ARSIP BULANAN : November 2013

Assalumu alaikum wr.wb

hari ini saya akan berbagi pengetahuan kepada teman teman semua, mengenai Konsep Distribusi, Pemaketan & Repository di Linux dan arsitekrur unix-sys.

di awali dari apa itu LINUX?

merupakan sebuah inti (kernel) sistem operasi yang dikembangkan berbasis Unix-sys, yang dikembangkan pertama kali oleh Linus Torvalds

linux inti dari sistem operasi yang terdiri dari 2 kata

- li= like

- nux=unix

PADA AWALNYA

Linux pertama kali dikembangkan dengan 3 varian utama.

-   DEBIAN,REDHAT, dan SLAKWARE.

SISTEM PEMAKETAN

Pada awalnya sebuah aplikasi (source code) di linux, belum berbentuk sebuah package, untuk itu kita perlu melakukan build terlebih dahulu, sebelum di compile dan dapat digunakan.

- RPM (Redhat package Manager) adalah paket manager yang disediakan untuk platform distro linux Redhat dan turunannya, sehingga dapat berfungsi untuk mengatur paket software yang digunakan sebuah distro.

- DPKG (Debian Package) adalah manajemen paket yang berfungsi untuk mengatur paket software pada distro Debian dan turunannya.

Yum & (RPM)

YUM adalah perangkat lunak yang menjadi pusat pengelolaan paket dan update secara otomatis, termasuk manajemen dependensi (ketergantungan) dari sistem RPM tersebut. YUM sendiri menggunakan cara yang sama dengan APT (Advanced Packaging Tool)

APT & (Dpkg)

APT mempermudah pengguna untuk menginstall, meng-hapus dan meng-upgrade suatu software tanpa perlu menentukan file dari paket software karena anda hanya mengetik nama paketnya saja dan juga tanpa perlu menginstall lagi paket software yang dibutuhkan (dependency) karena paket software tersebut akan di-install secara otomatis.

Repository merupakan sebuah media penyimpanan paket aplikasi, library, maupun source-code yang dibutuhkan oleh linux, secara lengkap.Repository dapat berbentuk sebuah server (internet / intranet) atau CD/DVD Repository

ALUR SISTEM PEMAKETAN DI LINUX

SOURCCE CODE -> BUILD KODE-> PRE-BUILD CODE -> PACKAGE

 

ARSITEKTUR UNIX-SYS.....!

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer.

System call merupakan alat yang menghubungkan (interface) ke kernel. Library yang berfungsi secara umum dibangun di atas interface system call. Tetapi program aplikasi dapat menggunakan keduanya (system call dan kernel). Dan Shell merupakan suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain. Dan System pemaketan dilinux, pada awalnya sebuah aplikasi (source code) belum berbentuk sebuah package

Sistem pemaketan di linux pada awalnya sebuah aplikasi (source code) di linux belum berbentuk sebuah package ,untuk itu sebelum di compile dan digunakan di haruskan kita melakukan build terlebih dahulu.

terima kasih, kiranya bisa bermanfaat buat kita semua..

wassalumu alaikum wr.wb.

 

 

 

PERINTAH BASH SHELL

06 November 2013 17:53:05 Dibaca : 113

Assalamu alikum wr.wb

postingan saya kali ini mengenai perintah bash shell

BASH Shell serupa tapi tidak sama dengan DOS Command Promt.

Jika kita tidak memiliki mouse, jangan khawatir BASH Shell akan menjadi teman setia kita.

Dengan BASH Shell kita dapat memanipulasi file, menjalankan program atau membuat program, bermain dengan kernel dan sistem secara keseluruhan.

memulai BASH Shell

Applications → Accessories → Terminal

Contoh BASH SHELL :

* ROFLIN@ROFLIN:~$

dimana : - ROFLIN = Username

- ~ = Direktori Home

- $ = User Biasa

selain itu disini ada beberapa perintah dalam BASH SHELL:

- CP = Untuk menyalin sebuah file

- MKDIR = Untuk membuat sebuah file

- MV = Untuk memindahkan file

- RM = Untuk menghapus sebuah file

demikian sedikit penjelasan tentang perintah bash shell.....

Wassalamualikum wr.wb

wassalamualaikum wr.wb

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong