5 Cara Melatih Pikiran untuk Berpikir Positif

06 October 2012 08:59:37 Dibaca : 1490

 

Suka atau tidak suka, dalam kepala Anda akan tetap muncul berbagai pikiran, termasuk pikiran yang bisa membuat Anda gagal di masa depan. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa melatih pikiran untuk fokus pada hal-hal yang baik daripada yang buruk:

1) Mulailah hari dengan senyuman

Seluruh sisa hari Anda tergantung bagaimana Anda berperilaku di pagi hari. Karena itu, selama Anda menyambut hari dengan energi dan semangat, maka insya Allah apapun yang Anda lakukan akan baik-baik saja. Jadi, tersenyumlah karena tak ada harga yang perlu Anda bayar untuk tersenyum, namun senyuman sangatlah berharga. It doesn’t cost anything but is worth everything!

2) Minta bimbingan

Hanya Tuhan yang tahu apa yang ada di depan Anda. Apapun kepercayaan Anda, Tuhan tentu akan menyukai hambanya yang meluangkan waktu untuk berdoa dan meminta pada-Nya. Juga, selalu yakin bahwa Tuhan akan mengabulkan doa Anda, asalkan niat dan tujuan Anda baik. Dengan bimbingan Tuhan, maka tidak ada alasan untuk mengatakan saya tidak bisa;”Saya bisa melewati tantangan ini. Tak ada yang tak mungkin. lagi pula, Tuhan ada bersama saya.”

3) Rencanakan ke depan

Untuk menghindari kesalahan yang bisa mengakibatkan hal yang buruk, sehingga nanti berubah menjadi pikiran negatif, maka lebih baik merencanakan apa yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu. Setelah itu, kerjakan rencana Anda. Pastikan tujuan untuk hari ini telah Anda tentukan dengan jelas, dan resapi dalam pikiran Anda. Ini bisa dilakukan bahkan sebelum Anda beranjak bangun dari tempat tidur Anda tiap paginya.

4) Fokuskan pikiran pada hal penting

Buat tujuan dan prioritas untuk apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda pikirkan. Kembangkan strategi untuk menghadapi masalah. Konsentrasikan pada hal-hal yang perlu dilakukan dengan serius, tapi jangan lupa juga untuk rileks.

5) Jangan terikat pada hasil

Orang bilang hidup itu bagaikan roda. Kadang Anda di atas, kadang Anda di bawah. Ini artinya, akan ada saat di mana hal-hal tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jangan merasa terganggu ketika Anda tak bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda harus melakukan yang terbaik semampu Anda, tapi jangan terlalu ngotot dan terikat pada hasil, sehingga nanti Anda bisa merasa kesal jika hasilnya tidak sesuai.