PROSES TERJADINYA HUJAN

19 November 2013 12:40:24 Dibaca : 173

Assalamualaikum Wr.Wb , Diapgi yang sangat mendung ini dan kemungkinan akan turun hujan. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas Bagaimana sebenarnya proses terjadinya hujan itu? Nih dia jawabanya, semoga bermanfaat yah ;)

PROSES TERJADINYA HUJAN

Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi, yaitu perputaran /siklus air dibumi. Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula, dari proses itulah hujan terbentuk. Proses yamg terjadi dalam siklus hidrologi meliputi beberapa tahapan, antara lain:

Evaporasi, yaitu penguapan air dari laut, danau, sungai, dan sumber air lainnya.

Transpirasi, yaitu proses penguapan pada tumbuh-tumbuhan.

Kondensasi, yaitu peristiwa pengembunan.

Presipitasi, yaitu proses terjadinya hujan.

Inflitrasi, yaitu penyebaran air hujan kedalam tanah

Dua per tiga dari bumi kita ini mengandung air dan sisanya adalah daratan. Air itu tersimpan dalam banyak wadah seperti samudera, lautan, sungai dan danau.Air yang terdapat di berbagai wadah tersebut serta air yang ada di daun tumbuhan ataupun permukaan tanah akan mengalami penguapan atau evaporasi dengan bantuan matahari.. Proses penguapan air dari tumbuh-tumbuhan itu dinamakan transpirasi. Kemudian uap-uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi atau pemadatan yang akhirnya menjadi awan. Awan-awan itu akan bergerak ke tempat yang berbeda dengan bantuan hembusan angin baik secara vertikal maupun horizontal. Gerakan angin vertikal ke atas menyebabkan awan bergumpal. Gerakan angin tersebut menyebabkan gumpalan awan semakin membesar dan saling bertindih-tindih. Akhirnya gumpalan awan berhasil mencapai atmosfer yang bersuhu lebih dingin. Di sinilah butiran-butiran air dan es mulai terbentuk. Lama-kelamaan angin tidak dapat lagi menopang beratnya awan dan akhirnya awan yang sudah berisi air ini mengalami presipitasi atau proses jatuhnya hujan air, hujan es dan sebagainya ke bumi. Seperti itulah proses terjadinya hujan.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong