PRESENTASI KELOMPOK

27 November 2013 20:13:19 Dibaca : 147

Assalam’alaikum Wr. Wb.

Hallo semua, yang akan saya tulis dipertemuan 12 ini yaitu mengenai materi yang dipaparkan oleh kelompok 5 dan kelompok 3..

Materi yang pertama yang dipaparkan oleh kelompok 5 tentang Linux Antergos..

         Antergos ( sebelumnya dikenal sebagai Cinnarch ) adalah distribusi Linux dari Galicia asal didasarkan pada sistem operasi Linux Arch . Ia menggunakan GNOME 3 lingkungan desktop secara default tetapi juga dapat digunakan dengan Cinnamon , Razor - qt dan Xfce.

Installasi Antergos fitur Cnchi installer grafis di samping installer berbasis teks. Rilis Pertama ISO dengan nama Cinnarch diluncurkan pada 7 Mei 2012 disertai dengan pesan dalam forum Arch Linux memberitahu pengguna dari rilis [ 15 ] Versi pertama dengan nama Antergos dirilis pada tanggal 12 Mei 2013.

Adapun Kelabihan & kekurangan Linux Antergos yaitu:

Kelebihan :

Antergos mudah digunakan dan sangat dapat dikustomisasi. Antergos menggunakan Arch Linux repo resmi dan AUR (paket pengguna-diserahkan), bersama dengan repositori perangkat lunak sendiri. Seperti dengan sistem GNU / Linux lainnya, Antergos hampir bebas dari virus dan spyware.

Materi yang ke-2 dipaparkan oleh Kelompok saya sendiri (kelompok 3) tentang Linux Mandriva..

       Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Pertama kali dirilis berbasis Redhat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada Juli 1998.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan untuk pengguna linux yang masih baru berkenalan dengan dunia open source.
  • Sudah ada Mandriva Control Centernya.
  • Deteksi hardware yang lumayan memuaskan.
  • Distro linux dengan tampilan desktop yang user friendly.Serta paket-paket software RPM nya yang mudah didapat.

Kekurangan:

1. Jika di bandingkan dengan ubuntu, paket aplikasinya kalah banyak, karena mandriva/mandrake hanya memerlukan paket yang sudah terbukti dipakai oleh orang banyak.

2. Soal server, masih kalah dengan kakanya si Redhat/Fedora/Centos. Meskipun demikian, banyak juga yang menggunakan mandriva sebagai server, karena kemudahan settingnya.

Tutorial Instalasi Mandriva:

1. Untuk dapat menjalankan CD mandriva linux, Pertama kita harus mengatur Boot pada BIOS dengan Boot From CD sebagai booting pertama.

2. Kemudian masukkan CD Mandriva Linux dan restart.

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul boot prompt.

4. Pada saat boot prompt, pilih Boot Mandriva Linux 2010 Spring dengan menekan tombol enter.

     Semoga postingan ini berguna dan bisa bermanfaat untuk kita semua..

Wassalam’alaikum Wr. Wb.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong