ARSIP BULANAN : January 2014

Cara Remastering Ubuntu 13.10 & Review AntiGalau_OS

09 January 2014 19:01:52 Dibaca : 1642

Asslamalaikum wr.wb

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara meremastering ubuntu 13.10 dengan remastersys dan juga akan memperkenalkan distro baru yang telah saya buat.

Langkan awal yang harus kita lakukan yaitu menginstall aplikasi remastersys. Tapi sebelum menginstall, kita tambahkan dulu repositorinya. Caranya yaitu :

Buka terminal atau ctrl+alt+t

Selanjutnya tambahkan repository “Remastersys” ke sources.list dengan mengetikan perintah berikut ini di Terminal :

Setelah itu ketikkan

Lalu tambahkan baris berikut ini di paling bawah sources.list

deb http://www.remastersys.com/ubuntu precise main

Kemudian save text editor tersebut dan keluar. Setelah itu kita lanjutkan dengan mengupdate, caranya ketikkan perintah:

Selesai mengupdate baru itu kita menginstall aplikasi remastersys dengan mengetikkan :

Nah jika penginstalannya sudah berhasil, kita bisa membukan aplikasi remastersys langsung lewat terminal dengan cara mengetikkan remastersys-gui, dan akan tampil seperti gambar berikut ini :

Apabila proses penginstalannya gagal, maka perlu usaha lagi dan kesabaran dalam menemukan letak kesalahannya dimana. Seperti pengalaman saya saat mengistall aplikasi remstersys, setiap kali menginstall selalu gagal. Akan tetapi tenang saja, jika anda benar-benar berusaha, pasti penginstalannya akan sukses. Perbanyak saja mencari cara lain lewat internet atau cara yang sama tetapi sedikit berbeda, diinternet kita akan menemukan banyak solusi. Atau juga kita bisa meminta solusi dari teman-taman yang sudah berpengalaman.

Okey,,,, selanjutnya silahkan tutup dulu aplikasi remastersys sebelum digunakan. Install dulu aplikasi-aplikasi yang diinginkan ada didalam distro baru yang akan anda buat. Lalu setelah itu ubah tampilan tema. Caranya kita install dulu aplikasi super-boot-manager.

Kemudian kita lanjutkan dengan mempercantik tempilan dekstop. Aplikasi-aplikasi yang diperlukan yaitu cairo dock, conky, kalau saya menggunakan conky manager. Dibawah ini link-link yang dapat anda kunjungi untuk menginstall aaplikasi-aplikasi diatas.

http://ubuntuhandbook.org/index.php/2013/10/install-super-boot-manager-in-ubuntu-13-10/

http://desktoplinuxreviews.com/linux-tips/ubuntu-linux-tips/install-cairo-dock-3-3-2-in-ubuntu-13-10/

http://linuxg.net/how-to-install-the-conky-manager-tool-on-ubuntu-13-10-13-04-12-10-12-04-and-linux-mint-15-14-13/

Tutorial penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut silahkan disearch di internet adjaa yaaaa.........

Jika anda ingin mengubah nama distro yang anda gunakan dengan disto baru yang akan anda buat, silahkan ikuti caranya seperti di link berikut ini :

http://sisaterakhir.blogspot.com/2013/02/cara-mengubah-nama-distro-linux-source.html

Akan tetapi anda harus siap jika kehilangan ubuntu software center anda. Tetapi tenang saja, ubuntu software center tidak hilang permanen, hanya saja tidak bisa dibuka lagi dan jika itu terjadi ada banyak solusinya diinternet. tapi pengalaman dengan saya meski sudah banyak mencoba memecahkan masaalah itu lawat internet, hasilnya gatot alias gagal total, untuk itu saya harapkan kepada anda agar berhati-hati dalam mengganti nama distro. Mungkin masih ada sedikit keliru bagi saya dalam memecahkan masaalah software center yang tidak bisa dibuka sehingga saya belum berhasil.

Beralih dari itu, ada baiknya jika icon-icon yang ada didesktop juga agar diubah tampilannya sehingga bisa sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Sebagai contoh untuk mengganti icon dash home, silahkan buka file system, lalu buka usr, kemudian buka share, lalu unity, nah jika menggunakan ubuntu 13.10, silahkan buka icon dan cari gambar icon dengan nama launcher.bfb.png. gantilah gambar itu dengan gambar yang anda inginkan tetapi harus berformat png dengan ukuran 48 x 48. Letakkan gambar itu di home dan beri nama launcher.bfb.png, lalu buka icon tadi yang sudah saya jelaskan dan ketikkandi terminal cp –a launcher.bfb.png /usr/share.unity/icon lalu enter. Kemudian restart komputer. Setelah itu dash home sudah terganti dengan gambar yang diinginkan.

Nah selanjutnya jika sudah siap, kita lanjutkan dengan meremastering. Tutorialnya silahkan di lihat di ebook KSL UNG.

Sekarang saya akan mereview distro baru yang telah saya buat, yaitu AntiGalau_OS. dibawah ini adalah lambang dari distro AntiGalau_OS

Tampilan desktopnya hanya sesederhana ini saja......

Distro baru ini di lengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang menurut saya dapat menghilangkan galau (mybe), hehe,, yaitu aplikasi multimedia, browser, dan aplikasi baca Al-Quran.Cukup simpel yeah......... :)

Sebagai contoh, salah satu aplikasi untuk baca Al-Quran yaitu Othman Quran Browser. seperti ini aplikasinya

jadi hanya seperti itu saja distro baru yang telah saya buat, maklum baru belajar meremastering,,,, hehe :D

Cukup sekian dulu yaaaaaa,,,, semoga bisa bermanfaat bagi yang mau berminat membacanya.

Bila ada kesalahan, mohon di maafkan saja,,, kita kan sesama manusia biasa dan tak pernah luput dari salah. Oke,,,,,oke,,,oke,,,, TERIMAKASIH :)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong