ARSIP BULANAN : September 2012

Tugas 2 921411085

20 September 2012 07:06:34 Dibaca : 97

TIPE-TIPE DATA DBMS PADA MS.ACCESS

 

Text, jenis data yang berisi teks atau angka-angka yang tidak digunakan untuk operasi logika dan matematika. Panjang maksimal tipe data Text adalah 255 Karakter.

Memo, jenis data yang berisi teks atau angka-angka yang tidak digunakan untuk operasi logika dan matematika. Panjang maksimal tipe data Text adalah 65.535 Karakter.

Number,   Jenis data yang berisi khusus angka yang digunakan untuk operasi logika dan matematika.

date/Time,  jenis data yang berisi khusus untuk tanggal dan waktu.

Currency,  jenis data ini khusus untuk angka dalam format mata uang.

Autonumber,  jenis data ini berisi angka khusus yang diformat secara urut saat mengisi record.

Yes/No,  jenis data yang berisi data khusus yang bersifat dikotomik, misalnya : hidup-mati, kawin-tidak kawin, pria-wanita.

OLE Object,  jenis data yang berisi khusus data eksternal object linked embedded (OLE) yang meliputi gambar, suara, dan data dari program aplikasi lain.

Hyperlink,  jenis datayang berisi khusus untuk menghubungkan antardata dengan interface luar.

Lookup wizard,  dapat membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar. Akan muncul wizard yang akan menuntun menyelesaikan tahapan pembuatannya.

 

Tipe-tipe Data Pada MySQL

MySQL adalah pangkalan data RDBMS (Relational Database Management System) yang akan menyimpan data-data sistem yang dibangunkan. Terdapat banyak pangkalan data RDMS lain yang ada dipasaran seperti Oracle, Informix, Sybase, DBase, MS SQL, MS Access dan banyak lagi.Pangkalan data tersebut kesemuanya perlu dibeli dengan kos yang tinggi. Tetapi, MySQL tetap menjadi pilihan kerana ia adalah Sumber Terbuka (Open Source) yang boleh digunakan tanpa perlu membelinya.

1. Tipe Data Bilangan

a. TINYINT : Ukuran 1 byte. Bilangan bulat terkecil, dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -128 sampai dengan 127 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 255. Bilangan tak bertanda ditandai dengan kata UNSIGNED.

b. SMALLINT : Ukuran 2 byte. Bilangan bulat dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -32768 sampai dengan 32767 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 65535.

 

c. MEDIUMINT : Ukuran 3 byte. Bilangan bulat dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -8388608 sampai dengan 8388607 dan untukyang tidak bertanda 0 sampai dengan 16777215.

 

d. INT : Ukuran 4 byte. Bilangan bulat dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -2147483648 sampai dengan 2147483647 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 4294967295

 

e. Integer : Sama dengan INT.

 

f. BIGINT : Ukuran 8 byte. Bilangan bulat dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -9223372036854775808 sampai dengan 9223372036854775807 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 184467440737079551615

 

g. FLOAT : Ukuran 4 byte. Biilangan pecahan. 

 

h. DOUBLE : Ukuran 8 byte. Bilangan pecahan.

 

i. DOUBLE PRECISION : Ukuran 8 byte. Bilangan pecahan berpresisi ganda.

 

j. REAL : Ukuran 8 byte. Sinonim dari DOUBLE.

k. DECIMAL(M,D) : Ukuran M byte. Bilangan pecahan. Misalnya DECIMAL(5,2) dapat digunakan untuk menyimpan bilangan -99,99 sampai dengan 99,99

l. NUMERIC(M,D) : Ukuran M byte. Sama dengan Decimal.

 

2. Tipe data untuk tanggal dan jam.

a. DATETIME : Ukuran 8 byte. Kombinasi tanggal dan jam dengan jangkauan dari ‘1000-01-01 00:00:00’ sampai dengan ‘9999-12-31 23:59:59’

b. DATE : Ukuran 8 byte. Kombinasi tanggal dan jam dengan jangkauan dari ‘1000-01-01’ sampai dengan ‘9999-12-31’

c. TIMESTAMP Ukuran 4 byte. Kombinasi tanggal dan jam dengan jangkauan dari ‘1970-01-01’ sampai dengan ‘2037’

d. TIME : Ukuran 3 byte.waktu dengan jangkauan dari -838:59:59 sampai dengan 838:59:59

 

3. Tipe data untuk karakter dan lain-lain

a. CHAR(M) : Ukuran M byte, 1<=M<=255. Data string dengan panjang yang tetap. CHAR(1) cukup ditulis dengan CHAR.

 

b. VARCHAR(M) : Ukuran L+1 byte dengan L<=M dan 1<=M<=255. Data string dengan panjang bervariasi tergantung datanya.

 

c. TINYBLOB,TINYTEXT : L+1 byte, dengan L

 

d. BLOB, TEXT : L+2 byte, dengan L

 

e. MEDIUMBLOB, MEDIUMTEXT : L+3 byte, dengan L<224. Tipe TEXT atau BLOB dengan panjang maksimum 1677215 karakter.

 

f. LONGBLOB, LONGTEXT : L+4 byte, dengan L<232. Tipe TEXT atau BLOB dengan panjang maksimum 4294967295 karakter. 

 

g. ENUM(’nilai1’,’nilai2’,..) : Ukuran 1 atau 2 byte tergantung nilai enumerasinya maks 65535 nilai 

 

h. SET(’nilai1’,’nilai2’,..) : Ukuran 1,2,3,4 atau 8 byte tergantung jumlah anggota himpunan maks 64 anggota.

 

Tipe-tipe data Oracle

 

A. VARCHAR2(size)
Untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000.

 

BASIS DATA DAN SISTEM MANAJEMEN DATABASE

 

* Basis dapat didefinikasikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan.

* Data dapat didefinisikan sebagai fakta yang direkam atau dicatat.

 

     Basis data merupakan kumpulan data y6ang saling berhubunan satu dengan yang lainnya yang dapat diorganisasikan sesuai struktur tertentu dan di simpan dengan baik. Untuk mendapatkan informasi yang berguna dari kumpulan data maka diperlukan suatu perangkat lunak (software) untuk memanipulasi data sehingga mendapatkan informasi yang berguna.

    Manajemen Database System merupakan software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. Manajemen database system membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar, sehingga dengan menggunakan manajemen database system tidak menimbulkan kekacauan dan dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

 

Perangkat-Perangkat Lunak Database

1. Microsoft Access

     Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

      Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. Para pengguna/programmer yang telah berpengalaman dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang berpengalaman dapat menggunakanya karena Microsoft Accsess merupakan program yang telah disetting sedemikian rupa agar para penggunanya baik dari para programmer yang handal atau tidak. Access juga menawarkan teknik-teknik pemrograman berorientasi objek.

 

2. MySQL

    MySQL adalah perangkat lunak database server atau sebut saja Database Smart. Database ini semakin lama semakin populer. Dengan menggunakan database ini, data semakin aman dan berdaya guna. Database ini juga banyak dipakai pada web database sehingga data semakin terintegrasi antara database dekstop dengan database web. Untuk menggunakan database MySQL harus menginstalasinya dahulu ke komputer.

 

3. Oracle

  Oracle merupakan software database yang dibuat oleh Oracle Corporationdan banyak dipakai di perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Software ini juga banyak diminati oleh para konsultan pembuat aplikasi yang berkaitan dengandatabase, karena sistem keamanannya yang sangat handal.

 

4. Microsoft SQL Server

     Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk microsoft. utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

 

5. Firebird

    Firebird juga disebut FirebirdSQL adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.

 

6. Visual Foxpro

    Visual foxpro adalah bahasa pengaturcaraan prosedure dan objek oriented berpusat pada data (data-centric) yang dikeluarkan oleh Microsoft. Ia terhasil dari FoxPro(pada asalnya dikenali sebagai Fox Base yang dimajukan oleh Fox Software pada awal 1984.Visual FoxPro, biasanya diringkaskan sebagai VFP.

 

7. Postgres SQL

    PostgreSQL adalah sebuah object-relational database management system (ORDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL adalah database yang powerful dan tidak kalah dengan database komersil sekelasnya Oracle, Sybase maupun Informix.

 

8. Dbase

     Dbase adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu. Ketidakmampuan dBASE untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru,sehingga Microsoft Windows pada akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, dan Microsoft Access. kepemilikan dBASE pada akhirnya dijual ke Borland pada tahun 1991 dan pada tahun 1999 Borland menjual hak atas jajaran produk Dbase pada sebuah perusahaan baru dbase.

 

 

 

 

 

 

 

Welcome :D

13 September 2012 08:44:24 Dibaca : 90

this is my blog... Rosa Alamri is my name, just call me Ocha ;)