penggolongan pestisida

29 November 2016 15:56:57 Dibaca : 164

Pestisida berdasarkan cara kerjanya
Dilihat dari cara kerjanya, pestisida dapat dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu : (1) Racun perut, pestisida yang termasuk golongan ini pada umumnya dipakai untuk membasmi serangga-serangga pengunyah, penjilat dan penggigit. Contoh: Diazinon 60 EC. (2) Racun kontak, contohnya Mipcin 50 WP. (3) Racun gas, jenis racun yang disebut juga fumigant ini digunakan terbatas pada ruangan ruangan tertutup. (Adnan, 2011

Pestisida Berdasarkan Struktur Kimia
         Berdasarkan struktur kimianya pestisida dapat digolongkan menjadi : (a) Golongan organochlorin, misalnya DDT. Umumnya golongan ini mempunyai sifat racun yang universal, degradasinya berlangsung sangat lambat larut dalam lemak. (b) Golongan organophosfat, misalnya basudin. Golongan ini mempunyai sifat racun yang tidak selektif degradasinya berlangsung lebih cepat atau kurang persisten di lingkungan, menimbulkan resisten pada berbagai serangga dan memusnahkan populasi predator dan serangga parasit, lebih toksik terhadap manusia dari pada organokhlor. (c) Golongan carbamat termasuk baygon. Golongan ini mempunyai sifat mirip dengan sifat pestisida organophosfat. (d) Senyawa dinitrofenol misalnya morocidho 40EC. Berperan memacu proses pernafasan sehingga energi berlebihan dari yang diperlukan akibatnya menimbulkan proses kerusakan jaringan. (e) Pyretroid Salah satu insektisida tertua di dunia. merupakan campuran dari beberapa ester yang disebut pyretrin yang diekstraksi dari bunga dari genus Chrysanthemum. (f) Fumigant : senyawa atau campuran yang menghasilkan gas atau uap atau asap untuk membunuh serangga , cacing, bakteri, dan tikus. (g) Petroleum minyak bumi yang dipakai sebagai insektisida dan miksida. Minyak tanah yang juga digunakan sebagai herbisida. (h) Antibiotik, misalnya senyawa kimia seperti penicillin yang dihasilkan dari mikroorganisme ini mempunyai efek sebagai bakterisida dan fungisida. (Adnan, 2011)

Pestisida berdasarkan asal dan sifat kimianya
              Penggolongan pestisida menurut asal dan sifat kimia adalah: (a) Hasil alam: Nikotinoida, Piretroida, Rotenoida dll. (b) Sintetik : Anorganik yaitu, garam-garam beracun seperti arsenat, flourida, tembaga sulfat dan garam merkuri, dan organik. (Adnan, 2011).

 

#maafjikabanyakkekurangan