English Morning

24 July 2014 07:30:16 Dibaca : 172

Cara mengumumkan informasi dalam bahasa inggris. Baik informasi mengenai kedatangan tamu,waktu shalat dan lain sebagainya. Kami di rusunawa sudah mulai belajar berbahasa inggris.

IT program

24 July 2014 07:25:18 Dibaca : 123

Penjelasan mengenai IT

IT atau information technology yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan teknologi informasi memang sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Apalagi di era serba komputer saat ini. Bagi masyarakat awam, segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer pasti dikaitkan dengan IT. dunia IT tiba - tiba menjadi bidang yang menarik untuk digeluti akhir - akhir ini karena terbukti bidang IT telam mampu membuka peluang kerja bagi banyak orang. Selain itu, bekerja di bidang IT juga telah menjadi favorit bagi banyak orang karena dinilai lebih keren dan bergengsi.

Pengertian IT

Menurut Y. MARYONO & B. PATMI ISTIANA; 2005
    IT adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi. IT juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat untuk memproses, menyajikan, serta mengelola data dan informasi dengan berbasis pada peralatan komunikasi.

Menurut THE ADVISORY COUNCIL FOR APLIED RESERACH AND DEVELOPMENT
      IT adalah suatu disiplin ilmu sains, teknologi dan perekayasaan (engineering), serta teknik - teknik manajemen yang digunakan dalam menangani dan memroses informasi, aplikasi komputer dan interaksinya dengan manusia, serta asosiasinya dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya

Apa saja

28 June 2014 21:51:35 Dibaca : 106

Banyak hal-hal yang menyenangkan saat di rusunawa sebab banyak teman. Belum lagi tidak ada kebisingan. Baru pertama merasakan.

Review LINUX ARCHI.

10 January 2014 05:06:28 Dibaca : 185

Distro LINUX ARCHI ini saya buat khusus untuk mahasiswa Architektur. LINUX ARCHI berisi aplikasi yang di perlukan Architek,berupa Sweet Home 3D,SagCad,LibreCad,dan FreeCad. Ke empat aplikasi ini mirip dengan aplikasi AutoCad yang di gunakan di Windows.

-Sweet Home 3D: software yang membantu anda merancang rumah sendiri untuk pemula. Lain lagi seperti penggunaan Auto Cad yang masih rumit dalam penggunaannya. Sweet Home 3D salah satu software yang lebih simple untuk membuat desain gambar bangunan.

-SagCad:software yang di gunakan membuat gambar. aplikasi ini seperti AutoCad.

-FreeCad:software yang mirip sekali dengan AutoCad.

-LibreCad:Inilah software CAD gratis 100% yang berasal dari open source. namun rilis terakhir masih 2 dimensi.

LINUX ARCHI saya buat dalam basis Ubuntu 12.04 dengan tampilan dekstop Gnome 2. Aplikasi arsiteknya saya download dan install melalui archi software center.

 

 

 

[PERTEMUAN 11 - SISTEM OPERASI - KELAS B]

20 November 2013 20:30:26 Dibaca : 738

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali saya akan menjelaskan tentang LINUX. Dimana materi ini telah di jelaskan pada pertemuan ke 11.

A. Pengertian LINUX:

Linux adalah sistem operasi berbasis Unix yang dibuat oleh Linus Torvalds, dikembangkan oleh GNU General Public License. Linux bersifat open-source atau bebas digunakan atau didownload oleh pengguna komputer diseluruh dunia atau juga disebut dengan istilah FOSS (Free / Open Source Software).

 

B. Asal Mula LINUX:

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi. Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum pada tahun 1987. Minix pada saat itu merupakan suatu proyek pelajaran di kelasnya waktu itu yang menyerupai sistem UNIX.

Sejarah Linux berkaitan dengan GNU. Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi (seperti pustaka, kompiler, penyunting teks, shell Unix dan sistem jendela) diselesaikan pada awal tahun 1990-an, walaupun elemen-elemen tingkat rendah seperti device driver, jurik dan kernel masih belum selesai pada saat itu.

 

C. Ada 3 Varian Utama LINUX:

 1. DEBIAN

    Debian merupakan jenis linux yang kurang terkenal, namun banyak penggunanya dari kalangan teknis. Merreka puas karena kestabilannya. Selain itu, format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM oleh kalangan teknis.Walaupun kurang terkenal, namun banyak digunakan oleh kalangan expert.versi terakhir yang dirilis tahun 1999 adalah 2.1. Dibandingkan dengan linux yang lainnya, Debian termasuk kurang dalam meng-update proramnya. Namun pihak debian telah sukses besar dengan proyeknya, yaitu pembuatan distribusi linux yang baru yang ditujukan bagi end-User, yang sangat familiar dalam penggunaannya. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer. Proyek ini nantinya terkenal dengan nama Corel Linux. Situs dari linux debian dapat anda lihat di Http://www.debian.org.

 2. REDHAT

  Redhat Linux merupakan linuxyang paling popular di Indonesia dan Amerika, dan dirancang khusus untuk server. Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai clientmaupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

 

3. SLAAKWARE

   Slackware adalah distribusi linux yang pertama, yang pernah mengalami masa kejayaan ketika baru sedikit orang yang mengenal Linux. Bagi pengguna Linux senior, slackware merupakan suatu distribusi Linux yang penuh dengan tantangan. Slackware hadir dengan model yang sangat sederhana, tidak seperti distribusi linux yang lainnya. Slackware merupakan distribusi linux yang murni, dlam arti penampilannya yang sangat mirip dengan UNIX (UNIX Clone), sehingga membuat penggunanya merasa seperti menggunakan UNIX murni.

 

D. Pengertian Management Paket:

Ada beberapa sistem manajemen paket yang tersedia di GNU/Linux. Sebagian besar distribusi yang beredar memiliki sistem tersendiri dalam manajemen paketnya, beberapa diantaranya adalah yang sudah sangat populer sebagai berikut:

1. Debian Package Management System, paketnya berformat .deb (paket debian). Sistem toolnya adalah dpkg dan dikembangkan pula sistem managemen paket yang sangat memudahkan end user yakni APT (Advanced Packaging Tool). Teknologi sistem APT ini banyak di adopsi ke distribusi GNU/Linux lain, karena kemudahan dan kemampuannya yang teruji powerfull.

2. Redhat Package Manager (RPM). Format rpm ini dikembangkan oleh distribusi Redhat Linux. Umumnya rpm ini digunakan di distribusi linux turunan Redhat, didistribusi turunan Redhat yang menggunakan rpm sebagai format paketnya semacam Fedora, Centos, Mandriva dan masih banyak lainnya. Teknologi APT juga sudah diterapkan, walaupun ada perbedaan. Di Fedora ada yum, di OpenSuse ada zypper dan di Mandriva ada urpmi.

3. Kemudian di Slackware dan turunannya biasanya menggunakan format tar.gz untuk paket-paketnya dan menggunakan tool pkgtool untuk manajemen paketnya. Pkgtool merupakan salah satu sistem managemen paket tertua yang masih ada dan dipertahankan. Pada saat ini, di slackware telah disertakan sistem manajemen paket slackpkg memiliki kemampuan seperti APT, bahkan di Vector Linux telah mengadopsi APT dengan toolnya slapt-get.Tentunya masih banyak lagi semacam Pacman, PISI di Pardus linux, Portage di Gentoo Linux dan lainnya.

 

E. Distribusi GNU/Linux itu terdapat 2 macam model distribusi packages, yaitu :

1. Binary Packages, model ini dibuat untuk tujuan penggunaan secara umum, maksudnya penggunaan secara umum disini adalah agar dapat dijalankan di semua tipe dan arsitektur komputer. Biasanya distribusi ini juga tidak menggunakan opsi-opsi khusus yang terdapat di salah satu tipe atau arsitektur komputer tertentu. Sedangkan yang bisa dikategorikan dengan Binary Packages ini adalah semua packages yang ber-ekstensi *.deb, *.rpm, *.tgz dan *.txz, jadi jika menginstall sebuah aplikasi menggunakan repository maka itu berarti kita menginstall dari Binary Packages yang memang sudah disediakan untuk kebutuhan komputer kita.

2. Source Packages, seperti pada namanya distribusi ini menyertakan file source code asli dari aplikasi-nya. Biasanya pihak pengembang pasti menyertakan atau menyediakan distribusi model ini untuk di download. Sedangkan untuk end-user, bisa menggunakan source code ini jika para pengembang tidak menyertakan Binary Packages untuk distribusi GNU/Linux yang digunakan .

 

F. Tentang RPM (Red Hat Package Manager):

Red Hat memperkenalkan RPM pertama kali tahun 1995. RPM sekarang adalah sistem manajemen paket yang digunakan resmi pda LSB (Linux Standard Base). Perintah rpm sendiri mempunyai beberapa kelompok dan sub-kelompok opsi antara lain:

melakukan query dan memverifikasi paketmenginstall, mengupdate dan menghapus paketfungsi pakar dan lain-lain.Di artikel ini nanti kita akan berfokus pada dua kumpulan fungsi yang pertama. Untuk fungsi-fungsi pakar dan lainnya silakan lihat di halaman manual RPM (man rpm).Sebagai catatan, perintah rpm adalah perintah utama untuk menggunakan RPM, sedangkan .rpm adalah ekstensi file yang digunakan untuk mengidentifikasinya sebagai file berbasi RPM.

 

G. Tentang YUM(Yellowdog Updater Modified):

YUM adalah perangkat lunak yang menjadi pusat pengelolaan paket dan update secara otomatis, termasuk manajemen dependensi (ketergantungan) dari sistem RPM tersebut. YUM sendiri menggunakan cara yang sama dengan APT (Advanced Packaging Tool) milik Debian untuk mengelola paket-paket yang terinstall, yaitu dengan pola repositori yang sebenarnya hanyalah kumpulan/koleksi paket yang mudah diakses baik via jaringan offline maupun online.

 

H. Pengertian Repository di Linux:

Repository atau biasa disebut repo adalah tempat penyimpanan kumpulan aplikasi atau software yang digunakan untuk menginstall aplikasi tambahan di sistem operasi yang berbasis linux.Misalnya, pada saat pertama kali melakukan instalasi sistem operasi, ada yang aplikasi bawaannya sangat banyak contohnya seperti Ubuntu dan Mint. Di Ubuntu dan Mint sudah terdapat aplikasi pengolah kata, musik, Web Browser, dll. Tapi bagaimana dengan sistem operasi yang aplikasi bawaannya sangat minim, contohnya Backtrack. Di Backtrack aplikasi bawaannya lebih banyak aplikasi pentest nya dari pada aplikasi seperti pengolah kata, musik, dll.

 

 I. Perbedaan Antara Internet dan Intranet:

- Internet atau interconnection networking merupakan jaringan komunikasi yang sangat luas, bahkan mendunia. Jaringan komunikasi ini dihubungkan oleh suatu system yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Jaringan internet ini tidak terbatas dan dapat digunakan oleh seluruh orang di dunia asal terhubung dengan jaringan menggunakan Internet Service Povider.

- Intranet merupakan jaringan komunikasi yang lebih sempit. Tidak semua orang bisa mengunakan intranet atau hanya dikhususkan untuk tim saja seperti dalam sebuah perusahaan. Intranet ini menghubungkan computer antar karyawan yang kemudian bisa digunakan bersama. Namun, orang di luar perusahaan tidak dapat masuk dalam jaringan mereka.

 

Sekian dari penjelasan saya,semoga dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong