agrohidro

21 April 2013 19:20:26 Dibaca : 91

AGRO-HIDROLOGI

A. PENGERTIAN AGRO-HIDROLOGI

ilmu yg mempelajari distribusi dan pergerakan air dan larutan tanah ke dan dari zone perakaran di lahan pertanian, dan dengan distribusi dan pergerakan AIR irigasi dan air permukaan dalam sistem perpindahan tersebut pada lahan pertanian. Air permukaan : air yg mengalir di permukaan bumi (daratan). Ilmu yg mempelajari prilaku air di bumi, tentang terdapatnya, sirkulasi dan , penyebarannya, sifat-sifat fisik dan kimianya, reaksinya dengan lingkungan termasuk hubungannya dg makhluk hidup.

B. RUANG LINGKUP HIDROLOGI

Di atmosfir hidrologi memasuki lingkup meteorologi dan klimatologi. Di hidrosfer hidrologi memasuki lingkup Potamologi (ilmu yg mempelajari prilaku aliran permukaan), Limnologi (ilmu yg mempelajari air di danau), Cryologi (ilmu yg mempelajari salju dan es) dan Ceanologi (ilmu yg mempelajari prilaku air di lautan). Di Lithosfer, hidrologi memasuki lingkup Hidrogeologi.

Air tanah : permukaan atas dari air tanah atau tingkatnya di dalam tanah dimana air berada dalam tekanan atmosfer.

Air bawah tanah : bagian air di bawah permukaan-bumi yang tekanannya lebih besar dari tekanan atmosfer (muka air tanah)

Air tanah kesetimbangan : suatu air tanah dari lapisan jenuh pada tanah yang dipisahkan dari lapisan jenuh di bawahnya oleh lapisan yang tidak jenuh

Air permukaan bawah tanah (seepage) : aliran air ke saluran setelah infiltrasi di dalam

C. Permasalahan hidrologi harus menjadi perhatian dan pertimbangan di dalam perencanaan lingkungan :

Ø Pasokan air (water Supply)

Ø Air permukaan (surface water)

Ø Air bawah tanah (ground water)

Ø Banjir (flooding)

Ø Erosi tanah (soil erosi)

Ø Amblesan (subsidence)

Ø Sedimentasi (sedimentation)

Ø Kualitas air (water quality)

D. Pengelolaan DAS

Daerah yang di batasi punggung-punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggung gunung tersebut dan akan dialirkan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama (Asdak, 1995).

DAS hulu : Fungsi konservasi di kelola (kondisi tdk terdegradasi al: tutupan vegetasi, kualitas air, kemampuan penyimpan air dan curah hujan).

DAS tengah: Fungsi pemanfaatan air sungai dikelola (manfaat kepenting sosial dan ekonomi al: kuantitas dan kualitas air, kemampuan menyalurkan air, dan ketinggian muka air tanah serta terkait dgn pengelolaan waduk, sungai dan danau.

DAS hilir : Fungsi pemanfaatan air sungai dikelola (manfaat kepenting sosial dan ekonomi al: kuantitas dan kualitas air, kemampuan menyalurkan air, dan ketinggian curah hujan, terkait untuk kebutuhan pertanian, air bersih serta pengelolaan air limbah.

E. Salah satu fungsi utama DAS

Sebagai pemasok air dengan kuantitas dan kualitas yang baik terutama bagi orang di daerah hilir. Alih guna lahan hutan menjadi lahan pertanian akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas tata air pada DAS yang akan lebih dirasakan oleh masyarakat di daerah hilir.

  Pengertian sistem operasi adalah Sistem operasi merupakan software / perangkat lunak yang berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Contohnya seperti ketika menyimpan melakukan penyimpanan data ke flashdisk, maka proses akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi.

Saat ini banyak beredar sistem operasi dipasaran, namun hanya beberapa yang memiliki cukup banyak pengunannya. Berikut ini diantara sistem operasi yang populer saat ini :

1. Windows

Sistem operasi windows dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Microsoft, dengan memperkenalkan sistem operasi yang pertama pada tahun 1985 yang diberi nama Windows 1.0, perusahaan Microsoft berkembang sangat pesat saat ini baru saja memperkenalkan windows versi terbaru yaitu Windows 8, Ingin tahu tampilan windows 8 lihat disini.

2. Linux

Linux dimulai ketika seorang mahasiswa ilmu komputer di universitas Helsinski bernama Linus Torvalds pada tahun 1991, saat ini linux didistribusikan dibawah General Public Licensi (GNU), GNU merupakan suatu lisensi dimana penguna dapat merubah, memodifikasi, menjual dengan syarat kode program yang asli harus tetap disertakan, atau orang sering menyebutnya Opensource.

3. Mac OS

MacOS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan yang bernama Apple, Saat ini sudah merilis versi terbarunya yaitu Mac OS X 10.8 Mountain Lion

 

  Fungsi Dasar Sistem Operasi Komputer adalah
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan fasilitas yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses fasilitas tersebut. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

 

  Jenis-jenis Sistem Operasi adalah sebagai berikut :

Seperti telah disinggung di depan banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan, antara lain:
POSIX,
UNIX,
MS DOS,
MS Windows,
LINUX,
APPLE, dll.

Dari sekian banyak ada sistem operasi yang interface-nya dengan user (pengguna)
berbasis TEXT (DOS, POSIX, LINUX) ada juga yang
berbasi GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows
dan LINUX (LINUX bisa berbasis TEXT dan berbasis GUI).

materi aborsi oleh siska A baruadi

28 February 2013 10:08:48 Dibaca : 58

materi aborsi oleh siska A baruadi

Bulan 1 : mah..panjangku 2cm,tp aq udh di bdn ma2h..”AQ SAYANG MA2H”,bunyi detak jantung ma2h jd musik trindah yg menemaniku disini.

Bulan 2 : mah..aq udh bs ngisep jari imut ku loh,dsni hangat mah..nti kalo aq udh kluar,ma2h janji ya mw main sm aq.

Bulan 3 : mah..meskipun aq blm tw jenis kelaminku,tp apapun aq..ma2h&pa2h bhgia kelak ketika aq kluar nti.jngn nangis ya mah..kalo ma2h nangis disini aq jg ikut nangis.

Bulan 4 : mah..rambutku udh mlai tmbh loh.ini jd mainan baru ku,aq bs gerakan kepalaku putar kiri,putar kanan.Lucu mah..aq suka.

Bulan 5 : mah..td ma2h ke dokter ya?dokter bilang apa mah..?apa itu aborsi mah???aq gak di apa2in kan mah??

Bulan 6 : mah..ma2h dtng lg ke dokter itu ya mah??
Mah..tolong ksh tw dokter itu,aq disini baik2 aja!! Tp ko dokter itu mulai memasukan benda tajam??benda tajam itu mlai memotong rambut ku mah. Mahhh..tolong mah,aq takut.
Benda tajam itu jg mlai memotong kaki ku..sakit mahh. Tp meskipun aq gak punya kaki,tp aq msh pnya tangan yg bs meluk ma2h.AQ SAYANG MA2H.

Maahhh..benda tajam itu mlai memotong tangan ku,ma2h tolong aq..aq janji gak akan nakal maahhh..tolong aq mah,aq syng ma2h.
Tp mah..meskipun aq gak pnya tngn dan kaki,aq msh pnya telinga dan mata ko,jd aq msh bs dngr suara ma2h.
Tp mah..benda itu skrg mlai memotong leher kuu..sakit maahhh..ampun maahhh..beri aq ksempatan hidup mah..tolong aq mah,aq syng ma2h,aq pngn peluk ma2h.

Bulan 7 : mah..aq disini skrg baik2 aja,aq udh sm Tuhan di surga.Tuhan mengembalikan smua organ tbh ku yg di potong benda tajam itu.Tuhan memeluk ku,memegangku,m­enggendongku dengan lembut,dan Tuhan membisikan tentang apa itu aborsi.

Knpa ma2h tega melakukan itu??
Knp ma2h gak mau maen sm aq??
Apa salah aq mah??
Ma2h taubat ya,biar Tuhan memaafkan ma2h..biar Tuhan antar ma2h kesini,nti qt kumpul brsma pa2h,ma2h,dan aq..nanti qt main bersama.

 

kekerasan dalam rumah tangga

28 February 2013 09:16:55 Dibaca : 51

Kekerasan dalam rumah tangga (disingkat KDRT) adalah kekerasan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami maupun oleh istri. Menurut Pasal 1 UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT), KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Sebagian besar korban KDRT adalah kaum perempuan (istri) dan pelakunya adalah suami, walaupun ada juga korban justru sebaliknya, atau orang-orang yang tersubordinasi di dalam rumah tangga itu. Pelaku atau korban KDRT adalah orang yang mempunyai hubungan darah, perkawinan, persusuan, pengasuhan, perwalian dengan suami, dan anak bahkan pembatu rumah tangga, tinggal di rumah ini. Ironisnya kasus KDRT sering ditutup-tutupi oleh si korban karena terpaut dengan struktur budaya, agama dan sistem hukum yang belum dipahami. Padahal perlindungan oleh negara dan masyarakat bertujuan untuk memberi rasa aman terhadap korban serta menindak pelakunya.

Bentuk-Bentuk KDRT

Kekerasan Fisik

- Kekerasan Fisik Berat, berupa penganiayaan berat seperti menendang; memukul, menyundut; melakukan percobaan pembunuhan atau pembunuhan.

-Kekerasan Fisik Ringan, berupa menampar, menjambak, mendorong, dan perbuatan lainnya.

Kekerasan Psikis

-Kekerasan Psikis Berat, berupa tindakan pengendalian, manipulasi, eksploitasi, kesewenangan, perendahan dan penghinaan, dalam bentuk pelarangan, pemaksaan dan isolasi sosial; tindakan dan atau ucapan yang merendahkan atau menghina; penguntitan; kekerasan dan atau ancaman kekerasan fisik, seksual dan ekonomis; yang masing-masingnya bisa mengakibatkan penderitaan psikis berat.

-Kekerasan Psikis Ringan, berupa tindakan pengendalian, manipulasi, eksploitasi, kesewenangan, perendahan dan penghinaan, dalam bentuk pelarangan, pemaksaan, dan isolasi sosial; tindakan dan atau ucapan yang merendahkan atau menghina; penguntitan; ancaman kekerasan fisik, seksual dan ekonomis;yang masing-masingnya bisa mengakibatkan penderitaan psikis ringan.

Kekerasan Seksual

-Kekerasan seksual berat

-Kekerasan Seksual Ringan

-Melakukan repitisi kekerasan seksual ringan dapat dimasukkan ke dalam jenis kekerasan seksual berat.

Kekerasan Ekonomi

-Kekerasan Ekonomi Berat, yakni tindakan eksploitasi, manipulasi dan pengendalian lewat sarana ekonomi

-Kekerasan Ekonomi Ringan, berupa melakukan upaya-upaya sengaja yang menjadikan korban tergantung atau tidak berdaya secara ekonomi atau tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya.

Penyebab KDRT adalah:

Laki-laki dan perempuan tidak dalam posisi yang setaraMasyarakat menganggap laki-laki dengan menanamkan anggapan bahwa laki-laki harus kuat, berani serta tanpa ampunKDRT dianggap bukan sebagai permasalahan sosial, tetapi persoalan pribadi terhadap relasi suami istriPemahaman keliru terhadap ajaran agama, sehingga timbul anggapan bahwa laki-laki boleh menguasai perempuan

materi kesenian

28 February 2013 09:16:01 Dibaca : 1052

seni merupakan hasil aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan yang menghasilkan karya indah.

seni merupakan ungkapan gagasan atau perasaan seseorang yang estetis dan bermakna yang di tuangkan melalui media gerak, suara, dan dll.

Fungsi Seni Menurut antropologi,kesenian adalah salah satu unsur budaya manusia. Kita dapat merasakan dalam pengalamaan hidup seari-hari, betapa kita berbagai bentuk.

Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebetuhan, seni dipila menjadi beberapa kolompok.

Fungsi individual

Manusia terdiri dari unsur fisik dan unsur psikis. salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan secara fisik dan psikis/emosional.

Fisik

Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Seperti, busana, prabot, rumah. Dan sebagainya. Contoh yang seni murni adalah musik senam

Emosional

Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi si pembuat/penggubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya.

Fungsi sosial

Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaatbagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Fungsi ini dikelompokan menjadi beberapa bidang.

Rekreasi/ hiburan

Seni dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau kesedihan. Hal itu dapat terjadi misalkan pada saat kita menyaksikan, musik, tarian, film, dan lawak.

Komunikasi

Seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan , dan produk kepada orang banyak. Contoh : lagu balada, poster, drama komedi, dan reklame. Tema yang sering dibuat antara lain :

1. Ketidakdisiplinan anggota masyarakat terhadap lingkungan.

2. Himbauan melaksanakan Program Pemerintah

3. Anjuran kesehatan/kesejahteraan.

4. Ketidakadilan suatu kebijakan

Pendidikan

Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya. Contoh : Gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster ilmiah, lagu anak-anak, dan foto.

Religi/Keagamaan

Karya seni dapat diijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contoh: kaligrafi, busana muslim/muslimah, arsitektur atau dekorasi rumah ibadah, lagu-lagu rohani.

Macam Macam Seni

1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan memanfaatkan unsur rupa sebagai salah satu wujud yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

2. Seni Musik

Unsur bunyi adalah elemen utama seni musik. Unsur lain dalam bentuk harmoni, melodi dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan. Media seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen dapat berbentuk alat musik Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. Jenis alat musik tradisional antara lain terdiri dari seruling, gambang kromong, gamelan, angklung, rebana, kecapi, dan kolintang serta arumba. Jenis alat musik Barat antara lain terdiri dari piano, gitar, flute, drum, musik elektronik, sintetiserr, seksopon, dan terompet.

3. Seni Teater

Kompetensi dasar bidang seni teater mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan memahami dan membuat naskah, kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater.

4. Seni Tari

Media ungkap tari adalah gerak. Gerak tari merupakan gerak yang diperhalus dan diberi unsur estetis. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreografer. Keindahan tari terletak pada bentuk kepuasan, kebahagiaan, baik dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.

5. Kerajinan Tangan

Cabang kesenian ini pada dasarnya memprioritaskan kepada keterampilan tangan dalam bentuk benda hasil kerajinan. Hal kerajinan tangan mencakup unsur-unsur bordir, renda, seni lipat,seni dekoratif, serta seni yang menekankan keterampilan tangan. Seni dan pengetahuan lain dapat dipahami dan diketahui oleh pembaca dalam upaya pengembangan kepribadian dan keanekaragaman. Dalam suatu kehidupan akan terasa hambar dan gersang apabila kita tidak memiliki kesenian. Kesenian dapat menyempitkan aspek budaya dan memperluas cakrawala serta keanekaragaman pengetahuan seseorang. Secara aktual kesenian yang ada berwujud musik, rupa, teater, dan tari secara multilingual, multikultural, dan multidimensional.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong