ARSIP BULANAN : November 2013

[PERTEMUAN 12-SISTEM OPERASI-KELAS A]

27 November 2013 18:58:16 Dibaca : 174

Asslamaalikum warahmatullahi wabrakatuhh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai distro Linux Mandriva dan Antergos

Pertama kelompok yang melakukan presentasi yaitu dari kelompok 5 mengenai distro Linux Antergos.

Antergos ( sebelumnya dikenal sebagai Cinnarch ) adalah distribusi Linux dari Galicia asal didasarkan pada sistem operasi Linux Arch .

Antergos mudah digunakan dan sangat dapat dikustomisasi
antergos juga adalah open source dan didasarkan pada cepat dan ringan Arch Linux
Antergos menggunakan Arch Linux repo resmi dan AUR (paket pengguna-diserahkan), bersama dengan repositori perangkat lunak sendiri
Seperti dengan sistem GNU / Linux lainnya, Antergos hampir bebas dari virus dan spyware

 

Setelah itu kelompok 3 menjelaskan tentang mandriva

Adapun Mandriva adalah sebuah sistem operasi terbuka (open source).

Mandriva Pertama kali dirilis berbasis Redhat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada 23 Juli 1998 Perubahan Nama Mandriva.Dari awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. Sedang versi 8.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama ‘Mandrake the Magician’. Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil, sehingga menjadi satu kata. Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux, demikian pula logonya.

Kelebihan dan Kekurangan Mandriva

Kelebihan :

1. Mudah digunakan untuk pengguna Linux yang newbie atau masih baru berkenalan dengan OpenSource.
2. Sudah ada Mandriva Control Centernya atau dalam windows dikenal dengan control panel
3. Deteksi Hadware yang lumayan memuaskan.
4. Distro Linux dengan tampilan Desktop yang user friendly.Serta paket-paket software RPM nya yang mudah didapat.

Kekurangan :

1. Kebutuhan sumber daya prosesor dan memori yang ‘rakus’ dibandingkan dengan distro lainnya misalnya Linux Slackware.

2. Jika di bandingin dengan ubuntu, paket aplikasi nya kalah banyak, karena mandriva/mandrake hanya memerlukan paket yang sudah terbukti di pakai oleh orang banyak.

3. Jika di bandingin soal desktop, pengguna ubuntu lebih banyak (sekarang ini) daripada mandriva, karena ubuntu sebelumnya memberikan cd ubuntu gratis ke orang lain. Di bandingkan dengan distro linux yang tidak memberi cd gratis.

4. Soal server, masih kalah dengan kakanya si Redhat/Fedora/Centos. Meskipun demikian, banyak juga yang menggunakan mandriva sebagai server, karena kemudahan settingnya.

5. Kalo rata-rata distro linux lainnya punya pakem sendiri-sendiri, mandriva tidak. mandriva lebih flexible, dalam artian, mandriva bias menerima paketan aplikasi dari distro lainnya.

Untuk cara menginstalnya kita bisa melihatnya di situs ini saja.

http://laraspu.blogspot.com/2012/09/cara-menginstall-mandriva-linux-2010.html

setelah penjelasan di atas kemudian di jelaskan tentang pengertin Swap.

Swap yaitu Ruang pada Hardisk yang dijadikan ruang virtual memory, yang digunakan ketika komputer membutuhkan lebih banyak memory dan space". Fungsinya Swap pada sistem operasi Linux ini adalah apabila memory utama pada komputer kita sudah hampir habis, resource tambahan diambilkan dari memory virtual (Swap) tersebut.

Untuk ukuran Swap pada komputer kita biasanya disesuaikan dengan memory utama kita. Ukuran Swap adalah 2 kali memory utama. Jadi, apabila pada komputer kita terdapat 512 MB maka disarankan membuat Swap 1 GB.

Demikian yang dapat saya simak saat kedua kelompok di atas melakukan presentasi

Lebih kurangnya saya mohon maaf

Wassalamalaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Assalam alaikum warahmatullahi wabarakatu

Selamat berjumpa kembali bersama saya, kali ini saya akan menuliskan mengenai pembahasan yang ada di Rusunawa untuk program IT, materi yang dijelaskan yaitu “INTERNET”.

Internet yaitu sekumpulan jaringan yang terhubung satu sama lain, yang sangat mendunia sampai saat ini...

Dalam internet ada yang dikenal dengan istilah Pop Up yaitu bahasa program yang dibuat oleh orang-orang jahat agar dapat mengakses password kita atau istilahnya mencuri akun kita.

Kita ketahui bersama kita sudah sangat sering menggunakan internet, istilahnya browsing. Baik kita browsing mencari tugas, sosial media misalnya chattingan atau hal lainnya. Terkadang saat browsing kita lupa atau bahkan mengabaikan bagaimana cara yang baik untuk melakukan browsing. Untuk menghindari hal-hal kejahatan seperi istilah Pop up maka saat melakukan browsing kita tidak lupa mengetikkan perintah https:// contohnya saat kita akan masuk ke akun facebook maka alamat yang kita ketikkan yaitu https://facebook.com .

Ada dua jenis kejahatan dalam internet

-Carding yaitu dapat memancing user untuk masuk kealamat yang kita inginkan tetapi dia seperti pengkopian atau tidak asli, misalnya kalau kita hanya mengetikkan facebook.com tanpa adanya https://

-Spofing yaitu kejahatan yang memancing user untuk masuk kelamat yang berbentuk gambar.

Kemudian di jelaskan bagaimana mengecek suatu internet itu apakah aktif digunakan atau tidak. Misalnya jika kita menegetikkan alamat dari suatu internet contohnya google, kita cukup masuk ke cmd (comand prompt) kita ketikkan perintah ping 8.8.8.8 maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

Tampilan diatas menunjukan bahwa internet itu aktif,

Jika muncul tampilan Request Time Out (RTO) maka berarti internet itu mengalami gangguan.

Saat itu juga dijelaskan bagaimana mengakses internet secara aman, kita cukup melihat panduannya di alamat http://www.insan.or.id/ di situ kita dapat melihat panduan menggunakan internet secara aman..

Demikian hasil tulisan saya saat menerima materi program IT di Rusunawa UNG

Wassalamalaikum warahamatullahi wabarakatuhh

[PERTEMUAN 11-SISTEM OPERASI-KELAS A]

17 November 2013 15:07:02 Dibaca : 123

Assalamalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kembali lagi pada tugas sebelumnya untuk melakukan postingan setiap kali pertemuan mata kuliah Sistem Operasi,,,, kali ini saya akan membahas pada pertemuan yang ke 11 setelah sebalumnya kami UTS pada mata kuliah tersebut,

Langsung saja pertemuan saat itu di bahas mengenai “KONSEP DISTRIBUSI, PEMAKETAN DAN REPOSITORY DI LINUX”

-Linux merupakan sebah inti sistem operasi yang di kembangkan berbasis UNIX yang kemudian dikembangkan oleh Linus Torvals.

Linux pertama kali dikembangkan dengan 3 varian utama.

Time Line distro Linux

 

-Sistem pemaketan

Pada awalnya aplikasi (source code ) dilinux belum berbentuk sebuah package, untuk itu kita perlu melakukan build terlebih dahulu sebelum di compile dan dapt digunakan.

-Pada Linux kodenya open source namun aplikasinya belum di compile

-Di linux juga ada istilah bug yaitu kesalahan alur logika pemrograman yang kemudian itu diperbaiki

-Berbeda dengan windows itu haram menyertakan aplikasi compilenya, Sehingga kodenya itu tidak ada.

 

-Alur sistem Pemaketan di Linux

Awalnya Source Codenya di build, kemudian dilakukan pre build code dan terakhir di Package.

-Manajemen Paket tujuannya mempermudah kita dalam memanage sebuah paket aplikasi yang masih berbentuk code sehingga tidak perlu melakukan build dan compile sebuah software secara menual.

 

-Sistem Pemaketn (Package Manager)

Terdiri dari

1. RPM (Redhat Package Manager)

2. DPKG (Debian Package Manager)

3. OPKG (Open WRT Package Manager), dll

 

-RPM yaitu paket manager yang disediakan untuk mengatur paket berbasi Redhat. Pada RPM ada yang disebut dengan YUM yaitu pusat pengelolaan paket dan update termasuk menajemen dependensi (ketergantungan) dari sistem RPM, YUM menggunakan cara yang sama dengan APT (Advance Packaging Tool)

-YUM dan APT mempermudah kita untuk menginstall, menghapus dan mengupgrade sebuah aplikasai yang di inginkan

 

-Repository yaitu media penyimpanan paket aplikasi, library, maupun source code yang dibutuhkan oleh linux berbentuk server (internet/intranet) atau CD/DVD Repository

Demikian yang dapat saya tulis mhon maaf apabila ada kesalahan

Wasslam aliakum warahmatullahi wabarakatu

About UNIX

17 November 2013 13:38:50 Dibaca : 140

Assalamalaikum warahmetullahi wabrakwtuh

Kali ini saya akan membahas tentang “UNIX”

Unix itu awalnya adalah sebuah sistem operasi open source yang ditulis dalam bahasa assembly yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan peralatan komputer, Unix juga merupakan bagian dari kernel yang kemudian dilambangkan dengan code (bahasa pemrograman) yang memungkinkan codenya untuk dilihat, dimodifikasi dan didistribusikan kembali.

Arsitektur UNIX

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Unix juga merupakan bagian dari kernel, sedangkan kernel merupakan inti dari sistem operasi yang memungkinkan peralatan komputer (hardware) dapat berkomunikasi secara aman, kernel juga mengatur pembatasab waktunya.

Nah beginilah arsitektur dari UNIX

-hardware merupakan perangkat keras yang menyedikan tempat untuk program aplikasi, utility program, shell maupun compailers

-Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

-unix kernel merupkan inti dari sebuah sistem operasi yang didalamnya itu dapat mengatur sebuah hardware maupun software.

-kernel interface merupakan penghubung kernel yang terdiri dari unix kernel yang didalmmya terdapat sebuah perangkat keras atau hardware.

Seperti halnya Sistem operasi lainnya, UNIX merupakan bagian dari kernel, jadi cara kerjanya pun sama, namun jika pada UNIX awalnya menggunakan bahasa pemrograman tapi codenya itu dapat terlihat dan dimodifikasi kembali, kemudian dilakukan pemaketan, alur pemaketannya dari code yang terlihat kemudian di build, prebuild code, terakhir di package yang kemudian lahirlah sebuah sistem operasi yang sampai saat ini kita kenal dengan LINUX..

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inilah pengetahuan yang saya dapatkan semoga dapat bermanfaat, lebih kurangnya mohon dimaafkan.

Wassalamalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Program IT in Rusunawa all about Sistem Operasi

11 November 2013 15:26:18 Dibaca : 205

Asslamalaikum warahmatullahi wabarakatu,

Jumpa lagi bersama saya, dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang pertemuan yang ada di asrama Rusunawa yakni pda waktu program IT.

- Saat itu dijelaskan apa itu informasi, informasi yaitu gabungan benda dan bahasa yang kemudian akan menghasilkan sebuah pengetahuan atau wawasan baru.

Kemudian dijelaskan mengenai kelebihan windows dan linux

A. Kelebihan Windows

-Pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor

- Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik

-Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows

-Mudah untuk digunakan karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows

-Bisa bermain game apapun

B.Kelebihan Linux

-Linux bersifat open source

-Lebih unggul dalam hal keamanan

-Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows

-Linux lebih stabil sehingga jarang crush atau nge-heng

-Ada bermacam-macam pilihan dan yang utama bebas virus

Kemudian kami diberiakan tugas dengan pertanyaan

1. Apa yang kalian ketahui tentang linux menurut pendapat masing-masing

2. Sebutkan distro windows

3. Sebutkan distro linux

4. Pengalaman memakai SO Window dan Linux

Jawabannya

1. Menurut saya Linux merupakan Sistem Operasi yang sangat bagus digunakan, selain open source, tampilannya juga sangat berbeda dibandingkan dengan Windows, jika di windows virus-virus dapat masuk dengan mudah nah berbeda dengan Linux, Linux sangat bebas dari virus. Selain itu juga Linux dapat dimodifikasi oleh siapa saja tanpa merubah dari aslinya.

2. Distro dari windows

- Windows versi 3.11

- Windows 95

- Windows 98

- Windows 2000

- Windows XP

- Windows Vista

- Windows 7

-Dan keluaran terbaru Windows 8

3. Distro dari Linux

Berikut merupakan daftar distribusi linux yang populer:

-Arch Linux, merupakan distribusi jenis rolling release yang ditargetkan pada pengguna Linux yang sudah berpengalaman, Arch Linux dikelola oleh komunitas.

-Debian, distribusi ini dikelola oleh sukarelawan di komunitas. Debian merupakan distribusi tua yang masih ada hingga saat ini dan banyak menghasilkan turunan berupa distribusi baru. Berikut ini merupakan contoh distribusi populer yang diturunkan dari Debian.Canaima , adalah sebuah proyek sosial-teknologi terbuka. Canaima dibangun dan dikembangkan di Venezuela berdasarkan Debian.

-Knoppix, distribusi pertama yang menggunakan Live CD untuk menjalankan sistem dari removable media tanpa harus melakukan instalasi ke hard disk.

-Linux Mint Debian Edition (LMDE), yang didasarkan langsung dari distribusi Debian.Ubuntu, merupakan distribusi yang paling populer yang berasal dari debian, dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd.Backtrack, distribusi yang dikembangkan oleh tim Offensive Security yang dibangun khusus untuk tujuan digital forensik dan uji keamanan.

-Linux Mint.Lubuntu.Xubuntu.Kubuntu.BlackBuntu, Varian Ubuntu khusus untuk Penetrasi jaringan, keamanan, digital forensic.

-BlankOn, merupakan distribusi yang dikembangkan di Indonesia. BlankOn menggunakan antarmuka desktop yang disebut Monokrawi dan tersedia dalam beberapa bahasa daerah lokal di Indonesia.

-Fedora, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Amerika, RedHat.Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang dikelola dan dikomersialkan oleh RedHat.CentOS, distribusi komunitas yang dibangun dari kode sumber yang sama oleh RedHat.Oracle Enterprise Linux, merupakan turunan dari Red Hat Enterprise Linux, dipelihara dan komersial didukung oleh Oracle.IGOS Nusantara, dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dibangun berdasarkan Red Hat Enterprise Linux.

-Mandriva, merupakan distribusi komersial turunan RedHat yang populer di beberapa negara Eropa dan Brazil. DistribusiMandriva dikelola oleh perusahaan Prancis dengan nama yang sama, Mandriva.Mageia, merupakan distribusi komunitas yang merupakan percabangan dari Mandriva pada tahun 2010.PCLinuxOS, turunan dari Mandriva yang mengkhususkan kepada penggunaan komputer desktop.

-Slackware, merupakan distribusi pertama yang lahir pada tahun 1993.OpenSUSE, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Jerman, SUSE.SUSE Linux Enterprise, dibangun berdasarkan OpenSUSE dan dikelola oleh perusahaan SUSE.

4. Pengalaman saya saat menggunakan SO Windows yaitu mudah digunakan jika mengerjakan sebuah tugas jika menggunakan aplikasi perkantoran, tidak sulit dipakai namun cepat terkena virus, jika sebuah flashdisk di pasang pada laptop kemudian flashnya berfirus maka akan dengan mudah laptop itu terjangkit virus. Berbeda dengan So Linux, pengalaman saya menggunkan Linux yaitu bebas virus, semua aplikasinya sudah ada dalam ISOnya, mudah digunakan namun kadang perintahnya sulit dimengerti, saat menggunakan SO Linux kemudian dahulu menggunkan Windows maka sebelum menggunakan Linux Datanya itu harus dihapus, dan itu pernah saya lakukan saat saya belajar di bangku SMK

Demikian yang bisa saya tuliskan, mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Wassala alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong