ARSIP BULANAN : October 2013

FILE PERMISSION

28 October 2013 16:08:40 Dibaca : 30

Pertemuan kali ini tanggal 24 oktober 2013 membahas tentang file permission, dimana pengertian dari file permission seperti yang telah ditampilkan adalah salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh distribusi, dan turunannya dimana memungkinkan kita untuk dapat melindungi file dan folderyang kita miliki.

Selanjutnya ada tentang kelas kelas user linux dibagi menjadi 3 yaitu User, Group dan Other

User : pengguna yang memiliki hak dari suatu fileGroup : grup yang memiliki hak dari file tersebutOther : pengguna lain yang berada dalam sistem

Lalu ada tentang sifat dan tipe file seperti : Baca/read (r), Tulis/write (w), dan Eksekusi/execute (x).

Selanjutnya ada perintah ls-l, dimana perintah ini menampilkan format file/data secara detail dengan menampilkan tanggal pembuatan dan filenya.

Kemudian ada materi tentang bilangan oktal yang merupakan bilangan yang terdiri dari 8 angka yang dimulai dari angka 0-7, cara perubahan dari bit ke oktal adalah dengan melakukan pembagian 8

Lalu dilanjutkan dengan chmod yaitu perintah linux yang berfungsi melakukan perubahan. Permission dari suatu file/folder sesuai dengan keinginan kita, tentunya dengan izin dari super user.

Setelah pemberian materi ini lalu dilanjutkan dengan latihan soal soal..

Itu saja dari saya, sekian dan terima kasih

BASH PROGRAMMING

17 October 2013 20:50:59 Dibaca : 35

Pembelajaran hari ini tanggal 17 oktober 2013 diawali dari tugas 30 perintah linux yang diberikan. Setelah itu masuk presentasi tentang linux kernel. Barulah kita masuk pada materi tentang program BASH. Diawali dengan definisi BASH. BASH itu adalah singkatan dari Bourne Again Shell dimana Bourne adalah nama penemu atau penggagas.

Sudo atau super user do, yang merupakan izin. Dimana untuk masuk ke super user harus ada izin dari super user tersebut. Diibaratkan perumahan, super user disini berindak sebagai pemilik perumahan dan rumah rumah yang ada di dalamnya bertindak sebagai user. Jadi super user disini memiliki kuasa atas semua user sementara user hanya memiliki kuasa di rumahnya sendiri atau di homenya.

Terdapat juga beberapa contoh perintah dalam BASH shell seperti

Cd, yang digunakan untuk berpindah direktoriPwd, digunakan untuk memperlihatkan di direktori mana posisi kita beradaKemudian ada clear yang di gunakan untuk membersihkan tampilan layar. Dll

Disamping itu terdapat perintah yang difungsikan untuk informasi seperti man,-- help, whatis,dsb.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong