ARSIP BULANAN : October 2012

.tugas 3 921411058

11 October 2012 08:13:59 Dibaca : 92


ahasa DDL, DQL, DCL, DML Dalam DBMS

1. DDL (Data Definition Language)

        Yaitu bahasa yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks, bahkan basis datanya sendiri. Misalnya, CREATE, DROP, dan ALTER. 

      DDL Struktur/skema basis data yang menggambarkan/mewakili desain basis data secara keseluruhan didefinisikan dengan bahasa khusus yang disebut DDL. Dengan bahasa inilah kita dapat membuat tabel baru, membuat indeks, mengubah tabel, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya. Hasil dari kompilasi perintah DDL adalah kumpulan tabel yang disimpan dalam file khusus yang disebut Kamus Data

Gambar 1. Contoh create database

 

Gambar 2. Contoh create tabel

 

Gambar 3. Contoh create tabel

 

2. DML (Data Manipulation Language)

     Yaitu bahasa yang berhubungan dengan proses manipulasi data pada tabel, record. Misalnya, INSERT, UPDATE, SELECT, dan DELETE. 

 

    DML Merupakan bentuk bahasa basis data yang berguna untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi data dapat berupa:  a. Penyisipan/Penambahan data baru ke suatu basis data  b. Penghapusan data dari suatu basis data  c. Pengubahan data dari satu basis data

Contoh : Skema Model Relasi Antar Tabel Toko Kaset

Gambar 1. Contoh create query

 

Gambar 2. Contoh insert,delete pada office acces

 3. DCL (Data Control Language)

Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya. Perintah DCL, di antaranya:

-GRAND : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/ijin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE), dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.

-REVOKE : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.