About UNIX

17 November 2013 13:38:50 Dibaca : 138

Assalamalaikum warahmetullahi wabrakwtuh

Kali ini saya akan membahas tentang “UNIX”

Unix itu awalnya adalah sebuah sistem operasi open source yang ditulis dalam bahasa assembly yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan peralatan komputer, Unix juga merupakan bagian dari kernel yang kemudian dilambangkan dengan code (bahasa pemrograman) yang memungkinkan codenya untuk dilihat, dimodifikasi dan didistribusikan kembali.

Arsitektur UNIX

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Unix juga merupakan bagian dari kernel, sedangkan kernel merupakan inti dari sistem operasi yang memungkinkan peralatan komputer (hardware) dapat berkomunikasi secara aman, kernel juga mengatur pembatasab waktunya.

Nah beginilah arsitektur dari UNIX

-hardware merupakan perangkat keras yang menyedikan tempat untuk program aplikasi, utility program, shell maupun compailers

-Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

-unix kernel merupkan inti dari sebuah sistem operasi yang didalamnya itu dapat mengatur sebuah hardware maupun software.

-kernel interface merupakan penghubung kernel yang terdiri dari unix kernel yang didalmmya terdapat sebuah perangkat keras atau hardware.

Seperti halnya Sistem operasi lainnya, UNIX merupakan bagian dari kernel, jadi cara kerjanya pun sama, namun jika pada UNIX awalnya menggunakan bahasa pemrograman tapi codenya itu dapat terlihat dan dimodifikasi kembali, kemudian dilakukan pemaketan, alur pemaketannya dari code yang terlihat kemudian di build, prebuild code, terakhir di package yang kemudian lahirlah sebuah sistem operasi yang sampai saat ini kita kenal dengan LINUX..

Demikian yang dapat saya sampaikan, dan inilah pengetahuan yang saya dapatkan semoga dapat bermanfaat, lebih kurangnya mohon dimaafkan.

Wassalamalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong