ARSIP BULANAN : March 2013

sistem Operasi

20 March 2013 11:29:59 Dibaca : 4

A. Sistem Operasi

     Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

B. Jenis-jenis Sistem Operasi

     Jenis-jenis sistem opeerasi yaitu:

1. Sistem Operasi BeOS : Sistem Operasi Multimedia.

2. OS/2 Warp : Server Bisnis yang mahal

3. MacOS : Standar bagi graphic designer

4. Sistem UNIX Komersial : Database Profesional

5. LINUX: Sistem Operasi semua

6. Windows: Sistem Operasi Populer

7. FreeBSD dan NetBSD : Unix “Gratis” untuk Favorit ISP

8. JavaOS : Tak tergantung platform.

 Contoh Sitem Operasi Adalah :

1. MS Windows

2. Unix

3. Linux

4. Mac OS

C. Fungsi Sistem Operasi

Berikut ini merupakan fungsi-fungsi sistem operasi :

1. Resource Manager

Fungsi Resource Manager adalah untuk mengalokasikan sumber daya, seperti CPU, printer, drive, memori, dan lain sebagainya.

2. Interface

Fungsi interface adalah sebagai perantara antara user dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat. Dengan demikian, user tidak memiliki kekhawatiran untuk mengoprasikan perangkat level bawah.

3. Guardian

Fungsi guardian adlah untuk menyediakan control akses yang melindungi file dan member pengawasan pada pembaca/penulisan/eksekusi data dan program.

4. Optimizer

Fungsi optimizer adalah untuk menjadwal peng-inpu-an oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi, dan pengeluaran output untuk meningkatkan kegunaan.

5. Accountant

Fungsi Accountant adalah untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, disk storage, waktu connect terminal dan pemanggilan I/O.

6. Server

Fungsi server adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan user, baik secara eksplisit, maupun implicit seperti mekanisme akses file.

7. Coordinator

Fungsi coordinator adalah untuk menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

On The Rocks

09 March 2013 18:26:07 Dibaca : 3

There are things that we don't want to happen but have to accept, things we don't want to know but have to learn, and people we can't live without but have to let go.