikMisi Putri. Ada sedih dan bahagia yang menyelimuti hati. Sedihnya karena Saya harus berpisah meninggalkan keluarga tercinta. Bahagia karena Saya berkenalan dengan teman-teman Bidik Misi lainnya yang berbeda jurusan. Tentunya dapat berbagi banyak pengalaman dan ilmu. Pengalaman dan ilmu yang akan bermanfaat bagi jurusan masing-masing. Apalagi teman-teman 1 kamar Saya ada bermacam-macam karakter. Ada yang pendiam,ada yang periang,ada juga yang biasa-biasa saja ,tidak pendiam,tidak juga periang. Jujur ,awalnya tidak mudah menyesuaikan dengan mereka teman-teman yang pendiam. Tapi, Saya tetap berusaha untuk nyaman dan membuat keadaan lebih menyenangkan. Di kamar Saya terdapat 1 buah tempat tidur,atas dan bawah. Selain itu,ada 1 buah meja dan kursi. Sayangnya,di kamar Kami tidak ada lemari jadi kamar kami kelihatan sedikit berantakan karena tas-tas pakaian yang berserakan di lantai.tapi,Saya tetap bersyukur akan semua keadaan ini. Bersyukur Allah masih menyelipkan bahagia dalam kalbu meski dengan hidup yang pas-pasan.

Sholat Shubuh

11 February 2013 11:11:09 Dibaca : 64

Ketika waktu menunjukan waktunya Sholat Shubuh,aku terbangun dari tidurku. Sebenarnya mata ini sangat berat untuk dibuka,pandanganku masih remang-remang. Namun,Aku terpikirkan akan fakta dari manfaat sholat shubuh bahwa Pada waktu pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang, serangan jantung akan menjadi cepat pada waktu-waktu tersebut. Pada saat itu terjadi peningkatan tegangan saraf simpatis, dan penurunan tegangan saraf parasimpatis.

Pada waktu pagi dini hari sekitar pukul 3 pagi sampai siang hari, secara perlahan dalam tubuh manusia terjadi peningkatan adrenalin menyebabkan tekanan darah meningkat. Selanjutnya terjadi peningkatan aktifitas agregasi tombrosit (sifat saling menempel pada sel tombrosit yang mengakibatkan darah membeku) walaupun kita tertidur. Penyempitan pembuluh darah berefek negatif bagi tubuh karena pengaruh lancar atau tidaknya aliran darah. Tubuh memerlukan suatu zat yang ada pada sel pembuluh darah untuk melebarkan kembali pembuluh darah. Zat tersebut bernama NO (Nitrik Oksida).

Saat kita bangun di pagi hari menjalankan sholat, tubuh akan aktif menaikkan kadar zat NO dalam tubuh. Gerakan-gerakan yang dibangun pada pagi hari membuat produksi zat NO naik lebih cepat sehingga mencegah darah membeku karena efek agregasi tombrosit berkurang. Setelah sholat tentunya kita melakukan hal lain, misal mengaji, menyiapkan sarapan, olahraga dan lainnya.

Mandi sebelum sholat subuh lebih sehat lagi. Karena tubuh cepat bangun dari rasa lemas mengantuk sehingga pikiran lebih cemerlang. Mandi sebelum sholat memiliki keuntungan berharga yaitu kita melaksanakan sholat subuh dengan keadaan tubuh segar dan pikiran jernih sehingga bisa menghadap Allah dengan percaya diri.

Bangun di pagi buta dan melakukan gerakan, maka dipastikan akan membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Semoga untuk keesokan harinya kita lebih giat bangun dini hari guna mengambil banyak-banyak manfaat kesehatan jasmani dan rohani.http://prasdelsehati.com