Indonesia Tuan Rumah Turnamen Sumo Dunia

19 April 2013 10:01:34 Dibaca : 209 Kategori : sport liga

Memperingati 55 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Jepang, turnamen sumo bergengsi akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 24-25 Agustus mendatang.

Sumo merupakan olahraga tradisional Jepang yang sudah ada sejak 1.000 tahun lalu. Mulai 1909, sumo ditetapkan sebagai olahraga nasional.

Ajang di Jakarta nanti disebut turnamen bergengsi karena pesertanya merupakan yang terbaik. Nantinya ada sekitar 40 pesumo papan atas dari Negeri Sakura yang akan hadir.

Bagi Asosiasi Pesumo Jepang, ini adalah turnamen dunia pertama sejak Turnamen Mongol yang diselenggarakan pada Agustus 2008 lalu. Turnamen Sumo dunia di Indonesia ini akan diperingati sebagai turnamen sumo pertama yang digelar di salah satu negara ASEAN.

"Tidak mudah mendatangkan sumo ke Indonesia. Perlu lobi 6 bulan-1 tahun untuk membawa sumo ke Indonesia," kata ketua hubungan diplomatik Indonesia-Jepang Rahmat Gobel dalam jumpa pers di Hotel Le Meridien, Jakarta.

Hadir dalam konferensi pers tersebut tiga pesumo papan atas, yakni Baruto Kaito (Kaido Hevelson) dari Estonia, Kosaku Satoyama dan Kisuki Minami keduanya dari Jepang.