entity relationship

08 October 2012 09:41:52 Dibaca : 792 Kategori : 921411181 tugas 5

Entity relationship

Sedikit pengetahuan saya dari membaca, yang namanya Entity-Relationship itu merupakan salah satu pemodelan basis data yang menggambarkan hubungan antara data dalam basis data. Entity-Relationship Diagram(ERD) merupakan diagram yang dipergunakan untuk menggambarkan Entity-Relationship tersebut.

Dari pemahaman di atas, ERD adalah diagram yang dipergunakan untuk menggambarkan suatu konsep basis data seperti objek-objek yang memiliki hubungan antar relasi sehingga memudahkan kita untuk membangun suatu sistem basis data nantinya.

 

Dalam ERD terdapat komponen-komponen yang digunakan, yaitu :

      1. Entity

Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya dapat dicatat. Misalnya pada sekolah terdapat entity mahasiswa, matakuliah, dosen, nilai test dan lain-lain. Terdapat dua entiti, yaitu entitas lemah dan kuat. Entitas kuat merupakan entitas yang dapat berdiri sendiri tidak terpengaruh akan adanya entitas lain sedangkan entitas lemah adalah entitas yang keberadaanya bergantung akan adanya entitas lain sehingga menghasilkan entitas lemah tersebut

2. Atribut

Atribut merupakan suatu elemen yang menjabarkan dari karakter suatu entitas. Atribut berisikan sesuatu yang dapat menerangkan elemen satu dengan yang lain atau bisa disebut juga sebutan untuk mewakili suatu entitas.

     3. Relasi atau hubungan

Relasi adalah hubungan antara satu entitas dengan entitas yang lain yang mempunyai keterkaitan.

     4. Kardinalitas :

      menunjukan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain, dapat berupa :

    Ø Satu ke Satu (One to One)

          Mempunyai pengertian "Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua". Contohnya : relasi antara tabel mahasiswa dan tabel orang tua. Satu baris mahasiswa hanya berhubungan dengan satu baris orang tua begitu juga sebaliknya.

    Ø Satu ke Banyak (One to Many)  atau Banyak  ke Satu (Many to One)

            Mempunyai pengertian "Setiap baris data dari tabel pertama dapat dihubungkan ke satu baris atau lebih data pada tabel ke dua". Contohnya : relasi perwalian antara tabel dosen dan tabel mahasiswa. Satu baris dosen atau satu dosen bisa berhubungan dengan satu baris atau lebih mahasiswa.

  

    Ø Banyak ke Banyak (Many to Many)

               Mempunyai pengertian "Satu baris atau lebih data pada tabel pertama bisa dihubugkan ke satu atau lebih baris data pada tabel ke dua". Artinya ada banyak baris di tabel satu dan tabel dua yang saling berhubungan satu sama lain. Contohnya : relasi antar tabel mahasiswa dan tabel mata kuliah. Satu baris mahasiswa bisa berhubungan dengan banyak baris mata kuliah begitu juga sebaliknya.