ARSIP BULANAN : November 2013

SOFT SKILL ''MENGEMBANGKAN SIKAP KRITIS DAN KREATIFITAS"

28 November 2013 13:36:21 Dibaca : 227

Assalamualaikum … Wr Wb.Kali ini saya akan membahas tentang program Soft Skill tentang Cara mengembangkan Sikap Kritis dan Kreatifitas

Sebagai salah satu ciri pembelajaran kontekstual adalah sikap kritis siswa dan kreatif guru dalam proses pembelajaran. Berfikir kritis dan kreatif merupakan komponen utama berfikir tingkat tinggi (higher order thinking). Proses berfikir tingkat tinggi harus dikembangkan pada setiap diri siswa. Hal ini merupakan tugas guru, karena guru harus mengembangkan potensi siswa semaksimal mungkin hingga mencapai kemampuan yang tinggi pada setiap diri siswa. Oleh karena itu pembelajaran dituntut dapat mengembangkan siap kritis dan kreativitas siswa. Sikap kritis dan kreatifitas siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang berpusat pada otak kanan. Otak kanan mempunyai kemampuan berfikir kreatif, holistik, spasial. sedangkan otak kiri mengembangkan kemampuan berfikir rasional, analitis, linier. Otak kiri mengendalikan wicara dan otak kanan mengendalikan tindakan. Tabel berikut ditunjukkan perbedaan proses berfikir otak kiri dan kanan.

Berfikir Konvergen

(Proses di belahan otak Kiri)

Berfikir Divergen

(Proses di belahan otak kanan)

1.tertarik pada proses penemuan yang bersifat bagian-bagian dari suatu komponen. 2.proses berfikir analisis

3.proses berfikir yang mementingkan tata urutan secara sekuensial dan serial

4.proses berfikir temporal, terikat pada waktu kini

5.proses berfikir verbal, matematis, notasi musikal.

1.tertarik pada proses pengintegrasian dari bagian-bagian suatu komponen menjadi satu kesatuan yang bersifat utuh dan menyeluruh

2.proses berfikir yang bersifat relasional, konstruksional, dan membangun suatu pola.

3.proses berfikir simultan, dan paralel

4.proses berfikir lintas ruang, tidak terikat pada waktu kini

5.proses berfikir yang bersifat visual, lintas ruang dan musikal.

Berikut disajikan berbagai perilaku dan kaitannya dengan berfikir kreatif dan kritis pada diri siswa.

PERILAKU

TERKAIT DENGAN

Bosan dengan tugas rutin; menolak membuat pekerjaan rumah

Tidak berminat terhadap detail dan pekerjaan kotor

Membuat lelucon atau komentar pada saat tidak tepat

Menolak otoritas, tidak konformistis, keras kepala

Sukar beralih pada topik lain

Emosional sensitif, overacting, cepat marah atau menangis kalau ada yang salah

Kecenderungan dominasi

Sering tak setuju ide orang lain atau tak setuju ide gurunya

Kritis terhadap diri, tak sabar menghadapi kegagalan

Kritis terhadap guru dan orang lain.

Kreativitas

Toleransi tinggi untuk makna ganda,

Berfikir bebas, divergen

Berani ambil resiko

Imaginatif, sensitif

Motivasi

Tekun dalam bidang yang diminatinya

Intens dalam menghayati perasaan dan nilai

Bebas

Berfikir kritis

Dapat melihat kesenjangan antara kenyataan dan kebenaran

Mengacu pada hal-hal yang ideal

Mampu menganalisis dan evaluasi.

Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini saya akan memposting tentang bagaimana prinsip-prinsip Geografi itu sendir, Silahkan dicermati baik-baik 

Prinsip geografi menjadi dasar pada uraian, pengkajian, dan pengungkapan gejala, variabel, faktor, dan masalah geografi. Pada waktu melakukan pendekatan terhadap objek yang kita pelajari, dasar atas prinsip ini harus selalu menjiwainya. Secara teoretis, menurut Nursid Sumaatmadja prinsip itu terdiri atas prinsip penyebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip keruangan.

a. Prinsip Penyebaran

Prinsip penyebaran, yaitu suatu gejala yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Gejala dan fakta geografi, baik yang berkenaan dengan alamnya, maupun mengenai manusianya, tersebar di permukaan bumi. Penyebaran gejala dan fakta tadi, tidak merata dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Dengan memperhatikan dan menggambarkan penyebaran gejala dan fakta tadi dalam ruang, kita telah dibimbing untuk mengungkapkan persoalan yang berkenaan dengan gejala dan fakta tadi. Dengan melihat dan menggambarkan berbagai gejala pada peta, kita akan dapat mengungkapkan hubungannya satu sama lain. Yang selanjutnya juga akan dapat meramalkannya lebih lanjut.

b. Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi, yaitu suatu hubungan saling terkait dalam ruang, antara gejala yang satu dengan yang lain. Dasar kedua yang digunakan untuk menelaah dan mengkaji gejala dan fakta geografi, yaitu prinsip interelasi. Prinsip interelasi ini secara lengkap adalah interelasi dalam ruang.

Setelah kita melihat gejala dan fakta geografi itu penyebarannya dalam ruang atau di wilayah-wilayah tertentu, kita akan mengungkapkan pula hubungan antara faktor fisis dengan faktor fisis, antara faktor manusia dengan faktor manusia, dan antara faktor fisis dengan faktor manusia. Dari antar hubungannya itu, kita akan dapat mengungkapkan karakteristik gejala atau fakta geografi tempat atau wilayah tertentu.

c. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi, yaitu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki/dipelajari. Deskripsi, selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, dapat juga dilengkapi dengan diagram, grafik, tabel, gambar, dan peta.

Pada interelasi gejala satu dengan gejala yang lain atau antara faktor yang satu dengan faktor yang lain, selanjutnya dapat dijelaskan sebab-akibat dari interelasi tadi. Penjelasan atau deskripsi, merupakan suatu prinsip pada geografi dan studi geografi untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah yang kita pelajari.

d. Prinsip Korologi

Prinsip korologi, yaitu gejala, fakta ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau pesebarannya, interelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu, sebab ruang itu akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala tersebut. Prinsip korologi, merupakan prinsip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern.

Pada prinsip korologi ini, gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau penyebarannya, interelasinya, dan interaksinya dalam ruang. Baik penyebaran maupun interelasinya dan interaksinya dalam hubungan terdapatnya pada ruang tertentu. Faktor, sebab, dan akibat terjadinya suatu gejala dan masalah, selalu terjadi dan tidak dapat dilepaskan dari ruang yang bersangkutan. Ruang ini memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk karena ruang itu juga merupakan kesatuan.

Dalam meninjau sesuatu gejala berdasarkan prinsip korologi, misalnya pertanian, selalu diperhatikan penyebarannya dalam ruang, interelasinya dengan komponen-komponen atau faktor-faktor yang menunjang pertanian, dan interaksi pertanian itu dengan kehidupan pada ruang yang bersangkutan.

PROSES TERJADINYA HUJAN

19 November 2013 12:40:24 Dibaca : 173

Assalamualaikum Wr.Wb , Diapgi yang sangat mendung ini dan kemungkinan akan turun hujan. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas Bagaimana sebenarnya proses terjadinya hujan itu? Nih dia jawabanya, semoga bermanfaat yah ;)

PROSES TERJADINYA HUJAN

Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi, yaitu perputaran /siklus air dibumi. Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula, dari proses itulah hujan terbentuk. Proses yamg terjadi dalam siklus hidrologi meliputi beberapa tahapan, antara lain:

Evaporasi, yaitu penguapan air dari laut, danau, sungai, dan sumber air lainnya.

Transpirasi, yaitu proses penguapan pada tumbuh-tumbuhan.

Kondensasi, yaitu peristiwa pengembunan.

Presipitasi, yaitu proses terjadinya hujan.

Inflitrasi, yaitu penyebaran air hujan kedalam tanah

Dua per tiga dari bumi kita ini mengandung air dan sisanya adalah daratan. Air itu tersimpan dalam banyak wadah seperti samudera, lautan, sungai dan danau.Air yang terdapat di berbagai wadah tersebut serta air yang ada di daun tumbuhan ataupun permukaan tanah akan mengalami penguapan atau evaporasi dengan bantuan matahari.. Proses penguapan air dari tumbuh-tumbuhan itu dinamakan transpirasi. Kemudian uap-uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi atau pemadatan yang akhirnya menjadi awan. Awan-awan itu akan bergerak ke tempat yang berbeda dengan bantuan hembusan angin baik secara vertikal maupun horizontal. Gerakan angin vertikal ke atas menyebabkan awan bergumpal. Gerakan angin tersebut menyebabkan gumpalan awan semakin membesar dan saling bertindih-tindih. Akhirnya gumpalan awan berhasil mencapai atmosfer yang bersuhu lebih dingin. Di sinilah butiran-butiran air dan es mulai terbentuk. Lama-kelamaan angin tidak dapat lagi menopang beratnya awan dan akhirnya awan yang sudah berisi air ini mengalami presipitasi atau proses jatuhnya hujan air, hujan es dan sebagainya ke bumi. Seperti itulah proses terjadinya hujan.

 

Cara Jitu Menjadi Gitaris Handal

18 November 2013 15:15:23 Dibaca : 181

Assalamualaikum Wr.Wb Anda ingin menjadi gitaris yang handal , nih Caraa jitu Menjadi Gitaris yang Handal :

Menjadi gitaris handal adalah impian semua lelaki,karena manjadi sorang gitaris yang handal akan menambah ke-PD an apabila berada di depan cewek,menurut cewek pria yang mahir dalam bermain gitar menunjukkan bahwa dirinya mempunyai jiwa romantic,dan tentu saja wanita atau cewek akan menyukai orang cowok yang mempunyai jiwa romantic,”bernyanyi lagu cinta bersama,di bawah sinar rembulan yang terang”.akan membuat wanita terlena.

Namun permasalahannya menjadi gitaris handal tidak semudah seperti yang dibayangkan,itu disebabkan oleh bebrapa factor,yaitu :untuk menjadi seorang gitaris handal harus mempunyai otak yang encer,kalo ngak encer gimana bisa ngafalin gerakan tangan/kunci-kunci gitarnya,factor yang kedua adalah untuk menjadi gitaris handal tentunya sobat harus mempunyai gitar dunk,kalo ngak punya gitar trus gimana mau bisa..???.

Dan untuk menjadi gitaris ada beberapa hal-hal yang perlu sobat perhatikan,sobat mau tau..???kalo sobat mau tau yuk mari kita ikuti saja ulasannya oleh akang didy,yuk mari.!!chekkidot

Berikut adalah Cara Jitu Menjadi Gitaris Handal

1. Pelajari beberapa teori music

Untuk menjadi gitaris handal hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mempelajari beberapa teori music.Ane tidak mengatakan Sobat harus belajar musik secara profesional, mungkin Sobat bermain gitar hanya untuk hoby, tetapi ada beberapa hal dasar yang setiap pemain gitar harus tahu apa pun yang tujuannya, seperti: nilai not, catatan nama di fretboard , interval, kord dll akan membentuk kosakata musik Sobat dan Sobat akan tahu apa yang harus dikatakan ketika berbicara dengan sesama musisi.

2. Mengatur sesi latihan

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi gitaris handal selanjutnya adalah dengan mengatur sesi latihan sobat.cobalah untuk Fokus pada hal-hal yang tidak dapat Sobat lakukan, bukan yang dapat Sobat lakukan dengan sempurna. Idealnya setiap sesi latihan harus mencakup beberapa teori musik, teknik dan pelatihan telinga karena semuanya terkait dan berkontribusi terhadap pembangunan dan pengertian sebagai gitaris

3. Ketahui apa yang ingin Sobat lakukan dengan permainan gitar Sobat

Untuk menjadi gitaris handal,sobat harus mengetahui apa yang ingin Sobat lakukan dengan permainan gitar SobatTanpa mengetahui apa tujuan Sobat dan apa yang ingin Sobat capai, Sobat akan menjadi seperti sebuah perahu yang mengambang secara acak di laut. Tujuan Sobat mungkin berubah di sepanjang jalan, itu sangat normal, tetapi tetapkan tujuan yang ingin Sobat capai, dan itulah yang akan memberikan arah dalam berlatih dan bermain

4. Bermainlah dengan Santai

Untuk menjadi gitaris handal,salah satu cara yang sering digunakan oleh master gitar adalah bermain dengan santai,Ini adalah saran yang akan diberikan oleh setiap pemain gitar untuk Sobat. Otot santai adalah otot cepat. Ketika belajar teknik baru cobalah untuk bermain lambat dan menyadari tubuh Sobat saat Sobat memainkannya. Mengembangkan ketegangan saat Sobat bermain gitar akan menyakiti Sobat tanpa tahu apa yang memukulmu

5. Mengembangkan pelatihan telinga Sobat terus-menerus

Untuk menjadi gitaris handal sobat harus memiliki keterampilan telinga yang baik dan dikembangkan akan menempatkan Sobat di atas pemain gitar yang fokus pada kecepatan dan teknik, tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan dengan mereka. Ini juga merupakan faktor penting ketika datang untuk improvisasi dan menulis lagu.

6. Sering mendengarkan gaya musik yang berbeda

Hal ini akan meningkatkan kreativitas Sobat dan juga akan membuat Sobat menjadi pemain gitaris handal. Sobat juga akan menemukan teknik baru dan efek gitar yang tidak pernah Sobat dengar sebelumnya.mangkanya sering-seringlah sobat untuk mendengarkan gaya music yang berbeda,jangan hanya mendengarkan gaya music yang monoton saja,karena itu akan mematikan kreativitas soabat.

7. Bergaullah dengan pemain gitar yang lebih baik

Cara rahasia selanjutnya untukmenjadi gitaris handal adalah dengan cara sering bergaul dengan master gitar,sehingga sobat akan mengetahuitekhnik-tekhnik yang dia gunakan.Sobat harus banyak belajar dari mereka yang lebih berpengalaman dari Sobat.Dan sering-seringlah bertanya pada mereka, melihat mereka bermain dan mencoba untuk meniru segala sesuatu yang mereka lakukan.

8. Belajar dengan guru

Untuk menjadi gitaris handal,sobat bisa lewat jalur pendidikan formal yaitu belajar langsung dari music .Banyak pemain memulai dengan mengajarkan diri mereka sendiri. Seorang guru yang baik dapat memastikan Sobat untuk belajar kebiasaan yang tepat dan menetapkan tujuan untuk menjaga Sobat di jalur yang benar

9. Berlatih dengan metronome

Tanpa rasa apa-apa ritme yang stabil akan terdengar baik, karena musik merupakan perpaduan antara melodi dan irama. Metronom adalah juga alat yang sangat diperlukan untuk mengukur kecepatan Sobat tentang teknik

10. Mengajari orang lain bagaimana untuk bermain

Jika sobat sudah menjadi master gitaris handal jangan lupa untuk mengamalkan ilmu sobat dengan cara mengajari orang yang penegn bisa main gitar,dengan memberikan pengetahuan Sobat kepada orang lain akan membuka banyak pintu dan membuat Sobat berpikir berbeda tentang segala hal! Pikirkan Sobat tahu semua itu adalah tentang skala besar ... pikirkan lagi. Sobat akan ditanya pertanyaan yang tidak pernah terpikirkan dan mengajarkan konsep yang berbeda, memaksa Sobat untuk mencari cara baru untuk melihat gitar.

Nah itulah tadi Cara Jitu Menjadi Gitaris Handal,mudah kan..???hehehe,dan yang terpenting disini adalah semangat sobat untuk bisa untuk belajar bermain gitar,karena itu hal yang paling menentukan sobat untuk menjadi seorang gitaris handal.

Oke semoga artikel ane ini bermanfaat…

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuu .. Berjumpaa lagi di sore hari yang mendung inii , pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Tradisi Tumbilotohe yang hanya adaa di Daerah Gorontalo

Gorontalo - 3 Hari menjelang Lebaran, Gorontalo punya tradisi Tumbilotohe. Jalanan di sana akan dipenuhi cahaya lampu minyak. Inilah tradisi asli Gorontalo sejak abad ke-15, wisatawan bisa larut dalam kemeriahannya.

Tiap-tiap daerah di Indonesia punya tradisi unik menjelang Lebaran tiba. Berada di tepi laut Sulawesi Utara, Gorontalo memiliki tradisi Tumbilotohe. Selama 3 hari di akhir bulan Ramadan, Gorontalo akan 'bercahaya'.

Dilirik dari situs resmi Pariwisata Indonesia, Kamis (1/8/2013), Tumbilotohe adalah tradisi asli Gorontalo yang berlangsung sejak abad ke-15. Pada malam hari menjelang Lebaran, jalan di Gorontalo akan dipenuhi cahaya lampu minyak.

Tumbilotohe berasal dari bahasa Gorontalo, yaitu tumbilo berarti pasang, dan tohe berarti lampu. Tumbilotohe diartikan sebagai acara pasang lampu. Kemeriahan tradisi ini berlangsung sejak Maghrib hingga Subuh.

Suasana menjelang Lebaran benar-benar terasa berkesan. Sebab, setiap sudut jalanan hingga rumah-rumah penduduk di sana akan ditaruh lampu minyak. Uniknya, lampu-lampu minyaknya dibentuk sedemikian rupa, dari gapura hingga berbentuk bunga.

Ternyata, Tumbilotohe punya nilai sejarah dan luhur yang tinggi. Penyelenggaraan Tumbilotohe pada masa lalu, memudahkan masyarakat Gorontalo untuk membayar zakat Fitrah dan membagikan zakat fitrah pada malam hari. Sebab, saat itu belum terdapat lampu-lampu jalanan sebagai penerangan.

Selain itu, Tumbilotohe bermaksud sebagai penanda datangnya Idul Fitri. Oleh sebab itu, jiwa dan hati yang kembali bersih harus bersih serta terang benderang seperti makna pemasangan lampu tersebut.

Tradisi Tumbilotohe pun makin berkembang. Kini di tanah luas atau lapangan, masyarakat membentuk lentera atau kaligrafi Al Quran dari lampu-lampu minyak. Suasana datangnya Lebaran makin terasa meriah dan masyarakat larut dalam suka cita.

Di tahun 2007, tradisi Tumbilotohe menorehkan sejarah pada Museum Rekor Indonesia (MURI). Saat itu, masyarakat Gorontalo berhasil menyalakan lima juta lampu minyak. Wow!

Wisatawan yang datang ke Gorontalo bisa ikut langsung dalam perayaan Tumbilotohe. Selain terkesima oleh cahaya-cahaya lampu yang banyak, ada festival bedug yang membuat suasana makin meriah. Selamat datang Idul Fitri di Gorontalo!

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong