Program IT in Rusunawa all about Sistem Operasi

11 November 2013 15:26:18 Dibaca : 401

Asslamalaikum warahmatullahi wabarakatu,

Jumpa lagi bersama saya, dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang pertemuan yang ada di asrama Rusunawa yakni pda waktu program IT.

- Saat itu dijelaskan apa itu informasi, informasi yaitu gabungan benda dan bahasa yang kemudian akan menghasilkan sebuah pengetahuan atau wawasan baru.

Kemudian dijelaskan mengenai kelebihan windows dan linux

A. Kelebihan Windows

-Pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor

- Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik

-Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows

-Mudah untuk digunakan karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows

-Bisa bermain game apapun

B.Kelebihan Linux

-Linux bersifat open source

-Lebih unggul dalam hal keamanan

-Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows

-Linux lebih stabil sehingga jarang crush atau nge-heng

-Ada bermacam-macam pilihan dan yang utama bebas virus

Kemudian kami diberiakan tugas dengan pertanyaan

1. Apa yang kalian ketahui tentang linux menurut pendapat masing-masing

2. Sebutkan distro windows

3. Sebutkan distro linux

4. Pengalaman memakai SO Window dan Linux

Jawabannya

1. Menurut saya Linux merupakan Sistem Operasi yang sangat bagus digunakan, selain open source, tampilannya juga sangat berbeda dibandingkan dengan Windows, jika di windows virus-virus dapat masuk dengan mudah nah berbeda dengan Linux, Linux sangat bebas dari virus. Selain itu juga Linux dapat dimodifikasi oleh siapa saja tanpa merubah dari aslinya.

2. Distro dari windows

- Windows versi 3.11

- Windows 95

- Windows 98

- Windows 2000

- Windows XP

- Windows Vista

- Windows 7

-Dan keluaran terbaru Windows 8

3. Distro dari Linux

Berikut merupakan daftar distribusi linux yang populer:

-Arch Linux, merupakan distribusi jenis rolling release yang ditargetkan pada pengguna Linux yang sudah berpengalaman, Arch Linux dikelola oleh komunitas.

-Debian, distribusi ini dikelola oleh sukarelawan di komunitas. Debian merupakan distribusi tua yang masih ada hingga saat ini dan banyak menghasilkan turunan berupa distribusi baru. Berikut ini merupakan contoh distribusi populer yang diturunkan dari Debian.Canaima , adalah sebuah proyek sosial-teknologi terbuka. Canaima dibangun dan dikembangkan di Venezuela berdasarkan Debian.

-Knoppix, distribusi pertama yang menggunakan Live CD untuk menjalankan sistem dari removable media tanpa harus melakukan instalasi ke hard disk.

-Linux Mint Debian Edition (LMDE), yang didasarkan langsung dari distribusi Debian.Ubuntu, merupakan distribusi yang paling populer yang berasal dari debian, dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd.Backtrack, distribusi yang dikembangkan oleh tim Offensive Security yang dibangun khusus untuk tujuan digital forensik dan uji keamanan.

-Linux Mint.Lubuntu.Xubuntu.Kubuntu.BlackBuntu, Varian Ubuntu khusus untuk Penetrasi jaringan, keamanan, digital forensic.

-BlankOn, merupakan distribusi yang dikembangkan di Indonesia. BlankOn menggunakan antarmuka desktop yang disebut Monokrawi dan tersedia dalam beberapa bahasa daerah lokal di Indonesia.

-Fedora, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Amerika, RedHat.Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang dikelola dan dikomersialkan oleh RedHat.CentOS, distribusi komunitas yang dibangun dari kode sumber yang sama oleh RedHat.Oracle Enterprise Linux, merupakan turunan dari Red Hat Enterprise Linux, dipelihara dan komersial didukung oleh Oracle.IGOS Nusantara, dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dibangun berdasarkan Red Hat Enterprise Linux.

-Mandriva, merupakan distribusi komersial turunan RedHat yang populer di beberapa negara Eropa dan Brazil. DistribusiMandriva dikelola oleh perusahaan Prancis dengan nama yang sama, Mandriva.Mageia, merupakan distribusi komunitas yang merupakan percabangan dari Mandriva pada tahun 2010.PCLinuxOS, turunan dari Mandriva yang mengkhususkan kepada penggunaan komputer desktop.

-Slackware, merupakan distribusi pertama yang lahir pada tahun 1993.OpenSUSE, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Jerman, SUSE.SUSE Linux Enterprise, dibangun berdasarkan OpenSUSE dan dikelola oleh perusahaan SUSE.

4. Pengalaman saya saat menggunakan SO Windows yaitu mudah digunakan jika mengerjakan sebuah tugas jika menggunakan aplikasi perkantoran, tidak sulit dipakai namun cepat terkena virus, jika sebuah flashdisk di pasang pada laptop kemudian flashnya berfirus maka akan dengan mudah laptop itu terjangkit virus. Berbeda dengan So Linux, pengalaman saya menggunkan Linux yaitu bebas virus, semua aplikasinya sudah ada dalam ISOnya, mudah digunakan namun kadang perintahnya sulit dimengerti, saat menggunakan SO Linux kemudian dahulu menggunkan Windows maka sebelum menggunakan Linux Datanya itu harus dihapus, dan itu pernah saya lakukan saat saya belajar di bangku SMK

Demikian yang bisa saya tuliskan, mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Wassala alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong