Kota Gorontalo adalah Kota Seribu Bentor :D

15 November 2013 21:46:40 Dibaca : 1239

Setiap daerah tentu saja memiliki kendaraan yang menjadi ciri khas, nah Gorontalo juga punya kendaraan khas. Sebenarnya, sangat kurang tepat bila disebut kendaraan khas, sebab daerah lain diluar Gorontalo punya kendaraan sama, tapi untuk sementara saya menyebutnya khas, sebab di Gorontalo sudah menjadi ciri khas, bahkan menjadi populer. Bentor, nama sebuah kendaraan roda tiga yang kini populer di sulawesi, khususnya sulawesi utara dan Gorontalo. Asal kata bentor sendiri diambil dari nama becak dan motor.

Kalau dulu, becak merukan kendaraan roda tiga yang dikayuh dengan kaki manusia, kini becak itu sedikit lebih modern. Didaerah lain yang pernah saya lihat, kendaraan sejenis ini berbeda dengan di Gorontalo dan sulawesi utara, kendaraan roda tiga yang menggunakan motor didaerah lain tidak menggunakan atap sebagai penutup, tetapi sama halnya dengan becak, menggunkan penutup atau kap yang kuat sehingga membuat nyaman penumpangnya.

Bentor sendiri bukan paduan becak yang ditempeli motor, kepala motor diganti dengan becak yang dirancang dari besi yang lebih kuat, sehingga mampu memuat hingga tiga orang dan barang-barang berat. Saat ini, kendraan bentor menjadi trend di Gorontalo, bahkan menurut bebeberapa sumber, bentor merupakan kendaraan yang paling banyak di Gorontalo.

Bentor-kendaraan populer gorontalo

Keberadaan bentor sendiri mampu menyaingi mobil angkot atau taksi, karena rancangannya yang kuat maka jarak tempuhnya pun bisa sampai ratusan kilometer. Bahkan, untuk menuju sebuah lokasi wisata dan pusat perbelanjaan, masyarakat Gorontalo lebih dominan menggunakan bentor, karena mudah memasuki akses yang sulit dimasuki mobil angkot.

Bila anda melancong ke Gorontalo, maka sangat tepat bagi anda untuk menggunakan kendaraan ini, dan tentunya harganya pun murah meriah, anda bisa membawa barang yang cukup banyak dikendaraan ini. Dan salah salah satu mata pencaharian masyarakat Gorontalo adalah dengan mengemudi bentor atau menyewakan bentor ini untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk jalan-jalan seputar Gorontalo, menuju akses pusat perbelanjaan atau ketempat lokasi wisata sekalipun.

Kendaraan ini pun tidak sulit didapatkan, ketika anda melancong ke Gorontalo, dan tidak sempat naik angkot anda cukup menggunakan bentor untuk keperluan anda baik jarak dekat maupun jarak jauh. Bahkan tengah malam sekalipun anda mudah menemukan kendaraan ini, karena pengemudinya hingga larut malam melayani penumpangnya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong