Defenisi Internet

03 September 2012 22:32:59 Dibaca : 70

 

    Jaringan Internet merupakan akronim atau istilah yang jelas sekali perbedaannya tapi pada prinsipnya sama, kenapa demikian? Yang dimaksud jaringan disini ialah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan peralatan tertentu sehingga dapat saling bertukar informasi dan menggunakan sarana/program secara bersama-sama, kita dapat menyebutnya dengan “Jaringan Lokal”. Sedangkan Internet adalah jaringan global yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan komputer termasuk jaringan-jaringan lokal tersebut. Komputer-komputer ini terhubung menjadi satu melalui saluran telepon. Sistem jaringan Internet ini terbentuk tak kurang dari 40 bahkan 50 juta komputer yang letaknya tersebar diseluruh benua termasuk Indonesia.
Dari sisi teknis Internet bisa didefenisikan sebagai rajanya jaringan (networks of networks). Dan dari sisi yang lain orang juga mengatakan bahwa jaringan Internet adalah jaringan tertua. Sedangkan dari segi pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan dengan segudang informasi-informasi lengkap, bahkan internet bisa didefenisikan sebagai shopping center terbesar didunia bagi orang yang suka berbelanja. Terlepas dari semua istilah/defenisi yang kita berikan terhadap Internet itu, hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dapat menjawab pertanyaan, apakah Internet itu….? Hal ini dikarenakan Internet berkembang sangat cepat dan mempunyai banyak defenisi, tergantung dari sudut pandangnya. Sebenarnya tidak Cuma komputer-komputer disuatu jaringan saja yang bisa terhubung ke Internet, bahkan komputer Anda dirumah juga bisa dihubungkan asal memiliki fasilitas-fasilitas yang diperlukan, misalnya modem, line telepon dan tentu saja software-software pendukung lainnya.

TEKNOLOGI INFORMASI

30 August 2012 13:53:56 Dibaca : 93

 

   

     Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT)adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat,mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasidan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, "cloud computing", sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain... TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program, dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas... TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputerdan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan...